Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Kegunaan Sosiologi dan Peran Sosiolog

2 min read

kegunaan sosiologi dan peran sosiolog

Dimateri sebelumnya kita telah membahas mengenai kedudukan ilmu sosiologi, dari materi sebelumnya kita mungkin terbayang apakah sosiologi mempunyai kegunaan dalam masyarakat? Manfaat mempelajari sosiologi itu apa? Dan peran sosiologi dalam masyarakat itu apa saja?

Nah, tenang, pertanyaan Anda akan terjawab di materi yang akan kami bahas kali ini. Jev Edukasi Online akan membahas tuntas menganai kegunaan sosiologi dan peran sosiolog dalam masyarakat.

Daftar MATERI  “Sosiologi Sebagai Ilmu Kemasyarakatan”

Sosiologi

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang kegunaan dan peran sosiologi dalam masyarakat, ada dua hal yang ingin kami tekankan yaitu mengenai ilmu murni dan terapan. Ilmu murni adalah pencarian suatu pengetahuan sedangkan ilmu terapan adalah cara menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan secara praktis.

Seorang ilmuwan yang sedang meneliti mengenai struktur sosial suatu kelompok lingkungan masyarakat berarti dia sedang bekerja sebagai ilmuwan murni. Sedangkan jika diteruskan mengenai suatu cara untuk menghadapi berbagai masalah yang terdapat di lingkungan masyarakat tersebut berarti dia menjadi ilmuwan terapan.

Pemahaman mengenai kedua jenis ilmu tersebut sangat penting sebelum kita membahas mengenai kegunaan sosiologi karena sosiologi sendiri jika diteliti secara mendalam merupakan ilmu murni dan terapan. Nah lantas kalau sosiologi merupakan ilmu murni dan terapan, apa saja kegunaan dan perannya didalam masyarakat?

Kegunaan Sosiologi

Didalam masyarakat tentunya ilmu sosiologi sangat dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan penelitian, pengolahan data hingga perancangan kebijakan. Nah berikut ini kami sajikan kegunaan sosiologi dalam masyarakat lengkap dengan penjelasan secara mendalam.

  1. Kegunaan Sosiologi Untuk Pembangunan

Dalam pembangunan, sosiologi sangat berguna untuk memberikan data sosial yang dibutuhkan untuk perancangan pembangunan.  Pada tahap perancangan pembangunan ini yang menjadi titik atau poin utama yaitu mengenai apa saja yang menjadi kebutuhan sosial. Sedangkan pada tahap pelaksanaan yang perlu diperhatikan yaitu kebutuhan sosial dalam masyarakat dan perubahannya. Pada tahap penilaian, yang perlu dianalisa yaitu tentang dampak sosial terhadap pembangunan tersebut.

  1. Kegunaan Sosiologi Untuk Penelitian

Dengan memanfaatkan sosiologi untuk penelitian dan penyidikan akan sangat membantu dan berguna untuk perancangan maupun pemecahan suatu masalah. Penelitian sosiologi sangat dibutuhkan, contoh halnya didalam negara yang sedang berkembang dimana diperlukan rencana dan cara penyelesaian masalah sosialnya.

Peran Sosiolog

Sebagai ahli ilmu di bidang sosial, sosiolog tentunya sangay dibutuhkan dan memiliki banyak peran dilingkungan masyarakat. Bentuk peran para sosiolog atau ahli ilmu kemasyarakatan dapat digambarkan dengan contoh berikut ini.

  1. Sosiolog Sebagai Konsultasi Kebijakan

Pemangku kebijakan baik pemerintah maupun swasta, tentu memiliki berbagai permasalahan sosial dengan tujuan yang berbeda-beda. Rencana atau ramalan hasil kesimpulan yang dihasilkan oleh sosiolog, diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan sosial yang akan dieksekusi oleh pemangku kebijakan. Namun terkadang terdapat kendala yang diakibatkan oleh ketidakakuratan data ataupun kesimpulan yang dihasilan sehingga dapat berdampak pada tujuan yang tidak tercapai.

  1. Sosiolog Sebagai Ahli Riset

Seperti yang kami paparkan pada kegunaan sosiologi, bahwa seorang sosiolog bisa  mengumpulkan berbagai data dan menganalisanya. Hasil dari data tersebut bisa diolah menjadi suatu karya ilmiah yang bisa memecahkan suatu permasalahan sosial dimana bisa dimanfaatkan untuk perancangan suatu kebijakan.

  1. Sosiolog Sebagai Teknisi

Peran sosiolog sebagai teknisi ini bisa terlibat pada perencanaan dan pelaksanaan suatu kegiatan masyarakat. Sosiolog sebagai teknisi ini tentunya dia menerapkan ilmu sosiolog yang terapan dimana mereka dituntut untuk mengumpulkan nilai nilai tertentu untuk efisiensi kerja, kegiatan kemasyarakatan atau tujuan lainnya.

Penutup

Gimana, pertanyaan dibenak Anda mengenai apa saja kegunaan sosiologi ataupun peran sosiolog dalam masyarakata, sudah terjawabkan. Ternyata memang ilmu sosiologi ini sangat luas ketika kita bisa mengkajinya lebih dalam, karena hubungannya erat dengan berbagai hal didalam kehidupan kita. Anda jika kurang mengerti mengenai pengertian, ide mendasar tentang sosiologi, Anda bisa mempelajari materi mengenai hakikat sosiologi.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Penyebab Kelangkaan

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read