Menu
Media Informasi Keuangan

Heboh Pemakaman Covid-19 Sesuai Protap, Ini Kata Gugus Tugas

  • Bagikan

Kabarin.co.id, Muarabulian – Masyarakat yang berada di kawasan Kabupaten Batanghari dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto yang menampilkan pemakaman warga pematang 5 Suku, Kecamatan Muara Tembesi dengan memakai protap Covid-19, Kamis (30/4/2020).

Dijelaskan oleh juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Batanghari, dr Elfie Yennie, almarhum merupakan seorang laki-laki dengan inisial TJ berusia 22 tahun, dinyatakan meninggal sore kemarin di RSUD Banyuasin Sumsel.

Elfie menyebut, menurut dari surat kematian yang sudah dikeluarkan oleh pihak rumah sakit, penyebab dari kematian pasien ialah gagal nafas dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Menurut surat kematian yang dikeluarkan RS, penyebab kematian adalah gagal nafas dengan status PDP (Pasien Dalam Pengawasan), menurut aturan, PDP harus dimakamkan sesuai protokol Covid-19,”kata Elfie seperti dikutip dari jambiekspres.co.id.

Lebih lanjut, Elfie juga menambahkan bahwa lantaran tidak memungkinkan untuk dimakamkan di Banyuasi, maka selanjutnya jenazah dibawah ke Batanghari serta dimakamkan pada tempat asalnya di Pematang 5 Suku.

Dikarenakan koordinasi yang baik diantara pihak pemerintah kecamatan dan desa, dan juga didukung oleh Gugus Tugas Covid-19 dan masyarakat, maka pemakaman bisa terlaksana sebagaimana mestinya.

Elfie menyebut jika sebelumnya pemulasaran jenazah sudah dilakukan sesuai prosedur Covid019. Tindakan tersebut dilakukan di RSUD Banyuasin, sehingga untuk tahap selanjutnya, jenazah sudah siap untuk dimakamkan.

“Sebelumnya sudah dilakukan pemulasaran jenazah sesuai prosedur Covid-19 di RSUD Banyuasin sehingga siap untuk dimakamkan dì Batanghari.” tandas Elfie.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *