Menu
Media Informasi Keuangan

Daftar Efek Samping Makan Bawang Putih Mentah

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Ada Daftar Efek Samping Makan Bawang Putih Mentah yang seharusnya diketahui. Hal ini untuk menepis anggapan bahwa hanya ada manfaat saja dibalik bumbu dapur yang familiar tersebut.

Seperti yang kita ketahui, bawang putih merupakan rempah yang umum digunakan pada semua jenis masakan. Sebab aroma dan rasanya yang kuat, bisa membuat masakan menjadi lebih lezat.

Dari sisi bawang putih sendiri, menyimpan kandungan berupa mineral penting seperti kalsium, zat besi, yodium, dan juga belerang.

Sedangkan untuk manfaatnya, dipercaya mampu memerangi banyak penyakit, yang juga penting untuk menurunkan tekanan darah, kolesterol, infeksi, dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya melalui proses masak saja, namun ada sebagian orang yang sangat gemar mengkonsumsi bawang putih mentah.

Pada kenyataanya, seperti yang dikutip dari laman boldsky.com, kebiasaan tersebut justru bisa menimbulkan efek samping.

Daftar Efek Samping Makan Bawang Putih Mentah

Dari laman Boldsky, setidaknya ada 9 poin dampak negatif yang bisa terjadi karena mengkonsumsi bawang putih mentah. Beberapa diantaranya sebagai berikut :

1. Melukai Lever

Jika secara berlebihan mengkonsumsi bawang putih mentah, bisa memicu adanya luka pada lever, yang merupakan salah satu organ vital dalam tubuh.

Gangguan yang paling umum muncul ialah toksisitas lever. Namun kondisi tersebut hanya salah satu saja, dan tidak menutup kemungkinan ada efek lain.

2. Pendarahan Yang Memburuk

Menurut dari hasil penelitian University of Maryland Medical Center, tercatat bahwa seharusnya tidak mengkonumsi bawang putih bersamaan dengan obat pengencer darah.

Pasalnya tindakan tersebut bisa meningkatkan risiko pendarahan yang semakin buruk. Sehingga bagi kalangan orang yang mengkonsumsi obat tersebut, dianjurkan untuk tidak memakan bawang putih.

3. Diare

Ketika mengkonsumsi bawang putih dalam keadaan perut kosong, maka tidak mustahil bisa menyebabkan kembung dan diare.

Untuk sebagian orang, bawang putih merupakan bagian yang menyebabkan konsumsi gas berlebih, yang pada akhirnya berujung pada diare.

4. Mual, Muntah, Dan Mulas

Dikutip dari National Cancer Institute, mengkonsumsi bawang putih saat perut kosong juga memicu perut mulas, mual, dan bahkan muntah.

Apalagi jika orang yang mengkonsumsi mempunyai masalah dengan penyakit refluks gastroesophageal.

5. Masalah Lambung

Konsumsi bawang putih mentah secara berlebihan, mempunyai efek buruk pada kesehatan lambung. Sehingga sangat penting untuk membatasinya jika ada masalah dengan organ lambung tersebut.

6. Menyebabkan Pusing (Migrain)

Konsumsi bawang putih mentah juga memicu timbulnya pusing atau migrain, khususnya bagi mereka yang menderita tekanan darah rendah.

7. Gangguan Penglihatan

Mengkonsumsi bawang putih mentah, bisa memicu hyphema yang merupakan suatu kondisi penyebab pendarahan pada ruang mata.

Ruang masa sendiri, merupakan ruang antara kornea dan iris. Dan konsisi tersebut bisa menurunkan kejernihan penglihatan.

8. Ruam

Bawang putih juga mempunyai kandungan enzim yang dikenal dengan alliin lyase. Kandungan tersebut memicu adanya iritasi pada kulit ketika mengkonsumsi secara berlebih.

9. Menganggu Kehamilan

Untuk kalangan ibu hamil, sangat disarankan untuk tidak makan bawang putih mentah secara berlebih. Pasalnya bisa berpengaruh pada kondisi kehamilan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *