Fungsi Kuadrat Dalam Rumus Ekonomi

1 min read

Fungsi Kuadrat

Ilmu matematika dikenal secara luas penerapannya dalam segala bidang termasuk Ekonomi. Dalam matematika ekonomi, pendekatan matematis digunakan untuk menganalisis permasalahan ekonomi. Salah satu ilmu matematika yang digunakan adalah fungsi kuadrat. Fungsi kuadrat membantu memahami berbagai masalah ekonomi seperti permintaan, penawaran, jasa, dan besarnya utilitas.

Fungsi Kuadrat

Pengertian fungsi kuadrat merupakan salah satu bentuk persamaan yang mengandung berbagai jenis variabel (fungsi polinom) yang berderajat dua. Pada umumnya, fungsi ini ditulis dalam bentuk f(x) = Ax2+Bx+C. Fungsi ini membentuk sebuah kurva parabola yang bisa digunakan untuk analisa berbagai masalah ekonomi yang memerlukan rumusan matematis.

Permintaan

Dalam ilmu ekonomi, salah satu penerapan persamaan kuadrat adalah Fungsi Permintaan. Pada Fungsi Permintaan, terdapat hubungan antara kuantitas barang/jasa dengan harga. Untuk menggambarkan hubungan ini, sebagian besar Ekonom menggunakan fungsi kuadrat dalam proses perumusannya sehingga di dapatkan persamaan sederhana seperti P = a – bQ.

Penawaran

Fungsi Penawaran adalah menunjukkan hubungan antara harga (P) dan jumlah barang (Q). Dalam hubungan ini, harga dan jumlah barang yang ditawarkan selalu linear. Sehingga, untuk menyelesaikan sebuah rumus fungsi penawaran, para Ekonom selalu menggunakan persamaan kuadrat dikarenakan penyelesaiannya yang lebih mudah dibandingkan persamaan lain dalam matematika.

Pasar

Keseimbangan pasar merupakan gabungan fungsi permintaan dan fungsi penawaran dimana fungsi penawaran sama dengan fungsi penawaran. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, para Ekonom menggunakan sifat-sifat persamaan kuadrat untuk menyederhanakannya. Sehingga, di dapatkan nilai harga atau jumlah barang yang ditawarkan.

Utilitas

Fungsi utilitas merupakan sebuah fungsi yang menjelaskan tingkat kepuasaan atau kegunaan sebuah barang yang di dapatkan oleh konsumen. Biasanya, semakin banyak barang yang di konsumsi, tingkat kepuasannya semakin meningkat. Sehingga, utilitas total biasanya digambarkan dalam bentuk parabolik. Untuk menyelesaikan kurva parabolik, Anda dapat menggunakan persamaan kuadrat.

Penutup

Fungsi kuadrat menjadi penting dalam dunia analisa dikarenakan sifat-sifat pengerjaannya dapat menyederhanakan masalah yang begitu kompleks. Jika Anda ingin memperdalam pengetahuan Anda tentang materi ini, Anda dapat mencarinya di internet atau di buku-buku pelajaran.

Avatar

Persamaan Garis Lurus

Avatar admin
1 min read

Pola Bilangan 

Avatar admin
1 min read

Rumus Trapesium

Avatar admin
1 min read