Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Materi Investasi

2 min read

materi investasi

Investasi merupakan salah satu kegiatan penanaman modal yang bertujuan untuk memperluas dan meningkatkan produksi barang ataupun jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu juga seperti yang kita bahas di Bab sebelumnya salah satu pengeluaran seseorang untuk konsumsi dan tabungan yaitu untuk investasi.

Jev Edukasi Online kali ini akan membahas tuntas materi kelas X SMA Semester 1 mengenai Bab Investasi. Berikut ini pengertian, contoh, jenis, faktor yang mempengaruhi dan kegiatan investasi di pasar modal.

Investasi

investasi

Contoh investasi seperti seseorang yang memproduksi sepatu kemudian dikemudian hari permintaan pesanan sepatu semakin banyak dan bermacam macam sehingga orang tersebut harus membeli tanah yang lebih luas lagi sebagai tempat produksi tambahan. Akhirnya orang tersebut membeli tanah untuk tempat produksi sepatu agar bisa melayani berbagai permintaan yang banyak tersebut.

Seperti contoh diatas, orang tersebut yang membeli tanah untuk meningkatkan produksi barang sepatunya. Meningkatkan produksi barang sepatu orang tersebut dikarenakan permintaan pasar yang semakin banyak.

Jenis Investasi

jenis investasi

Dalam kegiatan berinvestasi terdapat dua jenis investasi yang perlu Anda ketahui, yaitu investasi bruto dan neto. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai kedua jenis investasi tersebut.

Investasi Bruto

Pengertian investasi bruto adalah salah satu jenis investasi yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan produksi benda dan jasa, termasuk juga pembelian benda-benda modal yang mengalami penyusutan. Contoh investasi bruto ini seperti:

  1. Pembelian barang modal seperti tanah, mesin, kendaraan, perumahan, membangun kantor dan lain lain yang gunanya untuk meningkatkan produksi
  2. Pembelian bahan dan persediaan barang yang belum terjual

Investasi Neto

Definisi investasi neto ini yaitu investasi bruto yang dikurangi oleh penyusutan selama 1 tahun. Jenis investasi neto jika dipandang berdasarkan investasi ini dipengaruhi oleh pendapatan nasional atau tidak, terbagi menjadi dua yaitu autonomous investment dan induced investment.

Autonomous Investment (investasi otonom) yaitu investasi mandiri yang tidak dipengaruhi oleh pendapatan nasional dan biasanya ini dilakukan oleh pengusaha.

Induced Investment (investasi dipengaruhi) adalah penanaman modal yang dipengaruhi oleh pendapatan nasional, semakin tinggi pendapatan nasional maka makin besar pula jumlah investasinya.

Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Investasi

Faktor Yang Mempengaruhi Investasi

Dalam kegiatan berinvestasi, terdapat beberapafaktor yang dapat mempengaruhi tingkat investasi itu sendiri, berikut faktor dan penjelasannya.

  1. Pendapatan Nasional

Faktor pertama yang mempengaruhi tingkat investasi yaitu pendapatan nasioonal, dimana kondisi negara yang berpendapatan tinggi otomatis investasinya juga tinggi. Nah kenapa demikian? Karena banyak pilihan investasi yang bisa dipilih seperti perumahan, perbangkan, saham, dan lain lain.

  1. Tingkat Keuntungan

Faktor yang dapat mempengaruhi selanjutnya yaitu tingkat keuntungan, tentu dengan keuntungan yang tinggi diharapkan dapat mempengaruhi besar kecilnya investasi. Dengan iming-iming laba atau keuntungan yang tinggi, tentunya diharapkan bisa mendorong investor untuk melakukan kegiatan investasi.

  1. Suku Bunga Pinjaman Bank

Faktor selanjutnya yaitu mengenai suku bunga pinjaman bank, karena hal itu memang sangat mempengaruhi tingkat investasi. Analoginya gini, semisal melakukan pinjaman dengan suku bunga bank lebih tinggi dari pada laba yang dihasilkan, otomatis investor akan mengalami kerugian jika modalnya berasalkan dari pinjaman bank.

  1. Perkiraan Situasi Perekonomian

Sudah pasti perkiraan situasi ekonomi ini menjadi faktor yang sangat penting juga bagi seorang investor untuk menanamkan modalnya. Saya ambil contoh didalam pembangunan jalan tol, pembangunan tersebut akan memakan waktu yang sangat lama, selain itu juga jika situasi diperkirakan banyak orang yang lewat baik domestik maupun manca negara, otomatis diperkirakan akan melonjak dan menguntungkan.

  1. Stabilitas Keamanan

Faktor terkahir yang menentukan tingkat investasi yaitu mengenai kestabilitas keamanan, ketertiban dan ketenangan karena hal itu sangat diperlukan dalam pelaksanaan penanaman modal. Karena didalam kondisi yang tidak aman, tidak tertib akan sulit untuk meningkatkan kegiatan penanaman modal, karena kondisi yang tidak mendukung.

Penutup

Itulah tadi materi mengenai investasi yang ada di kelas X SMA Semestar 1 dimana penjelasan diatas membahas dari pengertian, contoh, dan jenisnya yang terbagi dua yaitu bruto dan neto. Selain itujuga terdapat 5 faktor yang mempengaruhi tingkat investasi yang sangat penting untuk Anda ketahui dan fahami.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Pasar Monopolistik

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Permintaan Dan Penawaran

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Teori Perilaku Produsen

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read