Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Masalah Sosial

2 min read

masalah sosial

Masalah Sosial – Kali ini Jev Edukasi Online akan membahas tuntas tentang materi lanjutan dari Bab Kegunaan Sosiologi. Pada dasarnya akibat dari interaksi antar individu ataupun kelompok dapat mengakibatkan perpaduan atau masalah sosial. Dalam kondisi yang normal, interaksi sosial dapat mengakibatkan keterpaduan atau suatu kondisi yang sesuai ataudiinginkan oleh masyarakat. Namun interaksi sosial juga dapat berpotensi membuat suatu goncangan atau permasalahan didalam masyarakat tersebut. Nah kali ini kami akan menjelaskan materi lengkap mengenai masalah sosial.

Daftar MATERI  “Sosiologi Sebagai Ilmu Kemasyarakatan”

Masalah Sosial

Mengenai materi masalah sosial ini, akan kami berikan penjelasan dari pengertian, faktor pembeda, hingga ukuran atau kriteria masalah sosial. Berikut ini penjelasannya !

Pengertian Masalah Sosial

Masalah sosial menurut Soerjono Soekamto adalah suatu ketidaksesuaian antar unsur kebudayaan atau masyarakat, yang dapat membahayakan atau mengancam kehidupan sosial.

Jika antar unsur tersebut bertentangan atau bentrokan bisa berakibat terganggunya hubungan sosial, sehingga bisa timbuk ketidakakuran dalam kehidupan masyarakat atau kelompok tersebut.

Menurut Sorjono Soekamto juga, masalah sosial dibedakan menjadi empat faktor, yaitu faktor ekonomis, biologis, psikologis dan kebudayaan. Contoh faktor ekonomis ini seperti pengangguran dan kemiskinan, sedangkan faktor biologis seperti penyakit menular dan wabah. Faktor psikologis, contohnya seperti kegilaan dan bunuh diri, sedangkan faktor kebudayaan seperti kenakalan remaja dan perceraian.

Ukuran atau Kriteria Masalah Sosial

Para ahlis sosiologi membagi dan menyusun masalah sosial ini menjadi 5 ukuran atau kriteria. Berikut ini contoh dan penjelasannya masing-masing masalah sosial tersebut.

Kriteria Umum

Jika terdapat perbedaan yang mencolok antar nilai didalam masyarakat dengan kondisi yang nyata kehidupan bisa membuat suatu masalah sosial. Maksudnya ketika terdapat anggapan atau persepsi masyarakat mengenai suatu hal yang seharusnya terjadi namun masyarakat tersebut memiliki tingkat perbedaan dalam meilihat sesuatu tergantung dengan keyakinan tiap individu. Contoh yang terjadi dimasyarakat seperti, di daerah perkotaan, perempuan pulang jam 9 malam mungkin sudah biasa, namun dipedesaan perempuan pulang malam itu menjadi hal yang aneh.

Sumber Masalah Sosial

Selain dari proses interaksi sosial, masalah sosial juga bisa terjadi akibat dari suatu peristiwa bencana alam seperti, banjir, tanah longsor, tsunami dll. Contoh tsunami, tsunami merupakan salah satu peristiwa bencana alam, namun dampak atau akibat dari peristiwa tersebut bisa manjadi masalah sosial seperti kehilangan tempat tinggal, kehilangan pekerjaan dll.

Pihak Yang Menetapkan Masalah Sosial

Didalam suatu kelompok masyarakat tentunya terdapat beberapa individu atau kelompok kecil yang memiliki kekuasaan atau wewenang yang lebih besar dari lainnya. Kelompok kecil tersebut bisa menentukan apakah suatu permasalahan dinyatakan sebagai masalah sosial atau bukan. Contoh kelompok kecil ini seperti pejabat pemerintahan, organisasi sosial, tokokh masyarakat dll.

Masalah Sosial Nyata dan Laten

Ukuran atau kriteria selanjutnya yaitu masalah sosial dan laten, masalah sosial nyata ini maksudnya suatu masalah sosial yang timbul akibat kepincangan yang timbul karena ketidak sesuaian norma yang berlaku dalam masyakakat. Sedangkan masalah sosial laten ialah masalah sosial yang ada didalam masyarakat namun tidak diakui sebagai masalah sosial dikarenakan ketidak berdayaan untuk menyelesaikannya, contoh seperti korupsi.

Perhatian Masyarakat Dan Masalah Sosial

Suatu kejadian atau peristiwa berubah menjadi masalah sosial ketika hal itu menarik perhatian masyarakat, masyarakat secara terus menerus mempermasalahkan masalah tersebut. Tidak semua masalah sosial menjadi perhatian masyarakat begitu sebaliknya yang menjadi perhatian masyarakat belum tentu masalah sosial.

Penutup

Itulah tadi penjelasan mengenai materi masalah sosial yang sudah dilengkapi dari pengertian, faktor hingga ukuran atau kriteria. Semoga artikel materi mengenai masalah sosial ini bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda. Agar kemampuan dan pengetahuan Anda semakin teruji, kami sarankan untuk perbanyak latihan contoh soal tentang bab ini.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Masalah Pokok Ekonomi

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Penyebab Kelangkaan

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read