Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Paragraf Persuasi

4 min read

Contoh Paragraf Persuasi

Kali ini Jev Edukasi Online akan membahas materi lanjutan dari pelajaran Bahasa Indonesia mengenai Jenis Paragraf. Dalam jenis paragraf yang berdasarkan pola umum pengembangannya salah satunya terdapat contoh paragraf persuasi. Berikut ini kami sajikan materi contoh paragraf persuasi dalam Bahasa Indonesa berserta pengertian, ciri, jenis, susunan dan cara menulisnya.

Daftar MATERI  Jenis Paragraf

Paragraf Persuasi

Pengertian Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf yang bersifat sebuah ajakan kepada pembaca agar mengikuti atau terpengaruh dengan tulisan di dalam paragraf yang penulis kemukakan.

Adapun tujuan dari penulisan paragraf persuasi ialah untuk mempengaruhi atau menghasut pembaca agar yang dituliskan penulis bisa diikuti atau dipercayai oleh pembaca. Agar tercapainya tujuan tersebut, penulisa paragraf persuasi bisa disertakan data yang valid dan memberikan kata yang bersifat ajakan.

Ciri Ciri Paragraf Persuasi

Terdapat beberapa ciri ciri dalam penulisan paragraf persuasi yang bisa kita analisa. Berikut ini terdapat 4 ciri yang bisa Anda tandai sebagai bahan menganalisa apakah jenis paragraf yang Anda baca tergolong dalam persuasi.

  1. Terdapat ungkapan berupa kalimat diksi ajakan seperti, ayo, mari, lakukan dll.
  2. Berisikan beberapa fakta pendukung untuk menambah kepercayaan pembaca untuk mengikuti ajakan penulis.
  3. Sifat penulisan dalam paragraf persuasi adalah ajakan agar mengikuti yang dituliskan penulis.
  4. Dalam penulisan paragraf persuasi biasanya menghindari konflik dengan tujuan agar antara pembaca dan penulis memperoleh kesepakatan bersama yang akan dilakukan.

Susunan Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi dapat disusun dengan urutan peristiwa yang berdasarkan waktu atau sebab akibat tergantung dengan topik yang dibahas. Jika Anda bingung dalam menyusun kerangka paragraf persuasi, bisa berpatokan dengan susunan kerangka berikut :

Pembuka

Dalam bagian pembuka paragraf persuasi, berisikan sebuah gambaran general terhadap topik yang dibahas.

Isi

Pada bagian isi paragraf persuasi berisikan tentang kumpulan data pendukung untuk memperkuat ajakan Anda yang terletak dibagian akhir atau kesimpulan.

Kesimpulan

Susunan terakhir dalam paragraf persuasi dan menjadi bagian yang penting yaitu kesimpulan. Pada bagian kesimpulan merangkum fakta dan menyimpulkan kembali berupa diksi atau pemilihan kata yang bersifat ajakan.

Cara Menulis Paragraf Persuasi

Ada beberapa cara dan langkah dalam menyusun sebuah paragraf persuasi yang baik dan benar. Berikut ini langkah dan cara menyusun paragraf persuasi dengan baik dan benar yang bisa Anda praktikkan.

  1. Menetapkan topik dan tujuan dari paragrag persuasi yang akan ditulis.
  2. Menyusun kerangka paragraf persuasi yang baik dan benar, Anda bisa berpatokan kerangka diatas.
  3. Pengumpulan bahan seperti data dan fakta sebagai penguat paragraf persuasi Anda.
  4. Menulis kesimpulan yang Anda tarik dari kumpulan fakta dan data tersebut, sehingga penutup yang Anda tulis bisa berakhir dengan kalimat Ajakan.

Jenis Paragraf Persuasi dan Contohnya

Berdasarkan fungsi dan perannya, paragraf persuasi bisa dikelompokkan menjadi 4 yaitu pendidikan, politik, advertising dan propaganda. Berikut ini penjelasan dan contoh singkat masing masing jenis paragraf persuasi lengkap.

Paragraf Persuasi Pendidikan

Jenis paragraf persuasi pendidikan biasanya digunakan dikalangan akademisi baik untuk sekolahan maupun lembaga pendidikan lainnya. Pada umumnya paragraf jenis ini digunakan untuk memotivasi, menghimbau dan mengajak seseorang untuk menuntut ilmu dan mengejar cita citanya.

Contoh Paragraf Persuasi Pendidikan Singkat

Berikut ini kami sajikan contoh paragraf persuasi yang bertemakan tentang pendidikan singkat lengkap dengan pembuka, isi dan penutup.

Pembuka

Salah satu hal yang menentukan untuk terciptanya generasi emas Indonesia di masa depan adalah Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Faktor penting agar terciptanya SDM yang berkualitas yaitu melalui dunia pendidikan.

Isi

Jenis pendidikan yang bisa ditempuh terbagi menjadi dua jenis yaitu forman dan non-formal. Contoh pendidikan formal yang bisa ditempuh seperti sekolah dan universitas, sedangkan non-formal seperti lembaga kursus baik keterampilan minat bakat maupun lembaga penunjang pendidikan formal. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperoleh pendidikan dan mengasah skill ketrampilan demi terciptanya SDM yang berkualitas.

Penutup

Maka dari itu tidak ada sebuah alasan untuk tidak mendapatkan pendidikan saat ini. Mari kita tingkatkan semangat belajar kita demi terciptanya generasi emas Indonesia di masa yang mendatang.

Paragraf Persuasi Politik

Paragraf persuasi politik ini memiliki tujuan agar pembaca terpengaruhi dan berfikiran sama sehingga memungkinkan untuk masuk kedalam dunia politik. Contoh penggunaan paragraf politik ini biasanya digunakan oleh calon pejabat maupun anggota pemerintahan untuk mengajak pembaca mengikuti kepentingan yang diusung mereka.

Contoh Paragraf Persuasi Politik Singkat

Dibawah ini ada contoh paragraf persuasi yang membahas tantang politik singkat sebagai refrensi Anda.

Pembuka

Pemilihan wakil rakyat tinggal menghitung hari sebagai pesta demokrasi buat masyarakat Indonesia. Penggunaan hak pilih dalam setiap pesta demokrasi sangat penting buat kita maupun negara kita.

Isi

Keputusan untuk tidak memilih atau golput merupakan hal yang kurang baik karena nasib bangsa 5 tahun kedepan tergantung dengan wakil rakyat yang terpilih. Masa jabatan wakil rakyat saat ini 5 tahun baik RI, Dapil 1 ataupun 2. Satu suara Anda sangat berharga, karena penentu nasib kita dan negara kita untuk beberapa tahun mendatang.

Penutup

Maka dari itu jangan sia siakan kesempatan memilih dalam pesta demokrasi pemilihan wakil rakyat ini. Ayo berbondong bondong ke TPS terdekat di daerah Anda untuk memilih wakil rakyat yang ingin Anda pilih.

Paragraf Persuasi Advertising

Jenis paragraf persuasi advertising atau sering disebut iklan ini memiliki tujuan yang bersifat komersil dan membuat pembaca tertarik dengan yang disampaikan. Contoh penggunaan teks atau paragraf persuasi ini biasanya digunakan untuk promosi suatu produk baru ataupun agar dikenal oleh banyak orang. Dalam penulisan paragraf persuasi hal yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan bahasa yang lugas tetapi berkesan sehingga membuat orang banyak yang tertarik dengan iklan yang disampaikan.

Contoh Paragraf Persuasi Advertising / Iklan Singkat

Berikut kami sajikan tentang contoh paragraf persuasi tentang advertising atau iklan yang singkat.

Pembuka

Protein sangat penting bagi tubuh kita terlebih untuk meningkatkan masa otot. Agar masa otot bisa berkembang dengan baik perlu asupan protein yang cukup dan baik.

Isi

Kandungan protein yang baik bisa Anda temui dilauk pauk dan beberapa jenis susu. Protein yang baik untuk pertumbuhan masa otot tidak semua terkandung dalam produk susu. Salah satu susu yang baik untuk pertumbuhan masa otot adalah susu weight protein. Jenis susu weight protein juga tidak semuanya bagus karena tergantung dengan beberapa parameter seperti uji kelayakan, BPOM, halal dll. Susu weight protein yang sudah melewati semua parameter tersebut dan sudah teruji sejak lama yaitu Susu A.

Penutup

Jangan sia siakan tubuh Anda mengkonsumsi susu weight protein yang berlum teruji dan masih dipertanyakan kelayakannya. Ayo konsumsi susu A karena sudah teruji dengan berbagai parameter dan sudah berdiri sejak lama, sehingga sudah dipastikan keamanannya.

Paragraf Persuasi Propaganda

Jenis paragraf persuasi propaganda ini memiliki tujuan agar pembaca percaya dan satu pemikiran dengan penulis, secara singkatnya yaitu merubah pola berfikir pembaca. Contoh penerapan penulisan paragraf persuasi jenis propaganda ini seperti novel, majalah maupun poster yang menyampaikan sebuah informasi tertentu.

Contoh Paragraf Persuasi Propaganda Singkat

Kali ini kami sajikan contoh paragraf persuasi propaganda yang singkat lengkap dengan pembagian pembuka, isi dan penutupnya.

Pembuka

Mengkonsumsi terlalu sering makanan instan merupakan suatu kebiasaan yang kurang baik dan berpotensi membahayakan tubuh. Sedangkan masih banyak jenis makanan yang sehat lainnya untuk dikonsumsi setiap harinya.

Isi

Makanan instan dibuat agar pembuatannya cepat saji dan mudah dalam memasaknya. Namun agar makanan tersebut awet dan tidak mudah busuk diperlukan zat pengawet yang kurang baik jika dikonsumsi setiap hari. Coba bayangkan apabila Anda mengkonsumsi banyak makanan yang kurang baik untuk tubuh. Sehari dua hari mungkin suatu hal yang wajar namun apabila setiap harinya mengkonsumsi makanan instan coba simpulkan sendiri bak kotoran kecil yang ditimbun terlalu lama hingga bisa menjadi gunung.

Penutup

Maka dari itu mengkonsumsi makanan instan terlalu sering merupakan kebiasaan yang kurang baik, sedangkan jenis makanan yang menyehatkan lainnya masih banyak. Mulai sekarang ayo rubah pola hidup dan makan makanan yang menyehatkan untuk tubuh.

Penutup

Nah demikian materi tentang contoh paragraf persuasi dalam materi Bahasa Indonesia lengkap dengan pengertian, ciri, susunan hingga jenisnya. Semoga artikel ini bisa membantu dan menjawab pertanyaan atau hal yang kurang sahabat Jev Edukasi Online mengerti mengenai materi paragraf persuasi.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Konjungsi Temporal

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read

Contoh Paragraf Deduktif

Suci Zidni Suci Zidni
5 min read