Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Elastisitas Permintaan dan Penawaran

2 min read

Elastisitas Permintaan dan Penawaran

Setelah Anda mempelajari materi sebelumnya mengenai pengertian, hukum dan macam macam permintaan dan penawaran. Nah kali ini Jev Edukasi Online akan membahas materi lanjutan tersebut mengenai elastisitas permintaan dan penawaran. Berikut ini pengertian, rumus, contoh, jenis, hingga faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan dan penawaran.

Elastisitas

Anda masih ingat tentang hukum permintaan dan penawaran yang menyatakan mengenai kenaikan harga akan menurunkan kuantitas permintaan. Dari hukum tersebut akan ada pertanyaan, sebesar apasih peningkatan kuantitas yang ditawarkan? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus memahami tentang konsep elastisitas.

Pengertian Elastisitas

Elastisitas adalah suatu bilangan yang memberikan informasi tentang persentase perubahan yang terjadi pada suatu variabel sebagai reaksi terhadap perubahan variabel lainnya.

Didalam permintaan dan penawaran, kita akan membahas tentang elastisitas dari harga permintaan dan elastisitas dari penawaran.

Elastisitas Permintaan

Didalam hukum permintaan yang menyatakan jika harga mengalami kenaikan maka berdampak dengan kuantitas yang diminta akan menurun. Contoh kongkritnya semisal harga tiket dinaikkan menjadi 60% berapa besarsih penurunan permintaannya, begitu sebaliknya jika harga diturunkan berapasih kenaikan permintaannya?

Nah berikut ini pengertian, contoh hingga faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan itu sendiri.

Pengertian Elastisitas Permintaan

Elastisitas permintaan adalah sebuah ukuran yang mengukur besaran perubahan kuantitas atau derajat kepekaan terhadap perubahan suatu harga.

Agar dapat melihat derajat kepekaan permintaan perubahan harga, maka perlu digunakannya koefisien elastisitas permintaan. Rumus Koefisien elastisitas permintaan tersebut diukur dari persentase kuantitas yang diminta dibagi dengan persentase perubahan harga.

Macam Macam Elastisitas Permintaan

Terdapat banyak macam macam jenis elastisitas permintaan, semua tergantung dengan koefisien elastisitas permintaan yang dihasilkan. Berikut ini macam macam jenis elastisitas permintaan yang perlu Anda ketahui dan pahami.

Permintaan Elastis

Jika nilai absolut koefisien elastisitas permintaan yang dihasilkan lebih besar dari satu maka akan terjadi permintaan elastis. Banyak orang juga yang menyebut bahwa permintaan elastis ini sebagai permintaan yang peka tentang perubahan harga.

Permintaan Inelastis

Jenis elastisitas pemintaan ini bisa terjadi jika koefisien elastisitas pemintaan yang dihasilkan lebih kecil dari satu atau absolut. Banyak orang juga yang menyebut permintaan inelastis ini sebagai permintaan yang kurang peka terhadap perubahan harga.

Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Permintaan

Setelah Anda mempelajari materi diatas, dari pengertian hingga macamnya, nah ternyata terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan. Berikut ini 4 faktor yang mempengaruhi elastisitas pemintaan yang perlu Anda ketahui dan pahami.

Ketersediaan Barang Substitusi

Maksud dari barang substitusi ini ialah barang yang bisa menggantikan peran barang yang digantikan. Perlu Anda ketahui jika semakin tinggi ketersediaan barang substitusi, maka permintaan barang yang digantikan akan semakin elastis.

Jenis Kebutuhan

Faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan yang kedua yaitu jenis kebutuhan, mengapa demikian? Contohnya walaupun tarif dokter meningkat, jasa dokter yang diminta tidak akan pernah menurun, hal tersebut dikarenakan kebutuhan di masyarakat.

Luas Pasar

Faktor ketiga yaitu luasnya pasar, jika pasarnya kecil, maka permintaan cenderung lebih inelastis dibandingkan jika pasarnya besar atau luas. Hal tersebut terjadi karena dengan pasar yang luas maka pembeli atau konsumen bisa lebih mudah untuk menemukan barang penggantinya.

Jangka Waktu

Faktor terakhir yang mempengaruhi elastisitas permintaan terakhir yaitu jangka waktu. Contoh nyatanya dilapangan semisal jika jarak kebutuhan membeli barang itu waktunya lebih lama, maka permintaan barang akan cenderung elastis. Hal tersebut terjadi karena konsumen bisa mencari barang penggantinya untuk menghindari barang yang harganya naik.

Elastisitas Penawaran

Di dalam hukum penawaran, kita tahu bersama bahwa kuntitas yang ditawarkan akan berkaitan dengan perubahan pada suatu barang. Namun yang terjadi kita tidak mengetahui seberapa besar sih perubahan kuantitas yang ditawarkan dari akibat perubahan harga tersebut. Untuk mengetahui hal tersebut, kita harus memahami konsep dari elastisitas penawaran.

Pengertian Elastisitas Penawaran

Elastisitas Penawaran adalah suatu ukuran yang menunjukkan persentase terhadap perubahan kuantitas yang ditawar karena perubahan suatu harga barang. Rumus elastisitas penawaran ialah persentase perubahan kuantitas yang ditawar dibagi dengan persentase perubahan harga.

Macam Macam Elastisitas Penawaran

Sama halnya dengan elastisitas permintaan, elastisitas penawaran juga terdapat banyak macam dari jenis elastisitas ini. Berikut ini 5 macam macam jenis elastisitas penawaran, antara lain.

  1. Elastis
  2. Inelastis
  3. Sebanding (Uniter)
  4. Elastis Sempurna
  5. Inelastis Sempurna

Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran

Setelah Anda mengetahui dan memahami pengertian dan macam dari elastisitas penawaran, barikut ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi. Terdapat 2 Faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran yaitu jenis produk dan perubahan biaya produksi.

Penutup

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai materi elastisitas permintaan dan penawaran yang terdapat pada materi kelas X SMA atau MA sederajat. Materi diatas sudah lengkap membahas dari pengertian, macam, hingga faktor apa saja yang mempengaruhi elastisitas permintaan maupun penawaran. Agar Anda lebih memahami materi ini, kami sarankan untuk sering banyak latihan contoh soal elastisitas permintaan dan penawaran.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read