Menu
Media Informasi Keuangan

Ketahui Manfaat Shit Up Selain Melatih Otot

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Penting kita Ketahui Manfaat Shit Up Selain Melatih Otot. Shit up sendiri merupakan salah satu gerakan olahraga dasar yang bisa dilakukan kapan saja. Bahkan hampir setiap orang mahir melakukannya.

Itulah mengapa manfaat shit up dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal dampaknya sangat besar bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya untuk membentuk otot perut saja, melainkan masih banyak lagi manfaat yang lain.

Perlu kita pahami, shit up merupakan olahraga perut klasik yang dilakukan dengan cara berbaring telentang, serta mengangkat tubuh.

Inti dilakukan gerakan ini ialah untuk mengencangkan bagian otot perut dengan menggunakan berat badan. Oleh karena itu, anda bisa menjadikan manfaat shit up dibawah ini sebagai alasan untuk lebih rajin berolahraga.

Ketahui Manfaat Shit Up Selain Melatih Otot

Pertanyaannya, apa saja manfaat shit up bagi tubuh? Untuk bisa menambah wawasan, berikut daftar manfaat yang bisa anda ketahui.

1. Meningkatkan Masa Otot

Berdasar dari penelitian, wanita yang sudah lanjut usia dan bisa memperagakan shit up, cenderung terbebas dari sarkopenia (kondisi kehilangan otot lantaran penuaan).

Sedangkan untuk wanita lansia yang mampu melakukan shit up sebanyak 10 kali,mempunyai masa otot yang lebih besar. Akan tetapi, masih perlu penelitian lebih jauh untuk memberikan bukti spesifik.

2. Tubuh Lebih Stabil & Seimbang

Dengan melakukan shit up secara rutin, mampu menstabilkan serta menyeimbangkan tubuh. Khususnya ketika menjalani aktifitas fisik sehari-hari.

Dalam hal ini, shit up menjadikan oto panggul, punggung bagian bawah, serta pinggul, bekerja lebih harmonis. Jika hal ini terjadi, maka anda tidak akan mudah jatuh ataupun mengalami cedera.

3. Meningkatkan Prestasi Akademik

Apabila dipikir, sit up dengan prestasi akademik tidak ada hubungan sama sekali. Tapi menurut sebuah riset, disebutkan bahwa para pelajar yang memperoleh skor baik dalam tes olahraga sit up, maka bisa memperoleh prestasi akademik yang lebih baik.

4. Menguransi Risiko Nyeri Punggung

Perlu dipahami, sit up juga akan memperkuat punggung bawah, pinggul, dan juga panggul. Dengan demikian, risiko nyeri punggung bisa anda hindari.

Akan tetapi, anda juga harus tetap berhati-hati dalam melakukan sit up. Sebab jika salah bergerak, justru yang terjadi anda akan mengalami nyeri punggung.

5. Meningkatkan Performa Atletik

Manfaat sit up yang lain dan terbilang penting bagi tubuh ialah daya tahan atlet dalam berolahraga. Terlepas dari itu, sit teratur juga bisa menjadikan anda tahan banting, khususnya ketika menjalani aktivitas fisik dengan intensitas tinggi.

Terlepas dari lima poin manfaat diatas, anda juga bisa memperoleh manfaat lain yang kesemuanya baik bagi tubuh. Penasaran?

  • Untuk melatih kekuatan otot perut (core)
  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh.
  • Meningkatkan bentuk atau postur tubuh.
  • Menguatkan diafragma
  • Membentuk otot di bagian perut (six pack)
  • Mempermudah aktivitas fisik.

Masih malas untuk olahraga sit up? Tentu bisa ditingkatkan jika sudah tahu manfaatnya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *