Categories: Kredit Motor

Gimana Fidusia Melindungi Urusan Susah Bayar Kredit Kendaraan Bermotor

tempatpinjamuang-Dodi terkejut di saat sebuah hari ada pihak yang tiba ke rumahnya dan mengaku selaku perwakilan resmi dari pihak leasing. Mereka bermaksud menawan motor Toro yang sudah 3 bulan menunggak cicilan.

tempatpinjamuang-Pada mulanya Dodi merasa keberatan dan menolak sanksi penarikan tersebut. Namun para petugas resmi tersebut menerangkan klausa fidusia yang tercantum dalam dokumen perjanjian kredit.

tempatpinjamuang-Sayangnya motor sukses ditarik oleh pihak leasing, meninggalkan Dodi yang terdiam merenungi nasib.

tempatpinjamuang-Setelah tragedi yang mengagetkan tersebut, Dodi secepatnya mencari gunjingan wacana fidusia untuk menghalau kegalauannya yang sudah hingga tingkat kecamatan.

[Baca: Ini Aturan Kredit Kendaraan Bermotor yang Jarang diketahui]  

Apa Itu Fidusia?

Menurut Undang-Undang No.42 Tahun 1999, fidusia yakni pengalihan hak kepemilikan sebuah benda atas dasar keyakinan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda.

Fidusia Wajib atau Gak?

tempatpinjamuang-Pertanyaan yang lalu timbul adalah, bahwasanya fidusia itu wajib ada di dalam perjanjian kontrak kredit kendaraan atau gak sih?

tempatpinjamuang-Ya jawabannya terperinci wajib dong! Fidusia ini kan berfungsi melindungi hak kedua belah pihak, pelanggan dan perusahaan pembiayaan.

Pasal 2 PMK (Peraturan Menteri Keuangan) No. 130/PMK.010/2012, menyebutkan bahwa Perusahaan Pembiayaan wajib mendaftarkan jaminan fidusia pada Kantor Pendaftaran Fidusia paling usang 30 (tiga puluh) hari kalender terhitung sejak tanggal perjanjian pembiayaan konsumen.

Manfaat Fidusia Saat Terjadi Gagal Bayar

tempatpinjamuang-Dalam tentang kredit kendaraan bermotor, tragedi gagal bayar selama berbulan-bulan seumpama yang terjadi pada Dodi niscaya sesuatu yang gak diperlukan terjadi.

 

Sabar mas, sabar! Orang sabar dicinta pacar loh

 

tempatpinjamuang-Tapi, siapa sih yang tahu gimana hari esok, ya kan? Nah, di sinilah faedah dari perjanjian fidusia tersebut.

tempatpinjamuang-Kamu pernah gak mendengar wacana Mata Elang? Mereka yakni orang-orang yang jasanya digunakan oleh pihak leasing. Buat apa sih?

tempatpinjamuang-Saat pihak leasing merasa sudah tertekan dan kesusahan menagih para debitur secara prosedural tetapi tetap membandel.

tempatpinjamuang-Pihak pembiayaan kendaraan bermotor umumnya akan menggunakan jasa para Mata Elang saat:

tempatpinjamuang-1. Debitur sudah mulai kabur-kaburan gak terperinci alias sulit dijumpai dan ditagih

tempatpinjamuang-2. Kendaraan yang masih dalam cicilan berjalan, eh malah sudah dijual dan gak terperinci keberadaannya.

tempatpinjamuang-3. Terjadi penggadaian kendaraan

tempatpinjamuang-4. Kendaraan gak dapat dilacak keberadaannya

tempatpinjamuang-Coba bayangkan, tanpa jaminan fidusia, sanksi dapat dijalankan dengan cara kekerasan. Keselamatan serta ketentraman pelanggan dapat terganggu loh dengan agresi Mata Elang.

[Baca: Jurus Jitu Menghindari Mata Elang untuk Cicilan Kredit Kendaraan Bermotor yang Macet]

tempatpinjamuang-Hal ini dapat dianggap selaku pelanggaran aturan seumpama yang tertulis di KUH Perdata pasal 1365. Konsumen dapat saja menggugat balik leasing.

tempatpinjamuang-Tanpa adanya fidusia, kontrak perjanjian antara pelanggan dengan leasing juga dianggap lemah. Akibatnya apa? Leasing dirugikan, alasannya gak dapat menjerat debitur yang ‘nakal’ dengan UU No.42 Tahun 1999 wacana Jaminan Fidusia.

 

Wah rame nih mas warungnya, komisi gede dong! 

Bagaimana Solusi Kasus Gagal Bayar yang Tidak Dijaminkan Fidusia

tempatpinjamuang-Kenyataannya banyak loh kredit kendaraan bermotor yang gak dilindungi dengan perjanjian fidusia. Gimana solusinya bila problem gagal bayar terjadi? Tenang, gak usah panik! Ada dua hal yang bisa dijalankan :

1. Konsultasi dengan pihak leasing

tempatpinjamuang-Jangan kelewat kalut dan paranoid. Gak ada kendala yang gak ada jalan keluarnya. Termasuk soal permasalahan di saat terjadi kesusahan keuangan yang mempunyai pengaruh gagal bayar angsuran kendaraan.

tempatpinjamuang-Lebih baik jujur dan utarakan masalahnya ke pihak leasing. Bernegosiasi soal penjadwalan ulang kredit dan nominalnya semisal.

2. Melibatkan pihak ketiga

tempatpinjamuang-Saat kenyataannya gak ada kontrak dengan pihak leasing, libatkan pihak ketiga. Siapa? Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) atau Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) misalnya.

[Baca: Kadang Besaran Cicilan Kredit Motor Murah Bisa Bikin Kita terkecoh]

 

Jadi pelanggan mesti pandai dan bijak, jangan inggih-inggih aja ya! 

tempatpinjamuang-Jadi, pastikan kredit kendaraan bermotor kau dilindungi dengan perjanjian fidusia ya! Be a smart consumer!

Pastikan kendaraan bermotor kau juga terlindungi dengan asuransi.

Mau tahu preminya? Isi Kalkulator tempatpinjamuang berikut!

Tags: kredit motor
rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago