oleh

Materi Tabungan

Seperti yang pernah kita bahas di materi sebelumnya tentang kegiatan konsumsi, bahwasannya didalam proses seseorang bekerja akan mendapatkan penghasilan, nah pengeluarannya ada yang untuk konsumsi, tabungan dan investasi. Nah Jev Edukasi Online kali ini akan membahas mengenai materi tabungan dari pengertian hingga faktor yang mempengaruhi.

Tabungan

Tabungan

Didalam pengeluaran seseorang, selain untuk konsumsi dan investasi juga digunakan untuk tabungan entah jangka panjang maupun pendek.

Berikut ini pengertian, cara menghitung dan faktor apa saja yang menentukan tingkat tabungan seseorang.

Pengertian Tabungan

Tabungan adalah bagian pendapatan yang tidak dikonsumsi, contohnya seseorang yang sedang bekerja di suatu perusahaan. Penghasilan yang didapatkannya sebesar 2 juta dan pengeluaran yang digunakan untuk konsumsi sebesar 1 juta atau 50% dari penghasilan. Sehingga tabungan yang bisa dilakukan oleh seseorang tersebut sebesar 50% dari total pendapatan yang diperoleh dalam 1 bulan.

Jadi cara menghitung tabungan seseorang yaitu dengan mengurangi pendapatan dengan konsumsi, kalau mencari pendapatan dengan menambahkan tabungan dengan konsumsi dan jika kalau ingin mencari nilai konsumsi dengan mengurangi pendapatan dengan tabungan.

Faktor Yang Menentukan Tabungan

Terdapat beberapa faktor yang sangat berpengaruh dan menentukan tingkat tabungan, berikut faktornya dan penjelasannya.

  1. Tingkat Pendapatan

Faktor yang pertama yang sangat berpengaruh terhadap nilai konsumsi, tabungan dan investasi adalah besar kecilnya tingkat pendapatan seseorang. Tingkat pendapatan seseorang terlebih yang digunakan untuk konsumsi dapat menentukan besar kecilnya nilai tabungan.

  1. Tabungan Dan Kekayaan Yang Sudah Ada

Faktor yang kedua yang mempengaruhi tabungan yaitu sudah adanya tabungan dan kekayaan, contohnya seperti warisan entah berupa harta ataupun deposito. Sehingga orang yang sudah memiliki tabungan dan investasi berupa warisan ini, tabungan dan konsumsi bukan menjadi masalah besar. Begitu juga sebaliknya jika seseorang yang belum memiliki tabungan dan kekayaan entah berupa harta ataupun deposit maka mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan tabungan.

  1. Tingkat Bunga Bank

Ketika suku bunga bank tingga, akan berdampak pada hasrat masyarakat untuk menabung karena akan dianggap menguntungkan, sebaliknya jika suku bunga rendah maka hasrat untuk menabung rendah.

  1. Kondisi Perekonomian Makro

Faktor keempat yang mempengaruhi tingkat tabungan yaitu kondisi perekonomian makro, kenapa demikian? Karena dengan kondisi perekonomian makro yang baik dapat dilihat dari meningkatnya investasi, semakin luasnya kesempatan kerja dan rendahnya angka pengangguran sehingga hal tersebut dapat berdampak pada meningkatnya kegiatan konsumsi dan tabungan.

  1. Distribusi Pendapatan

Jika terjadi suatu kondisi pendapatan nasional yang sebagian besar jatuh pada sekelompok kecil pengusaha saja dan pembagian pendapatannya tidak merata, maka masyarakat akan kesulitan untuk memenuhi konsumsi dan tabungannya.

Penutup

Itulah tadi materi mengenai kegiatan tabungan yang merupakan salah satu penguran yang dialokasikan oleh seseorang. Materi diatas sudah lengkap juga dari pengertian hingga faktor apa saja yang mempengaruhi dan menentukan tingkat tabungan lengkap.