Menu
Media Informasi Keuangan

Daftar Manfaat Daun Anting-Anting Bagi Tubuh

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Membahas tentang Daftar Manfaat Daun Anting-Anting Bagi Tubuh, mungkin sudah tidak asing bagi sebagian orang. Sebab herba yang satu ini sudah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional.

Secara dasar, tidak semua orang tahu dengan tanaman liar yang tergolong herba ini. Sebab kebanyakan anting-anting tidak dibudidaya, melainkan tumbuh pada semak belukar yang terbengkalai.

Akan tetapi, siapa yang menyangka jika tanaman liar ini mempunyai segudang manfaat bagi tubuh. Khususnya di dunia kesehatan, yang saat ini dilanda dengan pandemi virus corona.

Bagian apa saja yang sering dijadikan obat? Bertanya pada para penjual jamu keliling, penggunaan tanaman anting-anting mencakup semua bagian. Mulai dari akar, batang, daun, hingga bunganya.

Daftar Manfaat Daun Anting-Anting Bagi Tubuh

Nah, untuk mempersingkat waktu, berikut beberapa manfaat anting-anting yang berguna bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Merangkum dari manfaat.co.id, daun dari anting-anting mempunyai khasiat cukup baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Seperti halnya berak darah, disentri, diare dan lain-lainnya.

Dan ketika anda mengalami berbagai masalah seperti yang sudah disebutkan tersebut, maka bisa merebus daun anting-anting, kemudian diminum selagi hangat.

2. Mengatasi Batuk Dan Mimisan

Batuk atau juga sering mimisan, jangan dianggap sebagai gangguan kesehatan yang sepele. Sebab bisa saja mempunyai dampak yang lebih buruk ketika tidak ditangani.

Dengan kemampuan yang unik, daun anting-anting dipercaya mampu menyembuhkan batuk dan juga mimisan. Meski ada alternatif seperti jahe, namun anting-anting tidak ada salahnya dicoba.

3. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Pada kondisi lingkungan tertentu, mungkin penyakit kulit sudah menjadi hal umum yang biasa terjadi pada siapa saja. Namun masalah tersebut tentu sangat tidak baik jika tidak segera ditangani.

Kegunaan lain dari anting-anting dipercaya ampuh dalam mengobati luka bakar, dan berbagai jenis penyakit kulit lainnya.

Hal tersebut dikarenakan anting-anting mempunyai kandungan antiseptik, dengan kemampuan membunuh mikroba, virus, kuman, dan sejenisnya.

4. Meringankan Gejala Muntah Darah

Ketika mengalami muntah darah, tidak heran jika pikiran akan terarah pada pikiran negatif. Bahkan mungkin saja anda akan berpikir bahwa tengah dilanda penyakit parah. Padahal pemikiran tersebut belum tentu benar, sehingga akan lebih baik jika dikonsultasikan dengan dokter.

Apabila memang mengalami muntah darah, mungkin daun anting-anting bisa menjadi obat alternatif yang bisa dicoba. Selain murah, tentu sangat aman karena terbuat dari bahan alami.

Bagaimana cara membuat ramuan dari daun anting-anting? Menurut dari beberapa sumber, kebanyakan dari mereka mempunyai resep yang berbeda.

Ada yang memadukan dengan temulawak, temuireng, daun binahong, daun sambiloto, dan juga herba lainnya. Namun untuk penggunaan sederhana, anda bisa langsung merebus daun anting-anting.

Untuk hasil yang lebih baik, minum air rebusan daun anting-anting tersebut selagi hangat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *