Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Hakikat Sosiologi

1 min read

hakikat sosiologi

Kali ini Jev Edukasi Online akan membahas materi di Kelas 10 SMA dan MA mengenai hakikat sosiologi. Sebelum membahas lebih mendalam materi ini sedikit tambahan tentang apa itu ilmu dan pengetahuan. Ilmu adalah kumpulan pengetahuan yang ilmiah dan dapat di di sistematiskan langkahnya, setelah itu dapat dipahami oleh orang lain secara mendalam. Sedangkan pengetahuan yaitu kesan didalam pikiran manusia yang merupakan hasil pengamatan dari panca indra atau segala sesuatu yang dilakukan dari bermacam macam sumber.

Mengapa Anda perlu mengetahui pengertian dari ilmu pengetahuan sebelum belajar tentang hakikat sosiologi? Karena materi ini erat hubungannya dengan ilmu pengetahuan.

Daftar MATERI  “Sosiologi Sebagai Ilmu Kemasyarakatan”

Hakikat Sosiologi

Mungkin di benak Anda ketika mempelajari tantang materi ini banyak pertanyaan, dari apa itu sosiologi, apa yang dipelajari dalam sosiologi, dan apa saja yang dikerjakan oleh seorang sosiolog. Beberapa pertanyaan dibenak Anda akan terjawab dengan membaca tuntas materi hakikat sosiologi berikut ini yang mengupas pengertian, objek, contoh hingga ide yang mendasar.

Pengertian Sosiologi

Sosiologi adalah sebuah studi sistematis mengenai perilaku sosial individu, cara kerja kelompok sosial, hingga pengaruh budaya dan masyarakat terhadap perilaku individu dan kelompok.

Anda pernah membaca berita tentang contoh penyimpangan sosial yang terjadi ditengah masyarakat? dari berita tersebut kita langsung bertanya secara tersirat seperti apa latar belakangnya, dimana latarnya dan lain sebagainya. Dari peristiwa penyimpangan sosial tersebut kita langsung mencoba untuk menelusuri dari keluarga, tingkat pendidikan, circle kelompoknya dan lain sebagainya. Setelah melakukan penelusuran tersebut Anda langsung menemukan banyak hal yang rasional seseorang yang melakukan penyimpangan tersebut. Nah, tanpa kita sadari dengan berfikir secara sistematis dan analitis tersebut kita telah menjadi seorang sosiolog.

Ilmu Sosiologi

Pengertian ilmu sosiologi adalah berasal dari bahasa latin dan yunani, socius (kawan) dan logos (kata) yang berarti suatu ilmu yang berbicara tentang masyarakat.

Titik fokus dari sosiologi yaitu hubungan antar manusia dan proses yang timbul didalam masyarakat akibat hubungan tersebut. Sehingga banyak hal yang dapat kita gali dan dijadikan ilmu pengetahuan dari hubungan antar manusia ditengah masyarakat.

Objek Sosiologi

Dalam ilmu sosiologi yang menjadi objek utama studi adalah manusia yang hidup bersama-sama. Manusia telah hidup sekian lama hidup berdampingan dibumi sehingga banyak hal yang dihasilkan seperti aturan pergaulan dan membuntuk suatu budaya.

Ide Mendasar Dalam Sosiologi

Kita telah mempelajari banyak hal diatas, setidaknya ada konsep atau ide yang mendasar yang telah disepakati banyak sosiolog tentang objek sosiologi. Berikut ini 2 ide atau konsep yang mendasar yang telah disepakati oleh banyak sosiolog tersebut.

  1. Masyarakat dan sosial setting lainnya merupakan hasil karya atau produk manusia
  2. Masyarakat dapat mempengaruhi dan membentuk perilaku manusia

Penutup

Sekarang sahabat Jev Edukasi Online telah faham kan mengenai materi diatas tentang hakikat sosiologi? Ilmu pengetahuan dengan materi diatas memang erat kaitannya sehingga dapat membentuk suatu ide atau konsep yang mendasar. Semoga materi diatas bisa bermanfaat buat Anda, dan bisa mencoba banyak latihan contoh soal sosiologi lainnya agar lebih faham. Selain itu juga Anda bisa belajar materi lanjutan dari bab ini yaitu mengenai kedudukan ilmu sosiologi lengkap.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Penyebab Kelangkaan

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read