Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Norma Sosial

2 min read

norma sosial

Norma sosial tidak terlepas dengan nilai sosial yang saling berhubungan satu sama lain. Jev Edukasi Online pada kesempatan kali ini akan memaparkan tentang materi Sosiologi tentang norma sosial.

Didalam kehidupan bermasyarakat, tentunya terdapat sebuah aturan, kaidah atau norma entah berupa kewajiban, anjuran atau larangan. Kaidah atau norma ini menjadi alat untuk mewujudkan nilai sosial yang dianut oleh kelompok masyarakat. Sehingga antara norma dan nilai sosial sangat erat hubungannya satu sama lain.

Norma Sosial

contoh norma sosial

Kaidah atau norma sosial sangat dibutuhkan dan diperlukan suatu kelompok masyarakat untuk mengatur hubungan antar anggota tersebut. Peran norma didalam masyarakat menjadi sebuah panduan, dan tatanan pengendalian perilaku anggota masyarakat. Selain itu juga norma dapat menjadi tolak ukur untuk mendukung atau menolak perilaku seseorang didalam suatu kelompok masyarakat. Tak jarang juga sebuah norma agar membuat warga atau anggotanya mematuhi diiringi dengan sebuah sanksi berupa hukuman atau hadiah. Lantas sebenarnya, apasih pengertian dari norma sosial itu sendiri?

Pengertian Norma Sosial

pengertian norma sosial

Norma sosial adalah sebuah patokan atau acuan manusia dalam berprilaku di kehidupan sehari-hari didalam sebuah kelompok masyarakat.

Berdasarkan pengertian diatas, biasanya norma sosial ini bersifat mengikat warga atau anggota didalam sebuah kelompok masyarakat tersebut. Sehingga suatu norma yang dianut oleh sebuah kelompok masyarakat tertentu belum tentu juga berlaku di kelompok masyarakat lainnya.

Contoh jika suatu norma sosial yang berlaku disuatu kelompok masyarakat tertentu tetapi tidak berlaku dikelompok masyarakat lainnya seperti, sebuah norma yang berlaku di masyarakat Batak belum tentu berlaku di masyarakat Bali, norma yang berlaku di masyarakat Islam belum tentu berlaku juga di masyarakat Kristen, Budha atau Hindu.

Jenis Jenis Norma Sosial Berdasarkan Sifatnya

jenis jenis norma sosial

Norma sosial yang mengatur masyarakat, terdapat dua jenis yang berdasarkan sifatnya yaitu formal da nonformal.   

Norma Formal

Pengertian norma formal adalah suatu norma yang bersumber dari lembaga masyarakat yang formal atau resmi dan biasanya jenis norma ini tertulis. Contoh norma formal ini seperti Konstitusi, Perda, Surat Keputusan (SK) atau aturan lain yang bersumber dari Negara ataupun lembaga resmi lainnya.

Norma Nonformal

Pengertian norma nonformal adalah suatu norma yang biasanya jumlahnya lebih banyak dari norma formal dan biasanya tidak tertulis. Contoh norma nonformal ini seperti adat istiadat, pantangan yang ada di keluarga atau semua aturan yang ada di masyarakat.

Tingkatan Norma

tingkatan norma

Pada awalnya norma terbentuk secara tidak terencana, dan hanya sebagai konsekuensi hidup bersama. Norma ini hanya berupa aturan atau perintah secara lisan dari orang yang dituakan namun lama kelamaan aturan lisan tersebut berkembang menjadi aturan yang tertulis. Aturan tertulis terkadang memang sengaja untuk dibuat agar lebih mudah untuk dipelajari selain itu juga agar tidak mudah untuk diubah-ubah.

Sehingga jika dilihat dari kekuatan mengikatnya terhadap anggota masyarakat, norma dibedakan menjadi tiga tingkatan yaitu cara, kebiasaan dan tata kelakuan. Berikut ini penjelasan, pengertian dan contoh dari tingkatan norma yang berdasarkan kekuatan mengikatnya terhadap anggota masyarakat.

Cara (Usage)

Pengertian cara (usage) adalah tahapan norma yang paling lemah daya pengikatnya, karena orang yang melanggar hanya mendapat sanksi berupa ejekan saja dari masyarakat.

Contoh tingkatan cara ini seperti seseorang yang sedang makan tetapi temannya ada yang kentut didekatnya, maka orang tersebut biasanya akan di cemooh kerena kentut disaat ada orang yang sedang makan.

Kebiasaan (Folkways)

Pengertian kebiasaan (folkways) ini yaitu suatu tahapan dimana aturan dengan kekuatan mengikat yang lebih kuat daripada cara atau usage karena tahapan ini dilakukan secara berulang-ulang.

Kebiasaan ini jika dilakukan oleh mayoritas anggota masyarakat disuatu kelompok tertentu, maka kebiasaan ini bisa disebut sebagai tradisi yang menjadi ciri masyarakat bersangkutan.

Contoh tingkatan kebiasaan ini seperti menghormati dan mematuhi orang yang lebih tua dan yang dituakan, kebiasaan memberi sesutu dengan tangan kanan dan lain sebagainya.

Tata Kelakuan (Mores)

Pengertian tata kelakuan (mores) adalah tahapan dimana aturan yang sudah diterima oleh masyarakat dijadikan sebagai alat pengawas dan kontrol baik secara sadar maupun tidak oleh masyarakat kepada anggota anggotanya.

Tata kelakuan ini dimana masyrakat mengharuskan atau melarang anggota masyarakat untuk melakukan tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku, biasanya pelanggaran ditahapan ini menerima sanksi seperti riarak didepan umum, dirajam dan lain sebagainya.

Contoh tahapan terhadap norma ini seperti larangan berzinah, larangan membuang air kecil sembarangan dan lain sebagainya.

Macam Macam Norma Sosial

macam macam norma sosial

Norma yang berlaku di masyarakat dapat digolongkan menjadi 5 macam yaitu norma agama, kesusilaan, kebiasaan dan hukum.

Penutup

Itulah tadi materi sosiologi tentang norma sosial yang diajarkan di bangku kelas X SMA Sederajat. Materi diatas sudah lengkap membasa dari pengertian, jenis, tingkatan, macam macam dan dilengkapi dengan contoh.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Masalah Pokok Ekonomi

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Penyebab Kelangkaan

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read