Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Nilai Sosial

2 min read

nilai sosial

Nilai sosial merupakan salah satu materi pelajaran sosiologi yang diajarkan di kelas X SMA sederajat. Jev Edukasi Online akan membahas mengenai materi tersebut lengkap dari pengertian, contoh, fungsi, ciri ciri, hingga macam atau jenis nilai sosial lengkap.

Nilai Sosial

nilai sosial adalah

Mungkin Anda sangat sering mendengar kata nilai atau norma sosial yang ada dan berkembang di masyarakat. Ketika kita berbuat kebaikan sebenarnya kita sudah menerapkan sebuah nilai sosial masyakat, nah sebenarnya apasih pengertian nilai sosial itu?

Pengertian Nilai Sosial

pengertian nilai sosial

Nilai sosial adalah sebuah nilai yang dianut oleh masyarakat tentang penentuan baik dan buruk atau benar dan salah yang melalui proses menimbang.

Proses menimbang ini terkadang disetiap lingkungan berbeda-beda nilai sosialnya dikarenakan banyak faktor, seperti perbedaan agama yang dianut, kebudayaan dan lain sebagainya. Sehingga sangat wajar jika terdapat suatu perbedaan nilai sosial yang dianut oleh masyarakat satu dengan lainnya.

Pengertian Nilai Menurut KBBI

Didalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, nilai diartikan sebagai kadar, mutu atau sifat yang berguna bagi manusia.

Sedangkan nilai budaya dan sosial diartikan sebagai suatu konsep abstrak tentang masalah mendasar yang sangat penting didalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Nilai Menurut Sosiologi

Sedangkan menurut sosiologi, apasih pengertian dari nilai itu? Pengertian nilai menurut sosiologi adalah suatu konsepsi pemikiran yang abstrak yang ada didalam diri manusia tentang apa yang dianggap baik dan buruk.

Pengertian Nilai Sosial Menurut Pendapat Para Ahli

Kalau menurut pendapat para ahli pengertian nilai sosial itu apa, berikut ini ada beberapa pendapat para ahli yang perlu Anda ketahui tentang pengertian dari nilai sosial.

  1. Menurut Soerjono Seokamto, pengertian nilai adalah konsep abstrak dalam diri manusia tentang apa yang dianggap baik dan buruk, sehingga nilai sosial yaitu nilai yang dianut oleh suatu kelompok masyarakat.
  2. Menurut Kimball Young, nilai sosial sebagai unsur-unsur yang abstrak dan sering tidak disadari akan benar dan pentingnya.
  3. Menurut A.W. Green, nilai sosial sebagai kesadaran yang berlangsung secara relatif yang disertai dengan emosi terhadap objek dan ide perorangan.
  4. Menurut Wood, nilai sosial sebagai petunjuk umum yang telah berlangsung lama, yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan seseorang dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Menurut B. Simanjutak, nilai sosial yang merumuskan nilai sebagai ide masyarakat tentang sesuatu yang baik.

Fungsi Nilai Sosial

fungsi nilai sosial

Nilai berfungsi sebagai landasan dan dasar seseorang untuk bertingkah laku dan melakukan perbuatan. Selain itu juga nilai dapat mencerminkan perilaku dan tindakan seseorang atau suatu kelompok masyarakat. Jadi nilai sosial mengandung standar yang normatif dalam berprilaku baik individu maupun kelompok.

Sedangkan fungsi nilai sosial menurut Drs. Suprapto sebagai berikut ini:

  1. Dapat mengarahkan masyrakat dalam berfikir fan bertingkah laku
  2. Penentu terakhir manusia dalam memenuhi peranan sosial, karena nilai sosial dapat memotivasi seseorang dalam mewujudkan harapannya sesuai dengan peranannya sebagai individu dan anggota masyarakat.
  3. Sebagai alat solidaritas di kalangan anggota masyarakat, karena dengan nilai tertentu anggota kelompok akan merasa satu kesatuan.

Ciri Ciri Nilai Sosial

ciri ciri nilai sosial

Dari pemaparan diatas dapat kita simpulkan ciri ciri nilai sosial sebagai berikut ini.

  1. Terbentuk melalui proses belajar dan sosialisasi
  2. Merupakan suatu kontruksi sebagai hasil hubungan antar invidu didalam masyarakat
  3. Dapat mempengaruhi perkembangan individu dan memiliki pengaruh yang berbeda-beda antar individu.
  4. Bagian dari usaha memenuhi kebutuhan dan kepuasan sosial manusia
  5. Penyebarannya antar warga masyarakat bukan bawaan sejak lahir

Contoh Nilai Sosial

contoh nilai sosial

Setelah Anda memahami materi diatas, kini akan kami sajikan contoh nilai sosial yang berdasarkan ruang linkupnya seperti di dalam lingkungan keluarga, masyarakat, hingga sekolah.

Contoh Nilai Sosial Di Lingkungan Keluarga

Berikut ini contoh nilai sosial yang tertanam di sebuah lingkungan keluarga seperti:

  1. Kebiasaan sebelum berangkat kesekolah berpamitan terlebih dahulu dengan orang tua
  2. Kegiatan setelah maghrib, orang tua dan anak melakukan ngaji bersama
  3. Kebiasaan makan dan berkumpul bersama

Contoh Nilai Sosial Di Lingkungan Masyarakat

Dibawah ini ada kumpulan contoh nilai sosial yang tertanam di lingkungan masyarakat dan perlu diketahui tiap kelompok masyarakat satu dengan yang lain terkadang berbeda-beda.

  1. Kegiatan jaga atau ronda malam yang digilir tiap KK
  2. Kebiasaan jika lewat ada orang, maka wajib untuk bertegur sapa
  3. Ada sebuah makna tersirat jika perempuan tidak boleh pulang larut malam

Contoh Nilai Sosial Di Lingkungan Sekolah

Nilai sosial bisa terjadi dilingkungan apapun salah satunya di lingkungan sekolah, berikut kumpulan contoh nilai sosial yang ada di lingkungan sekolah lengkap.

  1. Datang ke sekolah tidak boleh telat
  2. Membuang sampah di tempat sampah yang sudah disediakan
  3. Menaati jadwal piket kelas

Penutup

Sahabat Jev Edukasi Online sekarang sudah faham dan mengertikan tentang materi yang kami sajikan diatas Bab nilai sosial. Materi diatas lengkap membahas mengenai nilai sosial dari pengertian, pendapat para ahli, fungsi, ciri ciri hingga kumpulan contohnya.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Penyebab Kelangkaan

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read