oleh

Faktor Yang Mempengaruhi Sebaran Flora dan Fauna

Penyebaran makhluk bumi tidak merata tergantung pada beberapa faktor seperti kesuburan tanah, iklim, suhu udara, keadaan air, ketinggian tempat dari permukaan laut. Kali ini kami akan mengupas tuntas faktor yang mempengaruhi sebaran floran dan fauna secara lengkap dan mendalam.

Faktor Yang Mempengaruhi Sebaran Flora dan Fauna

Anda tau hutan mangrove, apa yang Anda bayangkan ketika melihat hutan tersebut? Tumbuhnya hutan bakau dipengaruhi oleh pasang dan surutnya air laut dan bermanfaat untuk menjaga pantai dari abrasi.

Nah hutan bakau tersebut sebuah contoh dari penyebaran makhluk hidup di bumi, didalam penyebaran floran dan fauna dipengaruhi oleh fakor fisik dan nonfisik.

Faktor Fisik

Penyebaran flora dan fauna yang dipengaruhi faktor fisik ini terbagi atas iklim, tanah dan relief muka bumi.

Iklim

Faktor iklim yang penting bagi pertumbuhan jenis tumbuhan antara lain suhu, sinar, angin, kelembapan dan susunan udara. Suhu yang tinggi dapat menyebabkan asimilasi asam arang dan transpirasi sehingga sangat berpengaruh terhadap rumah tangga air pada tumbuhan. Faktor iklim atau bioklimatologi yang mempengaruhi penyebaran tumbuh tumbuhan dunia antara lain sebagai berikut.

Suhu

Keadaan temperatur di muka bumi ini berbeda-beda dikarenakan dipengaruhi intensitas sinar matahari. Semakin tinggi intensitas sinar matahari maka semakin tinggi pula variannya, sebaliknya semakin rendah intensitas sinarnya maka tumbuhan yang tumbuh sedikit bahkan tidak tumbuh.

Kelembapan

Jumlah kandungan air atau kelembapan udara sangat mempengaruhi penyebaran tumbuhan, semakin lembab maka jenis tumbuhan semakin beragam, dan sebaliknya semakin kering tumbuhan yang tumbuh sedikit.

Angin

Alat transportasi untuk memindahkan uap air dari satu tempat ke tempat lain yaitu angin, sehingga angin memiliki peran yang penting dalam penyebaran tumbuhan di muka bumi.

Curah Hujan

Tidak ada makhluk hidup yang tidak memerlukan air untuk tumbuh, sehingga tumbuhnya tanaman di darat sangat dipengaruhi sumber air utama.

Tanah

Faktor yang mempengaruhi persebaran kedua yaitu tanah, karena tanaman darat tanah menjadi media tanam. Sifat fisik tanah yang mempengaruhi peryumbuhan flora antara lain tekstur, struktur, kadar udara, air, suhu tanah kadar kimiawi dan unsur biologi tanah.

Relief Muka Bumi

Contoh didalam sebuah gunung, permukaan relief berupa gunung yang membelakangi matahari, atau dibagian yang tidak tersentuh matahari maka akan lebih lembab dan sejuk. Sehingga faktor relief bumi ini menjadi faktor yang sangat mempengaruhi persebaran flora atau tumbuhan.

Faktor Nonfisik

Faktor fisik atau biotik ini dibedakan atas tumbuhan, binatang, dan manusia dan faktor yang memiliki pengaruh terbesar yaitu manusia. Kenapa demikian, karena manusia dapat mengubah seluruh pertumbuhan dari penebangan, pengairan, pemupukan hingga penanaman kembali.

Penutup

Itulah tadi materi Ilmu Pengetahuan Alam yang membahas tentang faktor yang mempengaruhi sebaran flora dan fauna. Dari pemaparan diatas sudah jelas faktornya terbagi menjadi dua yaitu faktor fisik dan nonfisik.