Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Kalimat Efektif

1 min read

Kalimat Efektif

Anda sedang mencari tahu tentang kalimat efektif ? Apakah Anda sudah memahami makna dari jenis kalimat tersebut ? Artikel ini semoga bisa membantu Anda sekalian tentang keingin tahuannnya.

Kalimat Efektif

Kalimat jenis ini merupakan sebuah kalimat yang memiliki susunan kata sesuai dengan kaidah-kaidah kebahasaan yang baik dan tepat. Kaidah-kaidah yang dimaksud di atas adalah kaidah dalam Bahasa Indonesia. Jika Anda ingin mempelajari kalimat efektif lebih dalam lagi, mari simak informasi berikut ini.

Syarat & Ketentuan Kalimat Efektif

Setelah Anda mengetahui pengertian dari kalimat efektif, perlu diketahui pula syarat dan ketentuannya. Berikut ini syarat dan ketentuan dari kalimat efektif beserta penjelasannya lengkap.

Sesuai EYD

Kalimat jenis ini diharuskan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Dari kata-kata hingga tanda baca yang digunakan untuk membuat sebuah kalimat harus tepat, sehingga dapat menciptakan kalimat yang baik dan benar.

Susunan Yang Sistematis

Jenis kalimat ini harus tersusun dengan susunan kata yang sistematis. Kalimat paling sederhana dalam hal ini merupakan kalimat yang terdiri dari susunan subjek dan predikat. Jika memang tidak ada penegasan, kalimat harus dibuat dengan menggunakan subjek dan predikat.

Tidak Boros Kata

Kalimat jenis ini merupakan sebuah kalimat yang singkat, padat dan jelas tanpa ada kata-kata yang terkesan bertele-tele sehingga mengakibatkan pemborosan kata.

Tidak Ambigu

Syarat yang paling penting dalam penyusunan kalimat ini yaitu tidak bersifat ambigu. Hal ini bertujuan untuk menghindari multitafsir bagi pembaca. Sehingga kalimat akan lebih mudah dipahami.

Contoh Kalimat Efektif beserta Pembandingnya

Pertama

  1. Kamu yang pergi meninggalkan aku. (tidak efektif)
  2. Kamu pergi meninggalkan aku. (efektif)

Kedua

  1. Rama sakit sehingga Rama tidak dapat ikut perlombaan (tidak efektif)
  2. Rama sakit sehingga tidak dapat ikut perlombaan. (efektif)

Ketiga

  1. Kamu maju ke depan kelas sekarang. (tidak efektif)
  2. Kamu maju sekarang. (efektif)

Keempat

  1. Kamu bersihkan lantai ruang kelas agar bersih! (tidak efektif)
  2. Bersihkan lantai ruang kelas agar bersih! (efektif)

Kelima

  1. Para anak-anak sedang melaksanakan senam pagi di halaman sekolah. (tidak efektif)
  2. Anak-anak sedang melaksanakan senam pagi di halaman sekolah. (efektif)

Penutup

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa kalimat jenis ini merupakan kalimat yang paling sempurna dalam tata bahasa Indonesia. Kalimat ini juga dapat memudahkan pembaca untuk memahami maksud yang disampaikan oleh penulis. Agar pengetahuan Anda semakin tambah tentang jenis kalimat, selain kalimat efektif Anda bisa mempelajari tentang kalimat langsung dan tidak langsung.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Paragraf Narasi

Suci Zidni Suci Zidni
6 min read

Pidato

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read