Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Kebutuhan Manusia

3 min read

kebutuhan manusia

Terdapat tuntutan jasmani maupun rohani seseorang untuk berkehidupan yang layak dan tenang membuat manusia memiliki kebutuhan tiap harinya. Macam dan jenis kebutuhan tiap orang sangat banyak dan digolongkan dengan parameter tertentu. Kali ini Jev Edukasi Online akan membahas itu tuntas mengenai materi ekonomi bab kebutuhan manusia.

Daftar MATERI  Sistem Ekonomi

Kebutuhan Manusia

Pengertian kebutuhan manusia adalah segala keinginan seseorang terhadap suatu benda atau jasa untuk memenuhi kepuasan jasmani maupun rohaninya.

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kebutuhan setiap orang, baik dari lingkungan, kemajuan zaman dan lain sebagainya. Maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan setiap orang atau individu memiliki cara tersendiri.

Jenis Kebutuhan Manusia

Sedangkan jenis kebutuhan manusia itu sendiri dapat digolongkan berdasarkan intensitas, sifat, waktu, subjek dan wujudnya. Berikut ini penjelasan dan contoh masing-masing jenis kebutuhan yang digolongkan menjadi beberapa parameter tersebut.

Kebutuhan Berdasarkan Intensitas

Menurut intensitasnya kebutuhan menusia terbagi menjadi 3 jenis yaitu primer, sekunder dan tersier. Berikut ini pengertian dan contoh masing-masing jenis kebutuhan yang berdasarkan intensitas.

Kebutuhan Primer

Pengertian dari kebutuhan primer adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia agar bisa tetap bertahan hidup.

Setiap orang harus dapat memenuhi jenis kebutuhan ini dikarenakan sifatnya alami untuk bertahan hidup. Contoh kebutuhan primer pada umumnya seperti sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (tempat tinggal).

Kebutuhan Sekunder

Pengertian kebutuhan sekunder adalah suatu kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah memenuhi kebutuhan primer.

Kebutuhan sekunder ini biasanya sifatnya penunjang seseorang untuk menjalankan hidup dan tiap orang berbeda-beda. Contoh kebutuhan sekunder seseorang seperti alat kecantikan, perabotan rumah tangga, televisi, sepeda ontel dan lain sebagainya.

Kebutuhan Tersier

Pengertian kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh seseorang setelah terpenuhinya kebutuhan sekunder.

Kebutuhan tersier sifatnya yaitu kemewahan yang dapat meningkatkan status sosial seseorang. Contoh kebutuhan tersier seperti villa mewah, mobil yang mewah, perhiasan yang mahal, kapal pesiar, helikopter pribadi dan lain sebagainya.

Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya

Menurut sifatnya kebutuhan manusia dapat digolongkan menjadi 2 jenis yaitu jasmani dan rohani. Berikut ini pengertian dan contoh kedua jenis kebutuhan manusia yang berdasarkan sifat.

Kebutuhan Jasmani

Pengertian kebutuhan jasmani adalah suatu kebutuhan seseorang untuk memuaskan diri atau jasadnya dengan barang atau benda.

Seseorang memiliki kebutuhan jasmani ini dikarenakan sebuah tuntutannya sebagai makluk hidup. Contoh kebutuhan jasmani yang sering kita alami seperti makanan, pakaian, kendaraan, gadget, rumah dan lain-lain.

Kebutuhan Rohani

Pengertian kebutuhan rohani adalah suatu kebutuhan yang sifatnya abstrak atau tidak nyata namun dapat dirasakan dengan kepuasan batin.

Setiap orang memiliki kebutuhan rohani yang berbeda beda dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Contoh kebutuhan rohani seseorang seperti agama, rekreasi, hiburan, musik, perhatian, bermain game, nongkrong bersama teman dll.

Kebutuhan Berdasarkan Waktu

Menurut waktu kebutuhan manusia digolongkan menjadi 2 jenis yaitu sekarang dan yang akan datang. Berikut ini pengertian dan contoh dari kedua jenis kebutuhan yang berdasarkan waktunya.

Kebutuhan Sekarang

Pengertian kebutuhan sekarang adalah suatu kebutuhan yang dipenuhinya harus sekarang oleh seseorang dan kebutuhan tersebut tidak dapat ditunda-tunda.

Kebutuhan sekarang ini merupakan kebutuhan yang sangat mendesak dan berpengaruh terhadap seseorang tersebut. Contoh kebutuhan sekarang ini seperti orang yang sedang sakit dan membutuhkan obat, orang yang sedang kelaparan membutuhkan makan dll.

Kebutuhan Yang Akan Datang

Pengertian kebutuhan yang akan datang adalah suatu kebutuhan yang memenuhinya dimasa mendatang atau yang akan datang.

Biasanya kebutuhan yang akan datang ini sudah diantisipasi dan dilakukan oleh seseorang jauh-jauh hari. Contoh kebutuhan yang akan datang seperti menabung untuk jangka panjang, dana pensiun untuk hari tua, asuransi untuk biaya pendidikan dan lain sebagainya.

Kebutuhan Berdasarkan Subjek

Menurut subjeknya kebutuhan manusia dibagi dan digolongkan menjadi 2 jenis yaitu perorangan atau individu dan kelompok atau kolektif. Berikut ini pengertian dan contoh dari kebutuhan yang berdasarkan subjeknya.

Kebutuhan Perorangan

Pengertian kebutuhan perorangan adalah suatu kebutuhan yang dibutuhkan oleh perorangan atau individu.

Kebutuhan perorangan ini biasanya tiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda beda dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Contoh kebutuhan individu atau perorangan ini seperti gitar untuk gitaris, laptop untuk mahasiswa, kacamata dari dokter untuk yang sedang sakit mata dll.

Kebutuhan Kelompok

Pengertian kebutuhan kelompok adalah suatu kebutuhan yang menyangkut kebutuhan atau kepentingan bersama.

Kebutuhan kelompok atau kolektif biasanya menyangkut dengan kepentingan umum atau suatu kelompok tertentu. Contoh kebutuhan kelompok seperti tempat ibada, toilet umum, sekolah, jalan raya dan lain sebagainya.

Kebutuhan Berdasarkan Wujud

Menurut wujudnya kebutuhan manusia terbagi menjadi 2 jenis yaitu barang dan jasa. Berikut ini pengertian dan contoh dari kedua kebutuhan yang berdasarkan wujudnya.

Kebutuhan Barang

Pengertian kebutuhan barang adalah suatu kebutuhan yang berwujud sebuah barang.

Kebutuhan barang ini memiliki ciri yang jelas dapat dilihat, disentuh dan dirasakan. Contoh kebutuhan barang ini seperti mobil, perhiasan, perabotan rumah, handphone dll.

Kebutuhan Jasa

Pengertian kebutuhan jasa adalah suatu kebutuhan yang tidak berwujud namun bisa dirasakan rasanya.

Yang membedakan antara barang dengan jasa kalau jasa tidak berwujud dan tidak dapat disentuh. Contoh kebutuhan jasa seperti nonton film atau konser, menggunakan jasa tukang pijat untuk memijat, menggunakan jasa dokter untuk memeriksa kesehatan kita dll.

Contoh Soal Kebutuhan Manusia

contoh soal kebutuhan manusia
soal kebutuhan manusia

Bagaimana, sekarang Anda sudah faham kan tentang materi yang kami paparkan panjang lebar diatas lengkap mengupas mengenai kebutuhan manusia. Kini kami sajikan contoh soal kebutuhan manusia pilihan ganda yang bisa Anda jadikan untuk latihan menguji pemahaman Anda atas materi diatas.

  1. Bermacam-macam kebutuhan manusia, hal itu disebabkan oleh adanya …
    ABanyaknya jumlah penduduk
    BTerbatasnya teknologi
    CMeningkatnya kebutuhan
    DTidak pastinya tingkat pendapatan
    ESumber daya banyak yang rusak
  1. Dari waktu ke waktu, biayahidup manusia selalu meningkat, hal ini disebabkan oleh …
    AManusia tidak dapat mengendalikan keinginannya
    BKeinginan hidup layak
    CKebutuhan manusia yang selalu bertambah seiring dengan tuntutan psikis dan fisik
    DKeinginan hidup yang mewah
    EManusia ingin mempertahankan hidupnya
  1. Disebut apakah suatu pengeluaran yang dugunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari?
    ABiaya hidup
    BKonsumsi
    CHarga
    DOngkos
    EUang
  1. Seperti yang kita ketahui bahwasannya sumber daya terbatas, namun keinginan manusia tidak terbatas, hal ini mendorong manusia untuk …
    ABekerja dengan tekun
    BBertindak jujur
    CMenghalalkan segala cara
    DBerprilaku secara ekonomis
    EMemanfaatkan semua peluang yang ada
  1. Terjadinya globalisasi, dapat mendorong …
    ABertambahnya keanekaragaman budaya
    BMemajukan negara
    CWawasan msyarakat menjadi semakin bertambah
    DGaya hidup menjadi berubah
    EKebutuhan baru menjadi semakin bertambah

Penutup

Itulah tadi materi Ekonomi Ilmu Pengetahuan Sosial tentang kebutuhan manusia yang biasanya terdapat pada kelas X SMA Semester 1. Seperti yang kita paparkan diatas kebutuhan manusia terbagi menjadi 5 golongan yang memiliki macam dan jenis tersendiri. Materi ini sudah lengkap juga dengan pengertian dan contonya juga. Selain itu juga Anda bisa melatih kemampuan pemahaman Anda pada bab ini dengan menjawab contoh soal kebutuhan manusia diatas.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.