Menu
Media Informasi Keuangan

Fungsi Dan Kegunaan Baking Powder

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Meski sudah tidak asing, namun masih belum banyak orang yang tahu Fungsi Dan Kegunaan Baking Powder. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk mengulasnya.

Nah, ketika anda hendak membuat kue ataupun roti, acapkali memerlukan baking powder. Bubuk putih ini merupakan pengembang yang mempunyai fungsi untuk mengembangkan adonan kue atau cake.

Saat cara penggunaan baking powder sudah benar dan sesuai takaran, maka kita bisa memperoleh hasil kue yang lezat dan teksturnya lebih empuk.

Akan tetapi, sejauh mana kita sudah mengenal baking powder? Tidak sedikit orang yang masih bingung dengan nama baking powder dan baking soda.

Bahkan banyak yang keliru sudah menggunakan kedua bahan tersebut. Sehingga hasil adonan kue pun tidak maksimal. Yuk kita kenali apa itu baking powder.

Fungsi Dan Kegunaan Baking Powder

Yang membedakan antara baking powder dan baking soda ialah tekstur dan juga cenderung mempunyai rasa netral. Baking powder tidak pahit, beda dengan baking soda yang harus diimbangi dengan bahan kue mengandung asam.

Terdapat dua jenis baking powder yang perlu kita ketahui. Umumnya dikenal dengan single acting dan double acting. Jika kita menggunakan single acting, maka harus segera memanggang adonan yang sudah dibuat.

Pasalnya, baking powder single acting diaktifkan oleh cairan dan akan langsung bekerja membentuk gas jika bertemu dengan adonan.

Sedangkan untuk double acting, penggunaannya aktif dua kali, yakni ketika proses pembuatan adonan dan juga ketika dipanggang.

Dengan kata lain, baking powder jenis ini bertahan beberapa saat hingga masuk pada proses dipanggang atau dimasak.

Fungsi Dan Kegunaan Baking Powder

Penggunaan baking powder bisa membantu kita dalam membuat kue, sehingga bisa mengembang dengan sempurna dan juga tekstur lebih halus dan lembut.

Intinya, fungsi dari baking powder ini sebagai pengembang kue. Namun bukan berarti kita bisa bebas menggunakan bahan ini tanpa takaran. Pasalnya, jika kue terlalu mengembang, justru teksturnya akan rusak.

Umumnya, kita hanya perlu memakai 1/4 sdt baking powder untuk setiap 250 gram tepung terigu yang digunakan dalam adonan.

Penting pula untuk diketahui, baking powder harus disimpan pada tempat yang sejuk dan kering. Hindari penyimpanan pada tempat yang hangat ataupun panas.

Sebab jika sudah lebih dari enam bulan, terhitung sejak kemasan dibuka, maka akan lebih baik tidak dipergunakan lagi. Hal tersebut dikeranakan fungsinya sudah berkurang.

Poin penting lainnya ialah terkait dengan penggunaan. Akan lebih baik jika baking powder dicampur terlebih dahulu dengan tepung terigu serta bahan kering lainnya sebelum dijadikan bahan adonan yang ditambah air.

Intinya, jangan larutkan baking powder dengan bahan cairan, namun dengan beberapa bahan kering terlebih dahulu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *