Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Interaksi Sosial

2 min read

Interaksi sosial menjadi hal yang tidak bisa dihindari oleh manusia, karena setiap saat manusia saling berhubungan baik antar individu, individu ke kelompok maun antar kelompok. Kontak sosial memang terjadi dimana-mana didalam kehidupan manusia, mereka saling berinteraksi karena saling membutuhkan.

Jev Edukasi Online pada kesempatan kali ini akan mengupas tuntas pelajaran sosiologi tentang interaksi sosial. Berikut ini hakikat, pengertian, ciri ciri, syarat terjadinya, dan contoh interaksi sosial.

Interaksi Sosial

jelaskan pengertian interaksi sosial

Anda perna membayangkan interaksi sosial yang terjadi antara petani singkong dan penjual keripik? Mengapa mereka saling berhubungan? Kenapa mereka kok bisa saling membutuhkan? Dan apa sih yang mendorong mereka untuk saling berinteraksi?

Untuk menjawab contoh antara petani singkong dan penjual kripik tersebut, Anda perlu memahami materi berikut ini.

Hakikat Interaksi Sosial

Hakikat Interaksi Sosial

Dalam kehidupan manusia, mereka saling membuthkan satu sama lain, sehingga itulah yang mendasari terjadinya interaksi atau kontak sosial ini. Selain itu juga pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial, sehingga terdapat sebuah keinginan untuk berkomunikasi, bergaul dengan orang lain.

Keinginan itu timbul bukan dikarenakan kebutuhan lahiriah karena kebutuhan itu sendiri untuk berkomunikasi, bergaul dan bekerja sama dengan orang lain.

Sehingga interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat pada umumnya didorong oleh adanya sebuah kebutuhan yang mendasar dalam diri manusia.

Pengertian Interaksi Sosial

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial yaitu sebuah hubungan timbal balik berupa aksi yang dapat mempengaruhi dan dipengaruhi antar individu, individu dengan kelompok dan antar kelompok.

Didalam hubungan timbal balik ini melibatkan aspek sosial dan kemanusiaan kedua belah pihak baik seperti emosi, fisik maupun kepentingan. Didalam interaksi ini, salah satu pihak memberikan sebuah aksi dan pihak lainnya memberikan respon atau aksi balik. Contohnya seperti yang kita petani singkong dan penjual kripik tadi, seorang ibu yang mendongeng untuk anaknya, debat presiden dan lain sebagainya.

Ciri Ciri Interaksi Sosial

ciri ciri interaksi sosial

Didalam sebuah ruang kelas, terdapat anak yang sedang menyapu, sedangkan yang lainnya sedang sibuk dengan kesibukan masing-masing. Untuk case tersebut belum bisa dibilang interaksi sosial karena tidak ada aksi dan reaksi dari anak yang sedang nyapu dan anak lainnya. Maka dari itu ada pendapat dari Charles P Loomis, tentang sebuah hubungan bisa dibilang interaksi sosial jika memenuhi ciri ciri berikut ini.

  1. Terdapat pelaku minimal dua orang atau lebih
  2. Ada sebuah dimensi waktu yang menyangkup masa lalu, saat ini dan yang akan datang
  3. Terdapat komunikasi menggunakan simbol atau lambang antar pelaku
  4. Ada sebuah tujuan yang ingin dicapai sebagai hasil dari interaksi tersebut

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Interaksi sosial menurut Soerjono Soekanto, tidak akan terjadi jika tidak ada 2 syarat yaitu kontak dan komunikasi. Berikut ini penjelasan lengkap terhadap 2 syarat tersebut sehingga bisa tercipta interaksi sosial.

Kontak Sosial

Menurut sosiologi, pengertian kontak sosial ini adalah bersama-sama menyentuk baik lewat hubungan atau interaksi fisik maupun nonfisik. Contoh hubungan nonfisik seperti lewat radio, telfon, massanger dan lain sebagainya. Sifat kontak sosial ada yang positif atau negatif dan ada yang primer atau sekunder.

Kontak sosial yang bersifat positif akan mengarah ke sebuah kerjasama dan kesepakatan dan sebaliknya yang bersifat negatif akan mengarah ke sebuah konflik atau pertentangan. Contoh kontak sosial positif seperti pemilik toko dengan sales, dimana sales dituntut untuk menjual dan menaruh barangnya di toko, dan pihak tokopun merasa terbantu karena tidak mengeluarkan modal untuk membeli barang tersebut.

Kontak sosial primer ini maksudnya sebuah kontak sosial yang terjadi ketika para peserta interaksi bertemu secara langsung. Contoh kontak sosial primer seperti guru yang bertatap muka secara langsung dengan siswa saat dikelas, manager yang sedang breafing secara langsung anak buahnya dan lain sebagainya.

Komunikasi

Syarat terjadinya interaksi sosial yang kedua yaitu komunikasi, dimana hal terpenting didalam komunikasi yaitu menafsirkan perilaku entah dalam bentuk pembicaraan, gerakan fisik dan perasaan yang disampaikan. Contoh komunikasi didalam interaksi sosial ini seperti seseorang yang mendapatkan sebuah bingkisan, secara tidak langsung dia akan memikirkan siapa pengirimnya, maksudnya mengirim bingkisan itu apa. Kumpulan pertanyaan tersebut merupakan sebuah reaksi dan penafsiran penerima bingkisan.

Dalam melakukan komunikasi terdapat unsur unsur yang perlu Anda ketahui, berikut ini unsur unsurnya.

  1. Komunikator atau orang yang yang menyampaikan pesan, perasaan, pikiran kepada orang atau pihak lain.
  2. Komunikan atau orang atau pihak yang dikirimi atau menerima pesan, pikiran atau perasaan.
  3. Pesan yaitu suatu hal yang disampaikan oleh komunikator berupa informasi, perasaan dan intruksi.
  4. Media atau alat untuk menyampaikan pesan, bisa berupa lisan, gambar, video dan tulisan.
  5. Efek atau sebuah perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan setelah mendapatkan pesan yang disampaikan komunikator.

Penutup

Gimana sahabat Jev Edukasi Online, sekarang sudah mengerti dan faham materi sosiologi tentang interaksi sosial kan? Materi diatas lengkap menjabarkan dari hakikat, pengertian, ciri ciri hingga syarat terjadinya interaksi sosial. Syarat terjadinya interaksi sosial sudah kami bahas diatas, terdapat 2 syarat yaitu kontak sosial dan komunikasi.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Penyebab Kelangkaan

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read