Menu
Media Informasi Keuangan

Manfaat Gula Asam Untuk Kesehatan Tubuh

  • Bagikan

Kabarin.co.idManfaat Gula Asam Untuk Kesehatan Tubuh mungkin sudah tidak begitu asing bagi kalangan masyarakat. Khususnya untuk mereka yang hidup di pedesaan.

Seperti yang kita ketahui, asam jawa merupakan salah satu bumbu dapur atau rempah yang sering dipakai untuk masakan tertentu.

Rempah yang satu ini mempunyai rasa yang unik, yakni khas dengan rasa asam sedikit manis. Tidak sedikit pula ibu rumah tangga yang menggunakan asam jawa ini untuk menambah rasa asam manis pada masakan.

Menurut yang dikutip dari NDTV, asam jawa mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan. Sehingga dengan meminum air rebusan asam jawa, mampu menambah kandungan fitonutrien serta menjaga kesehatan tubuh.

Sedangkan menurut ahli nutrisi yang mempunyai basis di Delhi, Lokendra Tomar, asam jawa sudah lama digunakan dalam dunia pengobatan.

Bumbu asam manis ini merupakan antioksidan yang sangat kuat sehingga mempu menghambat pertumbuhan radikal bebas.

Sehingga tidak ada salahnya jika mencoba sendiri dan mulai membiasakan diri untuk minum air asam jawa setiap pagi.

Manfaat Gula Asam Untuk Kesehatan Tubuh

Tidak sedikit orang yang bertanya mengenai khasiat asam jawa untuk kesehatan. Oleh karena itu, mungkin daftar berikut bisa menjawab semua pertanyaan tersebut.

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Asam jawa secara turun temurun digunakan sebagai obat pencahar alami yang mampu merangsang metabolisme dan menjadikan sistem pencernaan lebih kuat.

Kandungan serat yang terdapat pada asam jawa mampu memperlancar proses pemindahan feses dengan mudah melalui saluran usus.

Terlepas dari itu, asam jawa juga merangsang aktivitas empedu yang melarutkan makanan dengan mempercepat kinerja pencernaan.

2. Menurunkan Berat Badan

Asam jawa mempunyai kandungan senyawa paling penting yang dikenal dengan sebutan asam hidroksisitrat (HCA) dan terhubung langsung dengan penurunan berat badan.

Hal tersebut lantaran kandungan tersebut mampu menghambat enzim dalam tubuh. Akan tetapi, harus tetap menjaga pola makan selama mengkonsumsi asam jawa.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan kalium dalam asam jawa, berfungsi untuk mengontrol tekanan darah serta detak jantung dengan menjaga keseimbangan cairan normal dalam tubuh.

Asam jawa juga mempunyai kandungan zat besi yang berperan untuk produksi normal serta pengembangan sel darah merah. Sehingga secara tidak langsung terhubung dengan sirkulasi darah.

4. Mempunyai Sifat Anti-Inflamasi

Sifat anti-inflamasi diketahui mempunyai kemampuan untuk mengurangi adanya radang pada tubuh. Seperti halnya radang sendi, rematik, serta asam urat.

Dalam dunia pengobatan herbal, asam jawa digunakan untuk menyembuhkan peradangan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Asam jawa sangat kaya dengan kandungan vitamin A yang mempunyai fungsi penting untuk menjaga kesehatan mata. Secara tidak langsung, juga bisa menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak akibat bertambahnya usia.

Selain itu, asam jawa juga mempunyai kandungan senyawa yang memberikan perlindungan pada mata dari mata kering. Dengan mengkonsumsi rebusan asam jawa, bisa pula mencegah radang mata.

6. Meningkatan Daya Tahan Tubuh

Asam jawa merupakan sumber vitamin dan antioksidan yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terlepas dari itu, bisa pula menghambat pertumbuhan infeksi mikroba dan jamur.

Asam jawa mempunyai sifat antiseptik yang manfaatnya cukup baik dalam menyembuhkan segala infeksi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *