Contoh Recount Text

1 min read

Banyak contoh teks tentang yang bisa Anda gunakan dalam bercerita seperti cerita sejarah, masa lalu, hingga puisi. Salah satu jenis teks dalam bercerita yang akan kami bahas adalah contoh recount text. Sebelum Anda mulai mengarang, baca lengkap penjelasan mengenai recount text berikut ini agar Anda faham.

Ada banyak sekali contoh recount text yang bisa Anda temukan dengan mudah di internet. Pengertian dari recount text ialah sebuah teks yang bercerita tentang sesuatu yang terjadi di masa lalu. Rincian dalam recount text dapat mencakup apa, siapa, di mana, kapan, dan mengapa itu terjadi. Teks recount dapat berupa informasi faktual, pengalaman pribadi, biografi singkat, atau laporan acara.

Recount Text Liburan

Liburan ke Bali

Saat kelas 2 SMA, saya memiliki banyak pengalaman mengesankan selama liburan ke Pulau Bali. Saat itu saya pergi bersama teman-teman sekolah selama 3 hari.

Hari pertama, saya dan teman-teman mengunjungi Pantai Sanur untuk menikmati kehangatan matahari terbit di Bali, yaitu sekitar jam 5.30 pagi. Kami melihat pemandangan matahari terbit yang indah dan berfoto bersama.
Sekitar pukul 7.30 pagi kami kembali ke hotel untuk menikmati sarapan, kemudian bersiap-siap untuk pergi ke Tanah Lot. Kami bertemu begitu banyak wisatawan di sana, tak hanya wisatawan domestik tapi juga warga asing.

Hari kedua, kami menikmati keindahan Pulau Dewata di Pantai Tanjung Benoa. Kami bermain banyak olahraga air yang seru, seperti banana boat, jetsky, speedboat dll. Kami juga mampir ke Pulau Penyu untuk melihat burung laut dan kura-kura. Pada sore hari, kami pergi ke Pantai Kuta untuk melihat matahari terbenam yang menakjubkan dan menikmati ombak yang indah.

Hari terakhir, kami pergi ke Sangeh saat pagi hari. Kami menikmati hutan hijau dan rindang dengan landscape alam yang super instagramable. Di sana juga ada begitu banyak monyet yang cukup jinak, meski kadang-kadang bisa nakal jika diganggu. Kami sempat memberi makan dan berfoto.

Setelah itu, kami berburu oleh-oleh di pasar Sukowati. Saya membeli beberapa kaos dan souvenir khas Bali. Kami kembali ke hotel saat sore dan bersiap untuk check-out. Kami pulang membawa begitu banyak kenangan indah tentang Bali.

Analisis Struktur Generik Recount Text

OrientasiParagraf satu
IsiParagraf dua, tiga, empat (hari pertama, hari kedua, hari terakhir)
ReorientasiKalimat terakhir (Kami pulang membawa begitu banyak kenangan indah tentang Bali)

Penutup

Teks recount sangat mirip dengan teks naratif. Keduanya berhubungan dengan pengalaman masa lalu. Perbedaannya adalah peristiwa yang dialami oleh peserta diekspos dalam teks. Jika Anda memerlukan contoh recount text tentang pengalaman pribadi, teks di atas bisa menjadi contoh terbaik untuk Anda.