Menu
Media Informasi Keuangan

Gandeng Bukalapak, Pemerintah Dorong Santri Jadi Pengusaha

  • Bagikan

Kabarin.co.id, Jakarta – Saat ini pemerintah terus melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia 9SDM), tidak terkecuali juga pada lingkungan pesantren.

Salah satu langkah yang diwujudkan ialah melalui kerja sama antara Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Agama, dan juga Bukalapak.

Kerjasama tersebut dituangkan pada penandatanganan MoU mengenai peningkatan kapasitas kewirausahaan digital untuk UKM dengan basis pesantren. Tepatnya untuk mengimplementasikan program kemitraan ekonomi umat di Kemenko Perekonomian, Jumat (25/10/2019).

Rudy Salahudin selaku Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan UKM Kemenko Perekonomian, menyebut bahwa program ini mempunyai tujuan untuk mendorong pemerataan pembangunan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain digunakan sebagai wadah lembaga pendidikan dakwh, para santri juga diharap mempunyai pola pikir yang mampu memiliki produk serta bisa bermain tidak hanya di lokal saja, melainkan juga secara global.

“Selama ini kan kita hanya membuat produk-produk itu hanya bermain di lokal tidak bisa masuk ke global. Nah ini yang kita inginkan dengan adanya Bukalapak kita berharap nantinya itu bisa tercapai,” ucap Rudy.

Lebih lanjut, Rudy juga menjelaskan ada beberapa program yang nantinya dilaksanakan. Seperti halnya program pendidikan vokasi, kewirausahaan, dan juga kemitraan usaha.

Dalam hal ini, nantinya pihak Bukalapak akan memberikan fasilitas dan pelatihan melalui program yang disediakan kepada santri, khususnya bagi mereka yang ingin menjadi entrepreneur dan serius untuk berjualan atau bekerja di Bukalapak.

“Untuk santri-santri di Pesantren yang nantinya mau menjadi entrepreneur, itu nanti kita fasilitasi. Dengan kehadiran kita ini diharapkan dapat membantu memfasilitasi mereka entah mereka berjualan, atau mereka menjadi mitra Bukalapak, itulah salah satu tujuan kita disini,” jelas AVP Public Policy and Government Relations Bima Laga.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *