Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Kegiatan Konsumsi

2 min read

kegiatan konsumsi

Kegiatan Konsumsi – Dalam peta konsep kegiatan ekonomi, seseorang yang bekerja maka akan mendapatkan suatu penghasilan, dan penghasilan tersebut digunakan untuk konsumsi, tabungan dan investasi. Jev Edukasi Online kali ini akan membahas secara spesifik mengenai kegiatan konsumsi dalam ekonomi. Materi berikut akan membahas dari pengertian, skala kebutuhan, cara memenuhi kebutuhan, hingga faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakat.

Kegiatan Konsumsi

Setelah suatu barang diproduksi dan didistribusikan maka selanjutnya barang tersebut siap untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Seseorang melakukan kegiatan konsumsi jika seseorang tersebut sudah mendapatkan pendapatan dalam jumlah yang memadahi. Namun tidak semua pendapatan tersebut digunakan untuk konsumsi ada yang dialokasikan untuk tabungan dan investasi.

Pengertian Konsumsi

pengertian konsumsi

Definisi konsumsi dalam ekonomi adalah semua tindakan terhadap suatu benda untuk mengurangi atau menghabiskan nilai guna benda tersebut.

Biasanya dalam kehidupan sehari-hari pengertian konsumsi sangat erat dihubungkan dengan makanan dan minuman. Contoh yang sering terjadi di lingkup sekolah seperti dalam suatu kegiatan terdapat suatu seksi di bagian konsumsi yang bertugas bertanggungjawab atas makanan dan minuman. Padahal sebenarnya definisi konsumsi didalam ekonomi lebih luas dari pengertian tersebut seharusnya.

Jadi makna mengurangi nilai guna dalam pengertian diatas itu seperti mengendarai motor secara berangsur dan terus menerus dapat mengurangi nilai dari motor tersebut. Contoh lagi seperti menduduki meja, menggunakan mobil pribadi, laptop dan lain lain yang dapat mengurangi nilai dari benda tersebut.

Skala Prioritas Kebutuhan

tujuan seseorang menyusun skala prioritas kebutuhan adalah

Pengertian skala prioritas kebutuhan adalah suatu intensitas yang berdasarkan skala yang dibuat oleh manusia dalam merealisasikan kebutuhannya masing masing. Intensitas tertinggi kebutuhan manusia akan medapatkan prioritas utama untuk direalisasikan.

Adapun tujuan seseorang menyusun skala prioritas kebutuhan adalah untuk membantu dia dalam menyusun mana kebutuhan yang akan didahulukan atau diprioritaskan berdasarkan urutan yang telah dibuat. Jadi skala prioritas kebutuhan disusun untuk membantu seseorang dalam meralisasikan atau memprioritaskan kebutuhan yang ingin dikonsumsi tersebut.

Nah ada hal yang dapat mempengaruhi skala prioritas kebutuhan manusia dan tingkat konsumsi yaitu pendapatan atau pemasukan. Semakin sedikit pendapatan seseorang maka jumlah barang yang bisa dikonsumsi semakin sedikit, sebaliknya jika pendapatan tersebut semakin besar maka jumlah dan jenis barang yang bisa dikonsumsi semakin banyak.

Perhatikan contoh tabel pendapatan dan konsumsi sehari hari berikut

NoNamaPendapatanKonsumsiPersentase Pendapatan Yang Dikonsumsi
1Alwi400.000400.000100%
2.Budi800.000600.00075%
3.Denny1.600.000800.00050%
4.Firman3.600.0001.080.00030%
5.Judika7.000.0001.400.00020%

Dari contoh tabel pendapatan dan konsumsi sehari-hari diatas dapat kita simpulkan jika semakin pendapatannya tinggi maka persentase yang dibayar untuk konsumsi semakin rendah.

Cara Memenuhi Kebutuhan

Cara Memenuhi Kebutuhan

Banyak cara dan strategi dalam memenuhi kebutuhan manusia, seperti yang kita ambil contoh didalam tabel pendapatan dan konsumsi diatas, konsumsi yang dihasilkan itu selaras. Namun terkadang kebutuhan manusia itu tidak vertikal saja namun ada yang horizontal seperti biaya pendidikan, beli rumah, untuk kesehatan, kendaraan daln lain lain.

Untuk mencapai keduanya antara horizontal dan vertikal, cara memenuhi kebutuhannya dilakukan dengan selaras sehingga bisa mencapai tingkat kepuasan yang sama.

Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi

Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi

Kebutuhan manusia berbeda-beda, nah adapun juga faktor yang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi di masyarakat. Berikut ini 3 faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi di masyarakat secara umum.

Distribusi Pendapatan Nasional

Seperti yang dibahas diatas jika semakin tinggi pendapatan seseorang maka persentase biaya konsumsi yang harus dibayar semakin sedikit. Tetapi jika pemerintah melakukan sebuah kebijakan secara nasional mengenai pemerataan pendapatan nasional maka pendapatan yang tidak dibayarkan ke masyarakat  yang berpendapatan tinggi disalurkan ke pendapatan rendah untuk meningkatkat konsumsinya.

Barang Tahan Lama

Definisi barang tahan lama ini artinya suatu barang yang pemakaiannya bisa berjangka relatif lama dan bisa dugunakan secara berulang ulang. Contoh barang yang tahan lama ini seperti laptop, hanphone, magic com dan lain lain yang tidak memungkinkan seseorang membelinya dalam waktu yang dekat.

Ramalan Perubahan Harga

Ketika terjadi suatu ramalan entah berupa asumsi atau analisa akademik ekonomi berupa issue perubahan harga yang akan meningkat, maka masyarakat akan menyegerakan untuk pembelian barang tersebut agar tehindar dari kenaikan harga.

Kebijakan Finansial Perusahaan

Sebuah kebijakan perusahaan mengenai finalsial terlebih pada pembagian deviden akan sangat mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakat. Apa hubungannya antara pembagian deviden dengan tingkat konsumsi masyarakat? Jelas sangat berhubungan karena pembagian deviden kepada pemegang saham akan menambah liquid yang dimiliki masyarakat sehingga mereka bisa melakukan kegiatan konsumsi.

Kebijakan Pemasaran Perusahaan

Contoh kebijakan perusahaan tentang pemasaran seperti iklan, diskon dan lain sebagainya, nah hal tersebut tentu sangat mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakat. Dengan memperkenalkan produk perusahaan dapat membuat masyarakat menjadi tahu sehingga semakin banyak yang bisa dicakup tentunya masyarakat memungkinkan untuk mengonsumsi produk tersebut.

Penutup

Itulah tadi materi mengenai kegiatan konsumsi ekonomi yang membahas lengkap dari pengertian, skala kebutuhan dan cara memenuhi kebutuhan juga. Selain itu juga materi diatas memaparkan faktor faktor apa saja yang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi di masyarakat lengkap dengan penjelasannya.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Penyebab Kelangkaan

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read