Konjungsi Temporal

1 min read

Konjungsi Temporal

Dalam mempelajari sebuah bahasa termasuk bahasa Indonesia, Anda pasti akan menemukan kata sambung atau bisa disebut juga dengan Konjungsi. Konjungsi sendiri memiliki pengertian sebagai kata yang digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata, ungkapan dengan ungkapan, serta kalimat dengan kalimat. Berikut ini Anda akan belajar tentang salah satu konjungsi yaitu Konjungsi Temporal.

Konjungsi Temporal

Kata sambung jenis ini merupakan sebuah kata sambung atau kata hubung yang dapat menjelaskan suatu hubungan. Hubungan yang dimaksud di sini adalah hubungan waktu antara dua hal ataupun kejadian yang berbeda. Kata sambung satu ini sangat berhubungan erat dengan waktu.

Kata hubung Temporal juga termasuk jenis kata sambung yang berfungsi untuk menjelaskan suatu kejadian atau suatu peristiwa yang terjadi secara kronologi. Sehingga kalimat yang tersaji untuk menceritakan sebuah keadaan tersebut dapat dengan mudah untuk dipahami.

Macam-macam Kata Sambung Jenis Temporal

Kata sambung sederajat

Konjungsi Temporal sederajat merupakan kata hubung atau kata sambung yang memiliki kedudukan waktu yang sama atau sederajat. Jenis kata yang digunakan untuk menghubungkan dua kata, kalimat, atau ungkapan yang memiliki sifat yang sama. Kata hubung jenis ini biasanya digunakan pada kalimat majemuk yang memiliki sifat setara.

Kata sambung jenis ini tidak boleh digunakan pada bagian awal atau bahkan pada bagian akhir sebuah kalimat. Anda harus meletakkannya di tengah-tengah kalimat. Contoh kata sambungnya ialah, sebelumnya, selanjutnya, setelahnya, lalu, kemudian, dan sesudahnya.

Kata sambung tidak sederajat

Sedangkan kata sambung tidak sederajat merupakan kata yang menghubungkan beberapa kata, kalimat, atau ungkapan yang bertingkat atau memiliki sifat yang tidak sama. Kata hubung jenis ini juga dapat digunakan dalam kalimat majemuk. Konjungsi ini dapat Anda letakkan di awal kalimat, akhir kalimat maupun di tengah-tengah kalimat.

Sementara itu contoh dari kata sambung ini ialah, sambil, bila, demi, sebelum, sejak apabila, tatkala, sebagainya, manakala dan kata-kata lainnya yang termasuk ke dalam jenis konjungsi ini.

Penutup

Semoga penjelasan tentang kata sambung di atas dapat menambah pengetahuan Anda dalam menggunakan kata-kata yang tepat.

Avatar

Teks Negosiasi

Avatar admin
1 min read

Teks Eksposisi

Avatar admin
1 min read

Contoh Teks Prosedur

Avatar admin
1 min read