Menu
Media Informasi Keuangan

Iran Nyatakan Siap Untuk Rilis Video Penahanan Inspektur IAEA

  • Bagikan

Kabarin.co.id, Teheran – Menurut dari pernyataannya, Iran siap untuk merilis video penahanan seorang inspektur Badan Energi Atom internasional (IAEA), jika memang benar dibutuhkan.

Seperti yang diketahui, Iran memang tengah menahan inspektur IAEA tersebut lantaran dianggap membawa dokumen sensitif.

“Jika perlu kami bahkan akan menyajikan rekaman ini,” ungkap juru bicara Badan Enegeri Atom Iran, Behrouz Kamalvandi pada sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (10/11/2019).

“Pemerintah Iran berbicara secara hukum tidak melakukan kesalahan dalam memblokir inspektur IAEA dari fasilitas nuklir Natanz pada 28 Oktober,” imbuhnya.

Pada Kamis lalu, Iran menyatakan sudah membatalkan akreditasi inspektur IAEA, tepatnya pasca ia memicu alarm pekan lalu di pintu masih ke pabrik pengayaan uranium Natanz.

Alarm selama pemeriksaan pada pintu masuk ke pabrik di Iran sudah memunculkan kekhawatiran bahwa ia bisa saja membawa produk yang dicurigai.

Sedangkan dari sisi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mendesak Iran untuk memberikan hak-hak serta kekebalan pada inspektur IAEA tersebut.

“Inspektur IAEA harus diizinkan untuk melakukan pekerjaan kritis mereka tanpa hambatan. Kami menyerukan Iran untuk segera menyelesaikan semua masalah terbuka dengan IAEA dan untuk memberikan hak dan kekebalan kekebalan kepada lembaga pemeriksa, yang menjadi hak mereka,” papar Pompeo.

Selanjutnya, Pompeo menyebut tindakan Iran dengan menahan inspektur IAEA merupakan tindakan intimidasi. Ia juga menyebut bahwa bahan nuklir yang tidak dideklarasikan Iran, dibahas pada pertemuan Dewan IAEA baru-baru ini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *