Menu
Media Informasi Keuangan

Museum Al-Quran Madinah Menyimpan Kisah Cinta Dan Sejarah Islam

  • Bagikan

Kabarin.co.id, Jakarta – Madinah merupakan kota yang menjadi impian bagi seluruh umat muslim di dunia. Pasalnya, disana pula terdapat Museum Al-Qur’an yang teramat sayang untuk dilewatkan.

Jika tengah berkunjung ke Madinah dalam rangka umrah atau berhaji, tempat tersebut merupakan salah satu daftar wisata yang terbilang wajib untuk dikunjungi. Umumnya, orang yang sedang umrah, akan berkunjung pada destinasi tersebut. Sebab jaraknya memang tidak jauh dengan kompleks Masjid Nabawi.

Museum Al-Qur’an berlokasi dengan jarak sekitar 10 menit berjalan kaki dari pintu 5 Masjid Nabawi. Museum bernama The Holy Quran Exhibition, dan dibuka mulai dari jam 09.00 hingga 14.00, serta 16.00 hingga 21.00 waktu setempat.

Untuk bisa masuk, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Akan tetapi, pengunjung harus antri sesuai dengan rombongan.

Terkait dengan bahasa, pengunjung tidak perlu khawatir karena pemandunya juga orang Indonesia. Sehingga rombongan tour bisa dengan mudah mendengarkan penjelasan terkait museum Al-Quran tersebut. Museum terbagi dalam 4 ruang.

Ruang pertama, Pemandu menjelaskan bahwa ini merupakan keutamaan kitab suci Al-Quran, yang akan dijaga oleh Allah SWT hingga hari kiamat.

Ruang kedua, pengunjung akan meliha Al-Quran yang ditulis pada berbagai media. Seperti halnya pada kain yang ditulis oleh orang yang tidak jago bahasa arab tapi seorang penghafal Al-Quran.

Pada ruang ketiga, terlihat digitalisasi Al-Quran, pengunjung bisa mengamati sejarah Al-Quran yang masih terjaga keasliannya, sejak zaman nabi Muhammad SWA hingga sekarang. Cerita ditampilkan pada layar besar yang bisa ditonton oleh para pengunjung.

Diruang ke-4, merupakan ruangan terakhir yang bisa melihat sejarah Al-Quran dari masa ke masa. Mulai dari bentuk fisik Al-Quran dari masa pemerintahan Sahabat nabi hingga pada jaman sekarang yang peradabannya semakin maju.

Menuju pintu terakhir, pengunjung bisa membeli Al-Quran untuk diwakafkan ke masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Harga cukup murah yakni 120 riyal untuk 4 buah Al-Quran.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *