Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Rantai Makanan

1 min read

rantai makanan

Rantai Makanan merupakan salah satu mata pelajaran ilmu pengetahuan alam yang diajarkan pertamakali pada jenjang Sekolah Dasar. Pada artikel ini akan membahas tuntas tentang materi contoh rantai makanan beserta penjelasannya. Berikut materi IPA mengenai rantai makanan yang masih diajarkan di SD, SMP, maupun SMA.

Rantai Makanan

Pada materi rantai makanan ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui seperti pengertian, contoh dan lain sebagainya. Berikut ini materinya.

Pengertian Rantai Makanan

Rantai makanan adalah sebuah perjalanan makan dan dimakan antar makhluk hidup dengan urutan dan peran tertentu. Peran makluk hidup dalam rantai makanan terdiri dari produser, konsumen dan dekomposer. Setiap peran makhluk hidup tersebut memiliki urutan tertentu dalam proses rantai makanan.

Komponen Rantai Makanan

Pada dasarnya komponen yang terdapat pada rantai makanan terdiri dari produsen, konsumen dan pengurai. Berikut ini penjelasan tentang komponen pada rantai makanan beserta contohnya.

Produsen

Pengertian produsen pada komponen rantai makanan yaitu penghasil atau bisa diartikan dengan penghasil bahan organik bagi mahkluk hidup lainnya. Contoh mahkluk hidup yang berperan sebagai produsen yaitu semua tumbuhan hijau.

Konsumen

Pengertian konsumen pada komponen rantai makanan adalah pemakai atau pemakan bahan organik yang dihasilkan oleh produsen. Konsumen pada rantai makanan dibagi menjadi beberapa tingkatan. Contoh konsumen tingkat 1 atau primer diduduki oleh hewan pemakan tumbuhan atau yang disebut herbivora seperti sapi, kerbau dan lain sebagainya. Sedangkan konsumen tingkat 2 atau sekunder yaitu makhluk hidup yang memperoleh makanan dari konsumen tingkat 1.

Pengurai

Pengertian pengurai merupakan makhluk hidup yang berperan sebagai pengurai zat yang terdapat pada hewan dan tumbuhan yang telah mati. Yang dihasilkan dari proses penguraian zat pada hewan dan tumbuhan yang telah mati tersebut dapat menyuburkan tanah kembali.

Contoh Rantai Makanan

Setelah Anda memahami materi diatas dari pengertian hingga komponen pada rantai makanan. Nah, berikut kami sajikan contoh rantai makanan pada berbagai ekosistem dibumi.

Rantai Makanan di Laut

Pada gambar diatas menggambarkan tentang contoh rantai makanan yang terdapat pada ekosistem laut. Dimana fitoplankton berperan sabagai produsen yang akan dimakan oleh udang yang berperan sebagai konsumen tingkat 1. Udang tersebut akan dimakan oleh ikan yang berperan sebagai konsumen tingkat 2. Dan udang dimakan oleh konsumen tingkat 3 yaitu singa laut. Sedangkan konsumen tingkat 4 yaitu hiu akan memakan singa laut. Apabila hiu tersebut mati akan diuraikan oleh pengurai yaitu bakteri.

Rantai Makanan di Sawah

Mengacu sesuai dengan contoh gambar diatas bahwasannya padi berperan sebagai produsen. Padi tersebut akan dimakan oleh burung pipit yang berperan sebagai konsumen tingkat 1. Setelah itu burung pipit dimakan oleh konsumen tingkat 2 yaitu ular. Ular tersebut akan dimangsa oleh burung elang yang berperan sebagai konsumen tingkat 3. Jika elang tersebut mati akan diuraikan oleh bakteri dan jamur yang perperan sebagai pengurai dalam rantai makanan di sawah ini.

Penutup

Sekarang sahabat Jev Edukasi Online sudah memahamikan tentang materi Ilmu Pengetahuan Alam rantai makanan ini kan? Materi diatas sudah lengkap dari pengertian hingga komponennya, selain itu juga dilengkapi dengan kumpulan contoh rantai makanan.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Listrik Statis

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Stoikiometri

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Cermin Datar

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read