Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Resensi Buku

1 min read

Contoh Resesi Buku

Apakah Anda sedang belajar membuat ulasan/resensi buku? Maka Anda sedang membaca halaman yang tepat, karena di sini, Anda akan melihat contoh resensi buku yang baik dan benar untuk pemula. Seperti semua karya seni, tidak ada dua ulasan buku yang akan sama.

Contoh Resensi Buku

Hal ini karena resensi buku ditulis berdasarkan sudut pandang dari si penulis resensi sebagai penikmat tanpa campur tangan atau pendapat orang lain. Maka, isi dari setiap resensi akan selalu berbeda satu sama lain, karena pemikiran setiap orang yang juga tak sama. Yuk, simak contoh berikut!

Resensi Buku Fiksi Anak-Anak

Buku bacaan anak-anak adalah buku paling mudah untuk belajar membuat resensi bagi pemula. Selain karena bahasanya yang mudah dipahami, buku anak-anak juga cenderung lebih tipis. Resensi buku yang baik biasanya terdiri dari identitas buku, sinopsis, dan resensi itu sendiri, seperti:

Identitas Buku

Judul BukuIf I Never Forever Endeavour
PengarangHolly Meade
PenerbitCandlewick
Tanggal terbit12 April 2011
Tebal halaman32 halaman

Sinopsis Buku

Buku ini menceritakan tentang seekor anak burung yang belum tahu cara terbang. Burung tersebut berada di dalam sarang di tepi jurang. Ia harus memutuskan apakah akan mencoba terbang atau tetap diam. Burung itu berpikir, “Jika aku tidak pernah mencoba, maka aku tidak akan pernah belajar, dan selamanya aku tidak akan pernah bisa”.
Di satu sisi, dia khawatir akan gagal, tapi di sisi lain ia memikirkan bagaimana dia bisa berhasil. Dia khawatir jika dia mencoba, dia mungkin tersesat di dunia karena belum pernah terbang sama sekali, dan itu membuatnya hanya ingin tinggal di sarangnya yang aman. Tapi ia juga ingin melihat dunia luar yang besar dan indah.

Resensi buku

Buku ini akan membantu anak-anak untuk belajar bahwa mencoba hal-hal baru bisa terlihat menakutkan tapi juga akan membuat mereka menemukan hal-hal yang lebih seru dan menantang, bahkan bisa membuat bahagia.

Buku ini juga akan memberitahu Anda bahwa kesalahan akan selalu ada, dan itu adalah hal baik dan merupakan bagian dari pembelajaran. Karena dengan kesalahan atau gagal, Anda akan menemukan cara lain untuk berhasil, yang berarti membuat Anda memiliki banyak pengalaman dibandingkan orang yang tidak pernah mencoba.

Penutup

Membuat resensi buku yang sempurna memang tidak mudah dan membutuhkan waktu serta latihan berulang. Namun, dengan banyak membaca contoh resensi buku seperti di atas, Anda akan mempelajari dan mulai terbiasa membuat resensi yang baik dan benar.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Paragraf Campuran

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Contoh Surat Pernyataan

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Contoh Surat Pribadi

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read