Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Recount Text

5 min read

Contoh Recount Text

Banyak contoh teks tentang yang bisa Anda gunakan dalam bercerita seperti cerita sejarah, masa lalu, hingga puisi. Salah satu jenis teks dalam bercerita yang akan kami bahas adalah contoh recount text. Sebelum Anda mulai mengarang, baca lengkap penjelasan mengenai recount text berikut ini agar Anda faham.

Contoh Recount Text

Pengertian dari recount text ialah sebuah teks yang bercerita tentang sesuatu yang terjadi di masa lalu. Rincian dalam recount text dapat mencakup apa, siapa, di mana, kapan, dan mengapa itu terjadi. Teks recount dapat berupa informasi faktual, pengalaman pribadi, biografi singkat, atau laporan acara.

Contoh Recount Text Tentang Liburan

Liburan ke Bali

Saat kelas 2 SMA, saya memiliki banyak pengalaman mengesankan selama liburan ke Pulau Bali. Saat itu saya pergi bersama teman-teman sekolah selama 3 hari.

Hari pertama, saya dan teman-teman mengunjungi Pantai Sanur untuk menikmati kehangatan matahari terbit di Bali, yaitu sekitar jam 5.30 pagi. Kami melihat pemandangan matahari terbit yang indah dan berfoto bersama.
Sekitar pukul 7.30 pagi kami kembali ke hotel untuk menikmati sarapan, kemudian bersiap-siap untuk pergi ke Tanah Lot. Kami bertemu begitu banyak wisatawan di sana, tak hanya wisatawan domestik tapi juga warga asing.

Hari kedua, kami menikmati keindahan Pulau Dewata di Pantai Tanjung Benoa. Kami bermain banyak olahraga air yang seru, seperti banana boat, jetsky, speedboat dll. Kami juga mampir ke Pulau Penyu untuk melihat burung laut dan kura-kura. Pada sore hari, kami pergi ke Pantai Kuta untuk melihat matahari terbenam yang menakjubkan dan menikmati ombak yang indah.

Hari terakhir, kami pergi ke Sangeh saat pagi hari. Kami menikmati hutan hijau dan rindang dengan landscape alam yang super instagramable. Di sana juga ada begitu banyak monyet yang cukup jinak, meski kadang-kadang bisa nakal jika diganggu. Kami sempat memberi makan dan berfoto.

Setelah itu, kami berburu oleh-oleh di pasar Sukowati. Saya membeli beberapa kaos dan souvenir khas Bali. Kami kembali ke hotel saat sore dan bersiap untuk check-out. Kami pulang membawa begitu banyak kenangan indah tentang Bali.

Contoh Recount Text Pengalaman Pribadi

Mencari Jati Diri

Saya adalah seorang pemuda yang sudah mengalami berbagai pahit dan manisnya kehidupan. Usia saya sekarang 29 tahun, sudah berkeluarga dan memiliki 2 anak yang ganteng dan cantik. Saat ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengenai proses mencari jati diri yang saya alami dikehidupan. Walaupun proses itu tetap berjalan tetapi saat ini saya bercerita buat Anda yang sedang mengalami masa masa sulit.

Dulu semasa SMP saya sangat ingat tentang teori dimana masa mencari jati diri adalah diusia 17 tahun. Setelah saya merasakan jenjang yang lebih tinggi yaitu di bangkus SMA hingga kuliah, saya sadar bahwa semua itu proses. Setelah mengalami dinamika kehidupan baik pahit dan manisnya masa dimana menempuh pendidikan saya sadar bahwa pasca sekolah merupakan waktu yang sesungguhnya dimana kita mencari jati diri.

Masa dimana pasca saya menempuh jenjang pendidikan adalah banyak pertanyaan didalam hati saya tentang bagaimana kehidupan kita selanjutnya. Seperti apa pekerjaan kita, bersama siapa saya akan menyandarkan hati dan dimana saya akan memilih tempat tinggal. Masa itulah yang menurut saya proses mencari jati diri yang sesungguhnya.

Pada akhirnya semua proses berhasil saya lampai dengan mencoba berbagai pengalaman dan menyelesaikan semua masalah yang ada. Sehingga saya bisa menyimpulkan tentang pengalaman saya mengenai proses mencari jati diri yang menjadi hal terpenting adalah proses dan pengalaman.

Contoh Recount Text Mendaki Gunung

Mendaki Gunung Lawu

Saya adalah seorang santri disalah satu pondok pesantren terkenal di Jombang Jawa Timur. Liburan pondok pun telah tiba dan kita sepondok berencana untuk pulang kampung. Tetapi saat itu teman saya mengusulkan sebelum pulang alangkah lebih mengasikkan untuk mendaki dimana kita semua belum pernah mendaki gunung.

Kita sekamar setuju untuk memutuskan mendaki gunung sebelum pulang ke kampung halaman masing masing. Rencana pendakian yang kami rencanakan kala itu yaitu gunung lawu, gunung yang memiliki hawa terdingin di pulau Jawa.

Sebelum berangkat mendaki gunung kita selayaknya santri sowan dulu ke pesarean agar diridho pendiri pondok. Setelah berdoa kita berangkat dan kala itu tepat pukul jam 2 pagi kita berangkat dengan membawa sepeda motor masing masing dan saling bergoncengan. Tepat pukul 8 pagi kita sudah sampai dilokasi cemoro sewu dimana itu start pendakian gunung lawu. Setelah sampai kita istirahat dulu karena kecapek an, dan tepat pukul 10 kita langsung bergegas untuk memulai pendakian.

Kala itu yang menjadi hal lucu yaitu kita mulai mendaki tepat gak sampai 1 kilo kita sudah istirahat karena kita memang baru pertama kali mendaki. Kemudian kita teruskan perjalanan untuk mendaki dan kita selalu bersemangat saling memotivasi satu sama lain.

Di perjalanan pendakian untuk menghibur diri agar capeknya tidak terasa kita berfoto foto. Ditengah perjalanan kira kira diantara pos 3-4 terjadi hujan badai dan kita memutuskan untuk lanjut hingga pos 4. Tepat matahari sudah terbenam kita baru sampai di pos 4 dan memutuskan untuk berteduh disana. Saat itu teman kami Rully kedinginan dan badannya kaku semua, sehingga kita khawatir. Dan kita tahu kalau sebelum sampai puncak ada sebuah warung untuk berteduh, setelah hujan agak reda kita langsung bergegas kesana untuk istirahat.

Besok paginya semua sudah bangun dan kita mulai lagi perjalanan ke puncak, dan akhirnya sampai juga. Rasa capek dan drama diperjalan semua terbayar dengan sampai puncak.

Contoh Recount Text Liburan Ke Pantai

Liburan ke Pantai Popoh Tulungagung

Pada hari libur Nasional, tahun 2019 yang lalu, saya dengan keluarga pergi ke rumah nenek yang ada di Tulungagung. Rencana liburan ke rumah nenek ini sudah lama, namun baru terlaksana pas saat ada libur nasional.

Kami berangkat ke rumah nenek sekeluarga ada Ayah, Ibu, Saya dan Adek saya dengan naik kendaraan. Berangkat ke rumah nenek tepat pukul 07.00 WIB dan bisa sampai disana tepat pukul 10.30 WIB.

Dirumah bisa ketemu nenek kami pun senang, dan keesokan harinya, saya di tawari sama Ibu untuk bermain ke pantai yang ada di Tulungagung. Pantai di Tulungagung terhitung lumayan banyak dan yang cocok untuk liburan bersama keluarga yaitu pantai Popoh.

Kami pun bergegas untuk berlibur ke Pantai Popoh tadi, sampai di Pantai popoh ada pintu masuk dimana kita harus registrasi terlebih dahulu. Setelah di pintu masuk, kita disambut dengan pemandangan yang sangat bagus disana, dan terdapat dua pantai didalam satu wilayah Popoh itu, yaitu pantai Popoh dan Sidem.

Kami pun berhenti dan parkir saat tiba di Pantai Popoh, pemandangan yang sangat keren dan didukung dengan tempat yang sejek, membuat saya menjadi betah disana. Ada juga wisata kapalnya juga disana, sehingga pengunjung bisa diajak untuk berjalan jalan keliling bibir laut di sekitar pantai popoh.

Saya dan adek saya mencoba wahana wisata jalan-jalan di pintai dengan perahu kecil milik nelayan. Pemandangan yang sangat indah di perlihatkan kepada kita saat sudah ada didalam kapal kecil tersebut. Sehabis itu kami pun bergegas pulang karena sudah siang dan waktunya untuk istirahat, dan tak sadar sudah 3 jam lebih kita bermain di Pantai Popoh tersebut.

Contoh Recount Text Tentang Pengalaman di SMP

Pengalaman Olimpiade di SMP

Saya adalah salah satu alumni di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Mojokerto dan termasuk dalam kelas unggulan. Semasa SMP dulu saya sangat reing mengikuti lomba dan olimpiade berbagai tingkatan baik Kecamapatan maupun Kabupaten. Hampir tiap semester saya ditunjuk oleh perwakilan guru untuk mewakili sekolah smp saya dulu di ajang bergengsi se Kabupaten Mojokerto diberbagai kompetisi.

Salah satu olimpiade yang sangat berkesan dulu yaitu mengikuti lomba Matematika se Kabupaten Mojokerto yang diadakan oleh salah satu lembaga pendidikan belajar. Ketika itu saya mendapatkan info dan ditunjuk itu telad karena saat itu saya tidak bisa masuk sekolah karena suatu hal. Kemudian pas hari penutupan pendaftaran saya baru mendaftarkan diri saya pribadi, untung tidak telad saat itu.

Olimpiade matematika tersebut diikuti oleh banyak peserta dari berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Mojokerto baik negeri maupun swasta. Saya lupa angka pastinya peserta yang mendaftar saat itu yang saya ingat olimpiade tersebut terbagi menjadi beberapa tahapan sebagi penyaringan.

Kemudian saya kala itu kaget, nama saya tercantum dan masuk dalam 20 besar olimpiade matematika tersebut. Setelah ditahap 20 besar disaring menjadi 10 besar, dan nama saya masih lolos pada tahap 10 besar tersebut. Di 10 besar soal yang disajikan beda lagi, selain tulis juga jawab secara cepat atau rebutan poin. Persaingan di 10 besar bisa dibilang sangat sulit karena mayoritas lawan saya itu sudah tidak asing bagi saya karena sering muncul di olimpiade serupa.

Dan pengumuman telah tiba, dan saya berhasil menang di posisi Juara Harapan 1 dan anehnya juaran 1 dan 2 tidak ada, dari juara 3 langsung saya. Itu merupakan salah satu pengamalam di masa SMP yang sangat berkesan bagi saya karena ditahap akhir begitu ketat dan pengumuman juaranya tidak ada juara 1 dan 2 karena tidak memenuhi kriteria.

Analisis Struktur Generik Recount Text

Dari kumpulan contoh recount text diatas, kami berikan anlisa mengenai struktur yang terkandung didalam contoh diatas. Berikut ini analisa struktur generik yang terdapat pada contoh recount text diatas lengkap dengan penjabarannya.

Liburan Ke Bali

OrientasiParagraf satu
IsiParagraf dua, tiga, empat (hari pertama, hari kedua, hari terakhir)
ReorientasiKalimat terakhir (Kami pulang membawa begitu banyak kenangan indah tentang Bali)

Mencari Jati Diri

OrientasiParagraf satu (Pengenalan)
IsiParagraf dua, dan tiga (masa SMP, pasca kuliah)
ReorientasiKalimat terakhir (Pada akhirnya)

Contoh Soal Recount Text

Kumpulan soal recount text sangat membantu Anda untuk menemukan dan berlatih agar lebih memahami tentang pelajaran ini. Berikut ini contoh latihan soal recount text pilihan ganda yang bisa Anda jawab dengan baik dan benar.

  1. Pada paragraf pertama dengan judul cerita Liburan Ke Bali diatas menceritakan tentang apa ?
    AKesimpulan Teks
    BIsi Cerita
    CPembuka Cerita
    DPengenalan Teks
  2. Sedangkan paragraf ke dua hingga ke empat pada contoh teks Liburan Ke Bali diatas berisikan ?
    APembuka Cerita
    BPengenalan Teks
    CIsi Cerita
    DKesimpulan Teks
  3. Pada recount teks pengalaman yang berjudulkan mencari jati diri, kesimpulan apa yang bisa Anda petik hikma dari cerita tersebut ?
    APercaya dengan proses, pengalaman dan waktu
    BMengisi waktu kosong untuk kegiatan yang kurang bermanfaat
    CMenghabiskan masa muda untuk senang senang
    DMenunggu waktu yang tepat untuk berjuang

Penutup

Teks recount sangat mirip dengan teks naratif. Keduanya berhubungan dengan pengalaman masa lalu. Perbedaannya adalah peristiwa yang dialami oleh peserta diekspos dalam teks. Jika Anda memerlukan contoh recount text tentang pengalaman pribadi, kumpulan teks di atas bisa menjadi contoh terbaik untuk Anda. Perbanyak latihan contoh soal pilihan ganda agar menguji kepekaan Anda terhadap suatu jenis soal cerita yang panjang, dan diatas sudah kami berikan contohnya.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Pidato

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Teks Diskusi

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Contoh Paragraf Deskripsi

Suci Zidni Suci Zidni
4 min read