Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Kedudukan Ilmu Sosiologi

1 min read

Kedudukan Ilmu Sosiologi

Ilmu sosiologi walaupun sama sama membahas mengenai ilmu sosial, namun terdapat perbedaan dengan ilmu lainnya. Jev Edukasi Online kali ini akan membahas mengenai hubungan kedudukan ilmu sosiologi diantara ilmu lainnya seperti politik, sejarah, ekonomi hingga antropologi. Berikut ini penjelasa lengkap mengenai hubungan dan kedudukan ilmu sosiologi diantara ilmu lainnya.

Daftar MATERI  “Sosiologi Sebagai Ilmu Kemasyarakatan”

Kedudukan Sosiologi Diantara Ilmu Lainnya

Ilmu sosiologi terkadang disandingkan dengan ilmu sosial lainnya, walaupun sama-sama mengkaji mengenai masyarakat dan hubungan manusia namun terdapat perbedaannya. Nah, berikut kedudukan sosiologi saat disandingkan dengan ilmu lainnya seperti politik, ekonomi, sejarah hingga antropologi.

Sosiologi Dan Politik

Terdapat perbedaan diantara kedua ilmu tersebut walaupun sama sama membahas mengenai hubungan antar manusia, namun pada hakekatnya berbeda. Ilmu politik mempelajari daya upaya untuk mempertahankan, memperoleh hingga menggunakan kekuasaan, sedangkan ilmu sosial lebih condong mengkaji dari segi masyarakat yang besifat umum.

Sosiologi Dan Ekonomi

Ilmu ekonomi secara sekilas sama sama mengkaji hubungan dengan manusia, namun kalau ekonomi lebih mengkaji tentang usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan materiil sedangkan sosiologi membahas unsur masyarakat secara general. Contoh riilnya kalau ekonomi membahas mengenai cara mengatur cash flow perusahaan dll, sedangkan sosiologi contohnya lebih ke individu seperti etos kerja dll.

Sosiologi Dan Ilmu Sejarah

Ilmu sejarah hampir sama dengan sosiologi namun berbeda nya kalau sejarah mempelajari kejadian hubungan manusia yang terjadi pada waktu dulu. Sehingga perbedaannya ilmu sejarah dengan sosiologi ini hanya terletak pada waktunya atau dalam situasi yang berbeda.

Sosiologi Dan Antropologi

Dalam ilmu antropologi terdapat yang namanya antropologi sosial, nah ilmu tersebut hampir mirip dengan sosiologi. Terdapat pernyataan yang menyatakan bahwa kalau antropologi menitik beratkan untuk masyarakat yang primitif, sedangkan sosiologi lebih ke masyarakat modern. Tetapi saat ini ilmu antropologi juga sudah mengkaji mengenai masyarakat perkotaan dan sosiologi juga sudah mengkaji mengenai masyarakat pedesaan. Terdapat juga pendapat lain yang menyatakan perbedaan kedua ilmu ini antara sosiologi dan antropologi pada metode ilmiah yang digunakan.

Penutup

Itulah tadi materi kedudukan sosiologi diantara ilmu lainnya, pembahasan diatas sudah lengkap dan mencangkup persamaan maupun perbedaannya. Agar Anda lebih memahami lagi mengenai sosiologi ini, Anda pelajari materi sebelumnya yaitu mengenai hakikat sosiologi. Selain itu juga Anda perbanyak untuk latihan contoh soal seputar sosiologi yang sudah banyak di situs online.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Pendapatan Nasional

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read

Tujuan Ilmu Ekonomi

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read