Menu
Media Informasi Keuangan

Ini Penyebab Hilangnya Channel Youtube Calon Sarjana

  • Bagikan

Kabarin.co.id, Jakarta – Setelah sempat heboh lantaran kasus plagiarisme konten, Channel Youtube Calon Sarjana tiba-tiba menghilang.

Seperti yang diketahui, channel Youtube Calon Sarjana pertama kali dilaporkan menghilang pada Rabu (22/1/2020) malam.

Namun pada hari Kamis (23/1/2020) channel tersebut kembali lagi pasca mengubah nama channel Calon Ilmuwan yang juga masih saudara menjadi Calon Sarjana.

Terkait dengan hilangnya channel tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ikut angkat bicara.

Plt Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, menyebut jika dihapusnya channel Youtube Calon Sarjana bukan permintaan dari pihak Kominfo.

“Ternyata di-suspend oleh Youtube karena pelanggaran HAKI. Akun Calon Sarjana banyak menggunakan thumbnail video milik akun lain di luar negeri secara tanpa izin. Jadi bukan atas permintaan Kominfo,” kata Ferdinandus seperti dikutip dari detikINET, Kamis (23/1/2019).

Keterangan serupa juga diungkap oleh JT, Youtuber yang beberapa waktu lalu mengungkap praktek plagiarisme Calon Sarjana pasca kontennya ditiru.

Terlepas dari itu, JT juga melihat beberapa video Calon Sarjana yang lain, meniru konten buatan Youtuber yang lain. Ia pun langsung mengontak beberapa Youtuber yang kontennta di jiplak oleh Calon Sarjana melalui Twitter.

“Jadi saya adalah salah satu strike, dan tentu saja butuh tiga strike untuk menghapus akun, dan saya salah satunya,” ucap JT dalam videonya.

“Saya kemudian mengontak setiap YouTuber yang videonya dicuri lewat Twitter. Saya mengirimkan mereka link dan memberitahu apa yang harus dilakukan, dan sepertinya dua dari mereka mengirimkan strike,” imbuhnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *