Macam Macam Majas

1 min read

Macam Macam Majas

Dalam tatanan berbahasa Indonesia terdapat banyak macam kalimat, di antara jenis kalimat itu majas yang sering dipakai. Tak hanya gaya bahasa yang digunakan, majas pun memiliki ciri khasnya sendiri. Sebetulnya, materi perihal pembahasan macam-macam majas ini telah Anda pelajari ketika mengecap bangku Sekolah Menegah Atas. Untuk mengingatkan Anda kembali, simak ulasan majas di bawah ini.

Majas

Adapun arti serta berbagai macam majas akan dibahas lebih mendalam pada artikel ini. Berikut ini penjelasan lengkap tentang arti, macam dan contoh majasnya.

Pengertian Majas

Arti majas pada umumnya majas ialah sebuah gaya bahasa yang imajinatif dalam rupa atau bentuk kiasan dipakai untuk memberikan pesan dalam kalimat. Biasanya sifat majas bermakna konotasi, di mana kalimat atau penyampaiannya tidak pada makna yang sebenarnya. Adapun tujuan penggunaan majas ini agar efek emosional pada gaya bahasa tersebut pembaca dapat merasakannya.

Macam Macam Majas

Majas memiliki banyak gaya bahasa, secara garis besar majas terbagi menjadi 4 macam di antaranya.

Majas Perbandingan

Pemakaian gaya bahasa dalam majas ini diungkapkan dengan cara membandingkan objek satu dengan yang lain, melalui metode penggantian, penyamaan, maupun pelebihan pada kalimat. Dalam majas perbandingan memiliki beberapa subjenis, yakni.

  1. Metafora
  2. Personifikasi
  3. Asosiasi

Majas Pertentangan

Suatu gaya bahasa yang menggunakan kata-kata kiasan di mana maksudnya bertentangan dengan kata tersebut. Majas jenis ini dapat dibagi pada beberapa subjenis, antara lain:

  1. Litotes
  2. Paradoks
  3. Antitesis

Majas Sindiran

Kata-kata kiasan pada majas ini bertujuan untuk menyindir suatu hal. Adapun subjenis pada majas sindiran terbagi tiga, yaitu:

  1. Ironi
  2. Sinisme
  3. Sarkasme

Majas Penegasan

Jenis gaya bahasa majas penegasan dibuat untuk tujuan menaikkan pengaruh para pembaca maupun pendengar atas sebuah kejadian ataupun ujaran supaya setuju dengan apa yang disampaikan. Majas ini terbagi pada beberapa subjenis, sebagai berikut:

  1. Pleonasme
  2. Repetisi
  3. Retorika

Penutup

Dari uraian singkat dari macam-macam majas serta arti dari majas itu sendiri, mungkin Anda telah mengingat kembali pembahasan tersebut. Dalam keseharian pun terkadang kata-kata kiasan ini gunakan dengan tujuan tertentu. Semoga informasi mengenai pengertian dan macam macam majas ini bisa bermanfaat untuk Anda para pembaca setia kami.

Avatar

Teks Negosiasi

Avatar admin
1 min read

Teks Eksposisi

Avatar admin
1 min read

Contoh Teks Prosedur

Avatar admin
1 min read