Menu
Media Informasi Keuangan

Iran : Dibutuhkan AS, ISIS Tidak Akan Pernah Mati

  • Bagikan

Kabarin.co.id, Teheran – Ali Rabiei selalu juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, menjelaskan bahwa penyebaran paham radikal yang dianut oleh ISIS tidak akan mati. Meski sang pemimpin, Abu Bakar al-Baghdadi sudah dinyatakan meninggal.

Sebagai alasannya, lantaran AS masih terus memelihara ideologi tersebut. Khususnya untuk membantu Washington dalam mencapai tujuan mereka di kawasan.

Pada pemaparannya, Rabiei menyebut bahwa kematian Baghdadi sebagai simbolis, tidak memberikan arti bahwa perang melawan ISIS akan selesai. Hal tersebut juga sama ketika membunuh mantan pemimpin Al-Qaeda, Osama bin Laden, yang masih tidak menyelesaikan terorisme.

“Kematian Baghdadi adalah akhir dari simbol terorisme suntik-destruktif, menyuntikkan ideologi yang mematikan ke dalam hati masyarakat manusia dan menghancurkan citra Islam di mata publik. Namun, sama seperti kematian bin Laden tidak menghilangkan teror, kematian Baghdadi juga tidak akan menjadi akhir dari ISISme,” ungkap Rabiei.

Rabiei pun berpendapat, sesuai fakta Washington tidak akan berhenti menerapkan kebijakan yang sekaligus memelihara jenis ideologi ekstrimis, seperti halnya yang di wakili oleh Baghdadi.

“Kematian bin Laden dan Baghdadi hanya mengakhiri satu bab dalam perang melawan terorisme bermerek ISIS. Konsep itu masih berkembang melalui kebijakan Amerika dan petrodolar regional. Ini adalah rawa-rawa pemelihara teror yang perlu dikeringkan,” paparnya, menurut yang dilansir dari PressTV, Senin (28/10/2019).

Rabiei lalu memaparkan, dengan membunuh Baghdadi, AS tidak bisa berharap untuk mengabaikan peran dalam menciptakan bin Laden ataupun Baghdadis.

“Kita tidak boleh lupa bahwa di mata negara-negara di kawasan itu, membunuh salah satu teroris paling berbahaya di dunia tidak akan membasuh tangan para pendukungnya darah puluhan ribu orang yang kehilangan nyawa mereka karena Daesh atau kehilangan hak untuk hidup sejahtera karena efeknya yang lama,” imbuhnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *