Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Momentum dan Impuls

1 min read

momentum dan impuls

Pada kesempatan kali ini Jev Edukasi Online akan mengupas tuntang materi tentang momentum dan inpuls pada suatu benda. Mungkin Anda pernah melihat benda yang sedang bergerak terus Anda berhentikan. Setelah itu Anda bertanya seberapa besar inersianya benda tersebut untuk diberhentikan.

Momentum dan Impuls

Nah, yuk simak penjelasan berikut ini yang membahas mengenai pengertian, rumus dan diakhir ada contoh latihan soal momentum dan impuls.

Pengertian Momentum dan Impuls

Sebelum membahas tentang pengertian momentum, perlu diketahui juga tentang sifat inersial suatu benda. Suatu objek akan cenderung mempertahankan keadaanya baik diam maupun sedang bergerak. Objek yang diam maka akan cenderung tetap diam, sedangkan ketika objek tersebut bergerak maka objek tersebut akan tetap bergerak dengan kecepatan yang tetap.

Ketika sifat inersia pada benda tersebut bergerak itulah yang disebut dengan momentum. Dapat kita simpulkan bahwa pengertian dari momentum adalah besaran vektor yang memiliki kecepatan dan arah yang sama terhadap suatu benda.

Momentum juga bergantung pada massa dan kecepatan, dan bisa kita samakan dengan momentum sama dengan massa dikalikan dengan kecepatan. Dari persamaan momentum tersebut mengakibatkan semakin besar kecepatan suatu benda akan lebih susah atau sukar untuk diberhentikan.

Selanjutnya mengenai impuls, impuls masih berkaitan dengan momentum dan benda yang bergerak. Suatu benda yang bergerak agar bisa berhenti diperlukan gaya yang bekerja pada benda tersebut yang membutuhkan selang waktu tertentu. Nah, gaya yang bekerja pada objek tersebut dengan selang waktu tertentu disebut dengan impuls.

Jadi pengertian impuls adalah gaya yang bekerja dengan selang waktu tertentu. Dengan persamaan matematis bisa dituliskan dengan impuls sama dengan gaya dikalikan dengan selang waktu.

Hubungan Momentum Dan Impuls

Perhatikan hambar diatas, pada gambar tersebut diketahui truk yang sedang bergerak dengan kecepatan yang konstan. Ternyata pada titik suatu titik I sang pengendara memberikan suatu gerakan agar truk tersebut dapat berhenti. Sehingga pada selang waktu tertentu truk bisa berhenti pada titik p’. Dari ilustrasi tersebut dapat kita simpulkan bahwa hubungan keduanya adalah impuls menyebabkan perubahan momentum.

Rumus Momentum dan Impuls

Setelah Anda memahami tentang pengertian dan hubungan antara momentum dan impuls. Berikut ini ada rumus yang perlu Anda pahami juga agar bisa menjawab latihan soal.

Rumus Momentum

Berikut ini rumus momentum yang bisa Anda gunakan lengkap dengan keterangannya.

Rumus Impuls

Dibawah ini terdapat rumus impuls yang bisa Anda terapkan pada contoh latihan soal Anda.

Contoh Latihan Soal

Setelah Anda memahami materi diatas dengan seksama, sekarang saatnya untuk menguji pemahaman Anda. Berikut ini terdapat kumpulan latihan soal mengenai momentum dan impuls pilihan ganda yang bisa Anda coba.

  1. Diketahui sebuah truk sedang melaju dengan kecepatan 36 km/jam yang bermassa 2 Ton. Ditengah perjalan truk tersebut terjadi musibah dengan menabrak pohon dan terhenti dalam waktu 0,1 detik. Berapakah besarnya gaya rata-rata pada truk tersebut selama berlangsungnya tabrakan ?
    A200.000 Newton
    B175.000 Newton
    C150.000 Newton
    D125.000 Newton
    E100.000 Newton

Penutup 

Itulah tadi materi fisika untuk SMA mengenai momentum dan impuls dari pengertian, hubungan, rumus hingga contoh latihan soal. Kumpulan latihan soal diatas juga bisa sebagai alat untuk mengukur kemampuan dan pemahaman Anda mengenai materi ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sahabat Jev Edukasi Online yang sedang setia membaca materi kami.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Listrik Statis

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Stoikiometri

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Cermin Datar

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read