Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Paragraf Narasi

5 min read

Paragraf Narasi

Contoh Paragraf Narasi – Jev Edukasi online kali ini akan membahas mengenai materi lanjutan jenis paragraf mata pelajaran Bahasa Indonesia. Artikel kali ini akan membahas tuntas tentang contoh paragraf narasi yang merupakan salah satu jenis paragraf berdasarkan pola umum pengembangannya. Berikut ini pengertian, ciri, unsur hingga contoh paragraf narasi lengkap.

Daftar MATERI  Jenis Paragraf

Paragraf Narasi

Pengertian Paragraf Narasi

Paragraf narasi adalah suatu paragraf yang meceritakan tentang suatu kejadian atau peristiwa yang dapat membuat pembaca seolah olah mengalami kejadian itu sendiri.

Susunan Paragraf Narasi

Dalam menyusun jenis paragraf ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu susunan kerangkanya. Outline atau susunan kerangka dari jenis paragraf ini yaitu terdiri dari :

  1. Terdapat satu kalimat tema atau topik yang menjadi suatu gagasan utama paragraf tersebut.
  2. Mengandung ide penjelas sebagai pendukung dari gagasan utama tersebut bisa berupa subjek, kejadian, dan keterangan.

Agar Anda terbayang dengan susunan karangka paragraf ini, berikut ada contohnya.

Gagasan UtamaPentingnya peran keluarga dalam membantuk karakter Anak usia dini hingga sekolah menengah.
Ide Penjelas
  1. Perkembangan zaman yang pesat merubah gaya hidup anak zaman sekarang.
  2. Handphone menjadi teman anak usia dini yang berbahaya jika tanpa adanya kontrol dari orang tua.
  3. Keluarga menjadi garda terdepan untuk membentuk karakter anak sebelum sekolah formal.
  4. Karena mayoritas kegiatan Anak usia dini dilakukan di lingkungan rumahnya.

Unsur Paragraf Narasi

Selain susunan parafraf yang diperhatikan, unsur-unsurnya pula tak kalah penting untuk diperhatikan. Berikut ini 4 unsur utama dalam menyusun paragraf narasi yang baik dan benar.

  1. Tema

Unsur tema dalam penulisan paragraf jenis ini menjadi unsur yang sangat penting, karena yang menentukan sebuah topik pembahasannya

  1. Tokoh

Sedangkan unsur tokoh dalam mengarang suatu paragraf ini sangat penting untuk diperhatikan, Anda bisa mengulas tentang watak, sifat, atau karakter tokoh tersebut.

  1. Kejadian

Unsur kejadian ini memiliki arti dalam menulis jenis paragraf ini perlu diungkapkan mengenai suasana atau kondisi kesajian, sehingga pembaca bisa ikut merasakannya.

  1. Latar, Ruang, atau Waktu

Sedangkan unsur terakhir paragraf ini sebagai pelengkap suatu kejadian agar informasinya detail dan membantu pembaca agar bisa merasakan kejadian tersebut.

Ciri Ciri Paragraf Narasi

Jika Anda sebagai pembaca ingin menganalisa apakah suatu paragraf yang Anda baca tergolong jenis paragraf narasi atau bukan. Ada beberapa ciri yang bisa ditandai dari suatu paragraf narasi, berikut ciri cirinya.

  1. Biasanya suatu paragraf narasi menguraikan atau mengungkapkan suatu kejadian tertentu.
  2. Terkadang paragraf narasi bisanya mengutamakan faktor kronologi, latar, ruang dan waktu.
  3. Paragraf narasi seharunya mengandung atau berisikan 4 unsur penting diatas yang kami sajikan.
  4. Susunan kerangka paragraf Narasi juga sesuai dengan yang kami visualkan diatas.

Cara Menulis Paragraf Narasi

Kini saatnya Anda belajar dalam menulis atau mengarang paragraf narasi dengan baik dan benar dengan mengikuti cara berikut ini :

  1. Menentukan topik atau tema yang akan Anda jadikan dasar dalam mengarang paragraf narasi.
  2. Kumpulkan berbagai materi yang relefan dengan topik atau tema Anda sebagai bahan pendukung.
  3. Menentukan macam paragraf narasi yang akan Anda gunakan.
  4. Tetapkan susunan kerangka paragraf narasi yang akan Anda susun menjadi satu rangkaian.
  5. Mengembangkan susunan kerangka berupa gagasan utama dan penjelas dengan memperhatikan koheren dan kohesi paragrafnya.

Macam Macam Paragraf Narasi

Setelah Anda memahami materi diatas dan cara penulisannya, seringkali kita tak sadar jika paragraf narasi disajikan dengan berbagai bentuk. Bentuk paragraf narasi tersebut bisa golongkan menjadi 4 macam. Apa saja macam-macam paragraf narasi ? berikut ini 4 macam paragraf narasi beserta pengertiannya masing masing.

 Sugestif

Pengertian dari paragraf narasi sugestif adalah suatu paragraf yang mengungkapkan isi cerita atau kisah yang merupakan hasil imajinasi penulis sendiri. Tujuan penulisan paragraf narasi sugestif ialah untuk menghibur pembaca dengan menyajikan kisah yang menarik dengan hasil imajinasi penulis sendiri.

Banyak contoh penerapan jenis paragraf narasi sugestif yang bisa kita jumpai. Berikut ini contoh penerapan paragraf narasi sugestif yang bisa kita jumpai seperti novel, cerpen hingga cerita hikayat.

Ekspositoris

Pengertian dari paragraf narasi ekspositoris adalah suatu paragraf yang menceritakan atau mengungkapkan suatu cerita yang berisikan informasi tertentu. Biasanya informasi yang disampaikan kepada pembaca berupa kisah nyata seseorang atau penulis itu sendiri. Contoh paragraf narasi ekspositoris ini bisa kita jumpai peneran penulisannya di diary, biografi hingga autobiografi.

Informatif

Penjelasan tentang paragraf narasi informatif yaitu suatu paragraf yang mengungkapkan atau menyajikan suatu informasi yang sangat rinci. Sedangkan tujuan menulis atau mengarang paragraf narasi informatif adalah agar pembaca bertambah pengetahuan maupun wawasannya.

Artistik

Jenis paragraf narasi artistik adalah suatu paragraf yang berisikan suatu pesan tertentu penulis kepada pembaca. Biasanya gagasan utama jenis paragraf narasi ini ditulis berdasarkan pendapat atau opini dari penulis itu sendiri.

Contoh Paragraf Narasi

Seletah mengetahui materi bahasa indonesia tentang paragraf narasi tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui contohnya secara langsung. Nah, berikut ini Jev Edukasi Online telah merangkum contoh paragraf narasi buat Anda para pembaca setia kami.

Contoh Paragraf Narasi Singkat

Kumpulan contoh paragraf narasi singkat berikut ini akan membahas tentang kegiatan musyawarah. Langsung saja berikut ini contoh paragraf narasi singkat yang membahas tentang pentingnya kegiatan musyawarah.

Minum kopi dan duduk bersama sangat penting dilakukan sebelum melakukan kegiatan musyawarah. Musyawarah sangat identik dengan kehidupan bermasyarakat di Indonesia baik pelajar hingga dewasa. Penerapan kegiatan musyawarah bagi pelajar biasanya digunakan untuk pemilihan ketua kelas hingga jadwal piket. Sedangkan penerapan bagi kaum dewasa atau dalam kehidupan sosial masyarakat seperti musyawarah pembangunan desa, pemilihan RT dll. Ketika musyawarah biasanya yang terjadi merupakan kejadian yang sepontan tanpa difikir panjang selain itu juga terkadang tidak tercapainya hasil mufakat. Agar musyawarah memperoleh hasil yang terbaik dan mufakat perlu adanya duduk bersama sebelum kegiatan musyawarah dilakukan. Agar menekan ego masing masing dan benar benar mimikirkan banyak hal sehingga hasil yang disepakati merupakan keputusan yang terbaik.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Kesehatan

Kumpulan contoh paragraf narasi tentang kesehatan berikut bisa Anda jadikan refrensi Anda dalam menulis. Berikut ini contoh paragraf narasi tentang kesehatan yang membahas secara spesifik tentang pentingnya menjaga kebersihan agar tidak tertular penyakit kulit di saat di pondok.

Agar terhindar dari masalah penyakit kulit yang sering dialami dilingkungan pondok pesantren, menjaga kebersihan menjadi hal yang penting. Seperti yang kita ketahui hidup dilingkungan pondok pesantren itu sama halnya hidup bermasyarakat secara tidak langsung. Menuntut kita agar menjadi pribadi yang mandiri, tak jarang banyak santri yang sering melalaikan akan pentingnya menjaga kebersihan. Sehingga seringkali para santri yang terkena penyakit kulit seperti gudik. Banyak hal yang bisa digunakan untuk mencegah agar penyakit gudik tidak dialami oleh santri seperti menggunakan sabun dan handuk pribadi atau tidak dipakai santri yang lain. Rajin menguras kamar mandi agar airnya selalu bersih, tidak keruh dan tercemar. Air yang tercemar bisa dikarenakan kemasukan sabun dan airnya tidak mengalir sehingga air campuran sabun tersebut keruh. Maka dari itu sangat penting menjaga kebersihan dengan menerapkan hal kecil tersebut agar santri tidak terkena penyakit kulit atau yang sering disebut gudik.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Sekolah

Kumpulan contoh paragraf narasi tentang sekolah berikut ini bisa Anda jadikan gambaran untuk menulis tulisan narasi yang baik dan benar. Berikut ini contoh paragraf narasi tentang sekolah yang mengangkat topik pentingnya mengatur jadwal piket harian kelas.

Pentingnya membentuk jadwal piket harian di setiap kelas agar kondisi kelas nyaman untuk belajar. Setiap hari di kelas tidak menutup kemungkinan ada debu atau sampah yang berserakan. Dengan adanya jadwal piket harian membuat kondisi kelas setiap harinya bisa bersih.  Dengan kondisi kelas yang bersih memungkinkan para siswa dan guru bisa melakukan kegiatan belajar mengajar dengan kondusif. Sehingga mengatur jadwal piket harian kelas sangat penting selain membiasakan hidup bersih juga untuk menjaga kondisi kelas agar nyaman.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Bencana Alam

Kumpulan contoh paragraf narasi tentang bencana alam ini bisa Anda pakai pedoman atau gambaran untuk membuat paragraf narasi. Langsung saja berikut ini contoh paragraf narasi tentang bencana alam yang mengangakat tema peristiwa bencana alam yang terjadi di Aceh.

Pentingnya membantu saudara sesama yang terkena bencana alam Tsunami di Aceh tahun 2004. Bencana alam Tsunami telah memuluh lantakan banyak sektor baik bangunan maupun ekonomi di Aceh. Agar saudara kita pulih kembali dari bencana tersebut pelu kita bantu karena coba bayangkan jika itu terjadi pada dirikita sendiri.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Budaya

Kumpulan contoh paragraf narasi tentang budaya berikut bisa Anda jadikan refrensi jika disuruh menulis tentang jenis paragraf yang satu ini. Berikut ini kami sajikan contoh paragraf narasi tentang budaya yang mengangkat topik tentang pentingnya budaya untuk dilestarikan oleh anak muda jaman sekarang.

Budaya menjadi hal yang penting untuk dilestarikan oleh anak muda jaman sekarang, karena banyak hal baik yang di wariskan nenek moyang kita. Anak muda tidak mulu memulai berkontribusi untuk bangsa ini harus lewat politik, namun bisa lewat budaya. Dengan melestarikan budaya kita dapat mengingat banyak hal baik yang ditularkan oleh nenek moyang kita salah satunya yaitu semangat perjuangan. Bangsa kita dulu pernah jaya loh di masa yang mungkin kita belum lahir, nah hal tersebut jangan membuat kita untuk minder terhadap budaya nenek moyang kita.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Lingkungan

Kumpulan contoh paragraf narasi tentang lingkungan dibawah ini bisa Anda jadikan gambaran dalam menulis sebuah narasi yang baik. Berikut kami sajikan contoh paragraf narasi tentang lingkungan yang mengangkat tema pentingnya menjaga kebersihan lingkungan yang dimulai dari diri sendiri.

Pentingnya menjaga lingkungan agar selalu bersih dan hal ini bisa kita mulai dari diri sendiri. Banyak orang yang menggemborkan tentang slogan menjaga kebersihan lingkungan tetapi pada akhirnya hal itu hanya menjadi sebuah slogan dan moto saja. Menjaga kebersihan lingkungan ini bisa kita mulai dari diri sendiri barulah kita tularkan kepada orang lain. Jika kita memberikan contoh untuk menjaga lingkungan agar selalu bersih, secara tidak langsung bisa menggugah kesadaran orang disekitar kita. Contoh kongkritnya jika Anda memulai kebiasaan ini dengan hal kecil saja, membuang sampah di tempat sampah dan perilaku Anda tersebut dilihat oleh orang lain. Maka secara tidak langsung orang yang melihat perilaku Anda akan berfikir, untuk meniru perilaku Anda bahkan bisa sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan ini. Jadi sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan ini yang dimulai dari diri sendiri secara konsisten.

Penutup

Itulah tadi materi lengkap tentang pengertian, susunan , unsur, ciri dan contoh paragraf narasi lengkap dengan macam maupun cara menulisnya. Semoga artikel ini sangat berguna bagi para pembaca setia portal pendidikan kami Jev Edukasi Online.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Resensi Buku

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Penutup Makalah

Suci Zidni Suci Zidni
4 min read

Contoh Recount Text

Suci Zidni Suci Zidni
5 min read