Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Limit Tak Hingga

1 min read

Limit Tak Hingga

Pada materi pelajaran matematika, fungsi limit memainkan peranan yang snagat penting. Limit sendiri pada dasarnya berfungsi untuk menyatakan suatu nilai yang mendekati batas tertentu. Salah satu penggunaan limit pada perhitungan adalah limit tak hingga yang menjelaskan suatu nilai sangat besar hingga nilai tersebut tidak bisa dipastikan.

Limit

Definisi Limit

Sebelum membahas mengenai limit tak hingga, harus dipahami terlebih dahulu makna limit f(x). Apabila limit f(x) mendekat nilai y sama dengan M, maka dituliskan lim xèy f(x) = M. Dengan begitu, pada setiap nilai x yang hampir mendekati nilai y namun tidak sama dengan y, artinya nilai f(x) tersebut mendekati M.

Untuk dapat mencari nilai suatu limit dapat didekati dengan beberapa metode yakni metode pemfaktoran, metode substitusi, dan juga metode perkalian faktor sekawan. Metode substitusi diterapkan dengan cara mensubstitusikan langsung suatu nilai ke fungsi f(x). Metode pemfaktoran digunakan untuk memfaktorkan suatu fungsi yang tidak dapat diselesaikan dengan metode substitusi.

Cara Menyelesaikan Persoalan Limit Tak Hingga 

Limit tak hingga dapat diselesaikan dengan menggunakan dua metode umum berupa penerapan bentuk tak tentu ꝏ/ ꝏ dan juga bentuk tak tentu ꝏ – ꝏ.

Misalkan untuk penerapan bentuk tak tentu ꝏ / ꝏ dapat dilakukan dengan tiga kondisi yakni:

  1. Nilai L sama dengan 0 apabila nilai a < b
  2. Nilai L sama dengan c/d apabila nilai a = b
  3. Nilai L sama dengan ꝏ apabila a > b

Nilai a dan b merupakan besaran pangkat dari penyebut dan juga pembilang fungsi limit. Lambang a menunjukkan pangkat dari variabel pembilang sementara lambang b merupakan besaran pangkat atau orde pangkat dari penyebut. Nilai c merupakan koefisien dari variabel  di pembilang sementara nilai d merupakan koefisien dari  pada penyebut.

Sementara bentuk tak tentu pada ꝏ – ꝏ memiliki dua kondisi yakni:

  1. Nilai L sama dengan – ꝏ apabila c < d
  2. Nilai L sama dengan ꝏ apabila nilai c > d

Untuk dapat memahami fungsi limit lebih lanjut, Anda harus sering berlatih agar terbiasa menggunakan rumus ini.

Penutup

Itulah tadi definisi dari limit beserta dengan cara penyelesainya lengkap dengan contoh latihan soalnya. Semoga informasi artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua dan bisa dijadikan pedoman materi matematika Anda.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Bilangan Biner

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Bangun Datar

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read