Categories: Utang

Gali Lubang Tutup Lubang Jangan Mau Tercekik, Ini Jalan Keluar Dari Utang

tempatpinjamuang-Gak ada orang yang akan hidup dalam kejaran utang. Memang gak ada yang salah dengan utang. Berutang boleh saja asal sanggup mengurus dan melunasinya.

tempatpinjamuang-Yang jadi masalah, orang seringkali kebablasan. Tanpa penyusunan rencana matang dan refleksi kemampuan, bermacam sokongan hasilnya disikat.

tempatpinjamuang-Gak heran kalau hasilnya utang pun menumpuk. Karena gak bisa bayar dengan pemasukannya, hasilnya gali lubang tutup lubang. Mengambil utang gres untuk menutup utang lama. Mau begitu terus?

tempatpinjamuang-Hidup terlalu singkat cuma buat mengeluarkan duit cicilan. Seharusnya kita mempergunakan waktu yang ada buat berkarya atau mengerjakan sesuatu yang bermanfaat.

tempatpinjamuang-Lantas bagaimana kalau sudah terlanjur terjerat utang menumpuk? Nih jalan keluar dari utang.

Kecekik Cicilan Utang Sebesar Gaji

tempatpinjamuang-Teguh, 35 tahun, merupakan karyawan di bidang marketing. Gajinya yang sebesar Rp 9 juta per bulan sempat menjadikannya lupa diri.

tempatpinjamuang-Begitu memperoleh pekerjaan gres dengan honor segitu, Teguh eksklusif berburu KPR. Harga rumahnya sekitar Rp 450 juta dengan cicilan Rp 3,5 juta selama 15 tahun.

Hidup tanpa utang bermakna sudah erat dengan financial freedom (Penghapus / Waspada) 

tempatpinjamuang-Gak berapa lama, Teguh memperoleh dua kartu kredit pertamanya. Limitnya lumayan, masing-masing Rp 15 juta. Keblinger kemudahannya dan sudah biasa bayar minimum, gak hingga 6 bulan dua kartu kredit tersebut meraih batas kredit. Kadang malah over limit.

tempatpinjamuang-Bingung mencari jalan keluar, seorang kawan menawarinya kredit tanpa agunan (KTA). KTA ini memang tergolong gampang dan cepat cairnya.

tempatpinjamuang-Segeralah beliau mengajukan KTA sebesar Rp 40 juta dengan tenor 3 tahun. Niatnya sih untuk menutup kartu kredit sekaligus untuk modal kerja keras jualan tas online. Tapi begitu KTA cair sebesar Rp 35 juta, Teguh termakan keperluan konsumtif hingga cuma tersisa Rp 6 juta saja.

tempatpinjamuang-Coba kita hitung total utang Teguh

tempatpinjamuang-KPR: Rp 3,5 juta

tempatpinjamuang-Dua kartu kredit (pembayaran minimum): Rp 3 juta

tempatpinjamuang-KTA plus bunga: Rp 1,2 juta

tempatpinjamuang-Total cicilan utang = Rp 7,7 juta

tempatpinjamuang-Sisa honor = Rp 9 juta – Rp 7,7 juta = Rp 1,3 jt

tempatpinjamuang-Jadi dalam sebulan, Teguh cuma punya Rp 1,3 juta untuk bertahan hidup. Belum lagi dana darurat dan sebagainya.

tempatpinjamuang-Teguh juga sudah sering meminjam duit dari kawan dan keluarganya buat bertahan hidup. Makara intinya, teguh cuma bisa mengandalkan gali lubang tutup lubang!

 Utang kok sebesar gaji? Apa bisa hidup tenang? (Rupiah / Rakyatku) 

Apa yang mesti dilakukan?

tempatpinjamuang-Proporsi utang yang melampaui 80% honor sudah bisa ditentukan gak sehat banget. Bukan cuma mengusik pemenuhan kebutuhan, tetapi juga dana masa depan. Harus cepat dicari jalan keluarnya nih sebelum seluruhnya jadi berantakan.

1. Reschedulling

tempatpinjamuang-Walaupun selama ini Teguh sering telat mengeluarkan duit tagihan kartu kredit, tampilan pembayaraannya masih tergolong lancar. Karena keterlambataannya cuma terhitung hari, bukan bulan.

tempatpinjamuang-Tapi jikalau dirasa memberatkan, Teguh bisa mengunjungi bank penerbit untuk membicarakan masalahnya. Dalam dunia perkreditan ada perumpamaan reschedulling, di mana nasabah bisa memohon untuk merubah tagihan regular menjadi tagihan cicilan dengan bunga tetap.

tempatpinjamuang-Konsekuensinya, kartu kredit tersebut nggak bisa dipakai lagi. Setiap bank juga akan mengobrol hukuman berlawanan apabila nasabah masih gagal menyanggupi keharusan bayarnya.

tempatpinjamuang-Dalam kasus Teguh, jikalau Teguh hendak melunasi kartu kreditnya dalam rentang waktu 12 bulan dengan bunga tetap 1%, maka cicilannya merupakan Rp 1.250.000 + Rp 150.000 = Rp 1.400.000.

tempatpinjamuang-Berarti ada sisa bujet cicilan Rp 100 ribu per kartu kredit dibandingkan tata cara cicilan semula.

2. Refinancing

tempatpinjamuang-Cara ini lebih masuk logika untuk Teguh biar dapat dengan cepat melunasi utang-utangnya. KPR refinancing merupakan pengajuan kredit/pinjaman untuk rumah yang sedang dalam masa KPR. Pengajuan refinancing bisa diarahkan ke bank yang di saat ini menanggulangi KPR rumah itu atau bank lain.

 Refinancing jadi cara ampuh buat restrukturisasi utang (Celengan dan Rumah / Usnews) 

tempatpinjamuang-Contohnya, rumah yang dibeli Teguh dua tahun kemudian seharga Rp 450 juta tersebut bisa jadi mengalami peningkatan harga signifikan. Misalnya setelah ditangani penghitungan ulang, ternyata rumah tersebut harganya kini Rp 600 juta.

tempatpinjamuang-Sudah banyak bank yang menampilkan KPR refinancing ini. Sedikit tips, sebisa mungkin untuk memutuskan bank yang menampilkan bunga lebih rendah dari bank sebelum.

tempatpinjamuang-Karena istilahnya, kita sedang mengambil utang gres untuk menutup utang lama. Makara jangan hingga kejebak lubang yang serupa dua kali. 

3. Menjual Aset atau Over Kredit Rumah

tempatpinjamuang-Menjual aset bisa jadi jalan cepat untuk menutup utang tanpa menghasilkan utang baru. Tapi sebisa mungkin jangan hingga pemasaran aset tersebut memengaruhi produktivitas kita.

tempatpinjamuang-Contohnya, jikalau Teguh cuma mengandalkan kendaraan beroda empat untuk transportasi ke kantor, mesti di cek dahulu apakah fasilitas transportasi mendukung untuk mobilitasnya dari dan ke kantor. Kalau tata cara transportasi mendukung, bisa saja Teguh memasarkan mobilnya untuk menutup sebagian utang.

tempatpinjamuang-Jika pemasaran aset gak memungkinkan, Teguh bisa menjajal over kredit rumahnya. Seperti poin refinancing di atas, take over ini bisa jadi menguntungkan alasannya merupakan sudah pasti ada selisih harga rumah pada di saat dahulu pertama dibeli dan sekarang.

tempatpinjamuang-Misalnya, setelah mengenali harga di pasaran, Teguh bertujuan mengover kredit rumahnya seharga Rp 550 juta. Jika ada pembeli yang baiklah membeli, Teguh bisa memperoleh duit tersebut yang dapat dipakai untuk melunasi utang-utangnya (termasuk utang KPR).

 Kalau semua cara gak memungkinkan, bisa dengan memasarkan aset pribadi (Rumah / Spacehistories) 

tempatpinjamuang-Tapi berlawanan dengan refinancing, seandainya ada pembeli yang baiklah untuk take over, Teguh mesti hengkang dari rumah tersebut. Makara sementara mungkin beliau mesti indekost atau mengontrak apalagi dulu.

4. Jangan Ambil KTA lagi

tempatpinjamuang-Sebisa mungkin jangan ambil KTA lagi untuk menutup utang. Pertama, bunga cicilan KTA itu tergolong tinggi. Kedua, Teguh mesti konsentrasi dahulu ke cicilan KTA-nya yang pertama. Makara KTA itu bukan pilihan yang direkomendasikan untuk menutup utang.

tempatpinjamuang-Jangan cuma mengandalkan keempat cara di atas, Teguh juga mesti merubah pola hidup konsumtifnya. Agar terhindar dari tata cara gali lubang tutup lubang, Teguh mesti membiasakan diri untuk menghasilkan bujet dan mengontrol proporsi utang ideal.

Yang terkait postingan ini:

[Baca: Terjerat Utang Kartu Kredit Lebih dari Satu Tahun, OMG, Gimana Dong!]

[Baca: Apa Itu KPR Refinancing Sebenarnya? Kenalan Dulu, Mungkin Bisa Makara Cara Jitu Mengakali Cicilan Rumah]

[Baca: Siasat Biar Enggak Makara Korban Penipuan Berkedok Kredit Tanpa Agunan Berikutnya]

Tags : ,

Tags: Utang
rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago