Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Kalimat Langsung Dan Tidak Langsung

1 min read

Kalimat Langsung Dan Tidak Langsung

Kalimat langsung dan tidak langsung merupakan dua kalimat yang sering dilupakan oleh para pelajar. Seumpama ditanya ulang tentang materi ini, banyak dari mereka yang enggan untuk menjawab karena mungkin sedikit lupa. Jika Anda termasuk pelajar yang melupakan kedua kalimat tersebut, mari belajar secara singkat tentang kedua kalimat tersebut di bawah ini.

Pengertian Kalimat Langsung & Tidak Langsung

Kalimat Langsung

Pengertian kalimat langsung merupakan sebuah kalimat yang dibuat bertujuan untuk menirukan ucapan atau ujaran dari orang lain. Kalimat ini juga merupakan sebuah kutipan pembicaraan seseorang yang di tulis persis seperti apa yang dikatakan tanpa menambah atau menguranginya.

Sedangkan bentuk dari kalimat ini dapat berupa kalimat perintah. Selain itu kalimat ini juga biasanya tersaji dalam bentuk berita dan kalimat tanya.

Kalimat Tidak Langsung

Suatu kalimat yang bertujuan untuk melaporkan ucapan, perkataan ataupun ujaran yang disampaikan oleh orang lain adalah pengertian dari kalimat tidak langsung . Bentuk dari kalimat ini semuanya berbentuk kalimat berita tanpa terkecuali sehingga berbeda dengan kalimat sebelumnya.

Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Berikut ini merupakan contoh dari kalimat langsung dan tidak langsung yang dapat Anda jadikan referensi belajar untuk membuat kalimat tersebut.

Contoh Kalimat Langsung

Setelah Anda memahami pengertian kalimat langsung, kami sajikan kumpulan contohnya agar lebih faham lagi. Berikut ini kumpulan contoh kalimat langsung agar Anda terbayang dengan materi ini.

  1. Diana berkata, Hari ini akan turun hujan meskipun cuacanya sangat panas.
  2. Bagaimana kabar ikan Koi yang hampir mati di kolam? Tanya Lidia kepada Risa
  3. Terimakasi hkepada semua warga sekolah yang telah ikut dalam kegiatan gotong royong pada hari ini. Kata Kepala Sekolah
  4. Anis Berkata, Aku mau ambil uang dulu di ATM buat transfer putri hari ini.
  5. Rully berkata, ayo ikut aku untuk mengisi materi seminar di UINSA sekarang!

Contoh Kalimat Tidak Langsung

Ada contoh kalimat tidak langsung yang bisa menjadi refrensi Anda terhadap materi ini. Berikut refrensi contoh kalimat tidak langsung yang baik supaya Anda semakin faham mengenai bab ini.

  1. Diana mengatakan bahwa hari ini akan turun hujan meskipun cuacanya sangat panas.
  2. Lidia menanyakan tentang bagaimana kabar ikan koi yang hampir mati di kolam.
  3. Kepala Sekolah mengatakan terimakasih kepada semua warga sekolah yang ikut dalam kegiatan gotong royong pada hari ini.
  4. Anis mengatakan bahwa ia akan pergi ke rumah sakit untuk menjenguk Putri hari ini.
  5. Rully mengatakan bahawa dia mengajak saya untuk mengisi materi seminar di UINSA sekarang.

Penutup

Sudahkan Anda memahami tentang kedua kalimat yang telah di ulas di atas? Materi diatas membahas lengkap mengenai materi kalimat langsung maupun tidak langsung dari pengertian, hingga contoh masing masing kalimat. Semoga Anda memahami dan dapat membuat kalimat langsung ataupun kalimat tidak langsung sendiri, pelajari juga materi tentang kalimat efektif.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Pidato

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Teks Diskusi

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Contoh Paragraf Deskripsi

Suci Zidni Suci Zidni
4 min read