Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Recount Text

2 min read

Contoh Recount Text

Banyak contoh teks tentang yang bisa Anda gunakan dalam bercerita seperti cerita sejarah, masa lalu, hingga puisi. Salah satu jenis teks dalam bercerita yang akan kami bahas adalah contoh recount text. Sebelum Anda mulai mengarang, baca lengkap penjelasan mengenai recount text berikut ini agar Anda faham.

Contoh Recount Text

Ada banyak sekali contoh recount text yang bisa Anda temukan dengan mudah di internet. Pengertian dari recount text ialah sebuah teks yang bercerita tentang sesuatu yang terjadi di masa lalu. Rincian dalam recount text dapat mencakup apa, siapa, di mana, kapan, dan mengapa itu terjadi. Teks recount dapat berupa informasi faktual, pengalaman pribadi, biografi singkat, atau laporan acara.

Recount Text Liburan

Liburan ke Bali

Saat kelas 2 SMA, saya memiliki banyak pengalaman mengesankan selama liburan ke Pulau Bali. Saat itu saya pergi bersama teman-teman sekolah selama 3 hari.

Hari pertama, saya dan teman-teman mengunjungi Pantai Sanur untuk menikmati kehangatan matahari terbit di Bali, yaitu sekitar jam 5.30 pagi. Kami melihat pemandangan matahari terbit yang indah dan berfoto bersama.
Sekitar pukul 7.30 pagi kami kembali ke hotel untuk menikmati sarapan, kemudian bersiap-siap untuk pergi ke Tanah Lot. Kami bertemu begitu banyak wisatawan di sana, tak hanya wisatawan domestik tapi juga warga asing.

Hari kedua, kami menikmati keindahan Pulau Dewata di Pantai Tanjung Benoa. Kami bermain banyak olahraga air yang seru, seperti banana boat, jetsky, speedboat dll. Kami juga mampir ke Pulau Penyu untuk melihat burung laut dan kura-kura. Pada sore hari, kami pergi ke Pantai Kuta untuk melihat matahari terbenam yang menakjubkan dan menikmati ombak yang indah.

Hari terakhir, kami pergi ke Sangeh saat pagi hari. Kami menikmati hutan hijau dan rindang dengan landscape alam yang super instagramable. Di sana juga ada begitu banyak monyet yang cukup jinak, meski kadang-kadang bisa nakal jika diganggu. Kami sempat memberi makan dan berfoto.

Setelah itu, kami berburu oleh-oleh di pasar Sukowati. Saya membeli beberapa kaos dan souvenir khas Bali. Kami kembali ke hotel saat sore dan bersiap untuk check-out. Kami pulang membawa begitu banyak kenangan indah tentang Bali.

Recount Text Pengalaman

Mencari Jati Diri

Saya adalah seorang pemuda yang sudah mengalami berbagai pahit dan manisnya kehidupan. Usia saya sekarang 29 tahun, sudah berkeluarga dan memiliki 2 anak yang ganteng dan cantik. Saat ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengenai proses mencari jati diri yang saya alami dikehidupan. Walaupun proses itu tetap berjalan tetapi saat ini saya bercerita buat Anda yang sedang mengalami masa masa sulit.

Dulu semasa SMP saya sangat ingat tentang teori dimana masa mencari jati diri adalah diusia 17 tahun. Setelah saya merasakan jenjang yang lebih tinggi yaitu di bangkus SMA hingga kuliah, saya sadar bahwa semua itu proses. Setelah mengalami dinamika kehidupan baik pahit dan manisnya masa dimana menempuh pendidikan saya sadar bahwa pasca sekolah merupakan waktu yang sesungguhnya dimana kita mencari jati diri.

Masa dimana pasca saya menempuh jenjang pendidikan adalah banyak pertanyaan didalam hati saya tentang bagaimana kehidupan kita selanjutnya. Seperti apa pekerjaan kita, bersama siapa saya akan menyandarkan hati dan dimana saya akan memilih tempat tinggal. Masa itulah yang menurut saya proses mencari jati diri yang sesungguhnya.

Pada akhirnya semua proses berhasil saya lampai dengan mencoba berbagai pengalaman dan menyelesaikan semua masalah yang ada. Sehingga saya bisa menyimpulkan tentang pengalaman saya mengenai proses mencari jati diri yang menjadi hal terpenting adalah proses dan pengalaman.

Analisis Struktur Generik Recount Text

Liburan Ke Bali

OrientasiParagraf satu
IsiParagraf dua, tiga, empat (hari pertama, hari kedua, hari terakhir)
ReorientasiKalimat terakhir (Kami pulang membawa begitu banyak kenangan indah tentang Bali)

Mencari Jati Diri

OrientasiParagraf satu (Pengenalan)
IsiParagraf dua, dan tiga (masa SMP, pasca kuliah)
ReorientasiKalimat terakhir (Pada akhirnya)

Contoh Soal Recount Text

Kumpulan soal recount text sangat membantu Anda untuk menemukan dan berlatih agar lebih memahami tentang pelajaran ini. Berikut ini contoh soal recount text pilihan ganda yang bisa Anda jawab dengan baik dan benar.

  1. Pada paragraf pertama dengan judul cerita Liburan Ke Bali diatas menceritakan tentang apa ?
    AKesimpulan Teks
    BIsi Cerita
    CPembuka Cerita
    DPengenalan Teks
  2. Sedangkan paragraf ke dua hingga ke empat pada contoh teks Liburan Ke Bali diatas berisikan ?
    APembuka Cerita
    BPengenalan Teks
    CIsi Cerita
    DKesimpulan Teks
  3. Pada recount teks pengalaman yang berjudulkan mencari jati diri, kesimpulan apa yang bisa Anda petik hikma dari cerita tersebut ?
    APercaya dengan proses, pengalaman dan waktu
    BMengisi waktu kosong untuk kegiatan yang kurang bermanfaat
    CMenghabiskan masa muda untuk senang senang
    DMenunggu waktu yang tepat untuk berjuang

Penutup

Teks recount sangat mirip dengan teks naratif. Keduanya berhubungan dengan pengalaman masa lalu. Perbedaannya adalah peristiwa yang dialami oleh peserta diekspos dalam teks. Jika Anda memerlukan contoh recount text tentang pengalaman pribadi, teks di atas bisa menjadi contoh terbaik untuk Anda.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Paragraf Campuran

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Contoh Surat Pernyataan

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Contoh Surat Pribadi

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read