Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Fungsi Invers

1 min read

fungsi invers

Salah satu materi ilmu Matematika yang pernah kita pelajari adalah Fungsi Invers. Fungsi Invers merupakan keterbalikan dari sebuah rumusan fungsi. Secara sederhana, sebuah fungsi bertujuan untuk memetakan anggota suatu himpunan A ke B. Namun, fungsi keterbalikan memetakan anggota himpunan B ke A. Fungsi ini sering dinyatakan dalam bentuk f-1(x).

Fungsi Invers

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering sekali melihat dan merasakan penerapan ilmu matematika, terlebih jika berbicara soal fungsi invers. Terdapat beberapa contoh penerapan fungsi ini dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin kalian tidak sadari. Maka dari itu, kami memberikan 2 contoh penerapan fungsi ini dalam kehidupan sehari-hari.

Penggunaan Lift

Dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari terutama pada daerah perkantoran dengan tingkatan lantai yang banyak, Anda akan menggunakan lift untuk mencapai lantai tujuan Anda. Dengan menggunakan lift, Anda dapat menghemat tenaga dan waktu. Namun, tahukah Anda jika lift ternyata menggunakan konsep fungsi ini.
Seperti yang kita tahu, lift bekerja dengan cara menaikkan dan menurunkan orang di dalamnya. Ini merupakan konsep fungsi keterbalikan. Perpindahan orang naik adalah keterbalikan orang yang turun. Jika Anda menginginkan untuk berada di lantai 8 dari lantai 1, maka Anda dapat menekan tombol lantai 8. Namun, jika Anda menginginkan untuk turun dari lantai 8 ke lantai 1, Anda cukup menekan 1.

Hukum Permintaan dan Penawaran

Selain penggunaan lift, ternyata fungsi ini dapat di terapkan dalam konsep hukum permintaan dan penawaran. Permintaan dan penawaran menentukan harga dan kuantitas barang yang dijual di pasaran. Hukum penawaran dan permintaan pada hakekatnya, bersifat linear. Artinya, jika permintaan semakin naik, penawaran harga barang semakin naik.

Lebih jelasnya, konsep ini menggunakan konsep fungsi invers. Ketika sebuah barang mengalami permintaan yang banyak, namun kuantitasnya sedikit di pasaran, dengan konsep fungsi keterbalikan, maka hasilnya adalah harga barang menjadi naik. Begitu juga ketika permintaan barang sedikit, namun kuantitas barang banyak, maka harga jual barang menjadi murah.

Penutup

Masih banyak penerapan fungsi keterbalikan di dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat mempelajari lebih lanjut untuk mengetahui fenomena apa saja yang menggunakan konsep ini. Untuk lebih jelas, menonton video ataupun membaca buku dapat menjadi sarana Anda untuk belajar konsep ini.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Bangun Datar

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Limit Tak Hingga

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read