Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Paragraf Induktif

3 min read

Paragraf Induktif

Pelajaran bahasa Indonesia didapatkan oleh siswa sejak duduk dibangku SD, SMP, hingga SMA. Artikel ini sebagai lanjutan dari bab tentang jenis paragraf dimana menurut letak gagasan utamanya ada 3 jenis yaitu Deduktif, Induktif dan Campuran. Pada artikel ini akan membahas spesifik tentang pengertian, ciri dan contoh paragraf induktif.

Daftar MATERI  Jenis Paragraf

Paragraf Induktif

Pengertian Paragraf Induktif

Pengertian paragraf induktif adalah suatu paragraf yang menyebutkan peristiwa khusus terlebih dahulu kemudian disimpulkan di kalimat terakhir yang mencangkup semua kalimat sebelumnya.

Cara membuat paragraf induktif ini diawali dengan kalimat pendukung bisa berupa deskripsi, ilustrasi, rincian kemudian disimpulkan di akhir paragaraf. Pengembangan paragraf induktif bisa berbentuk berbagai macam seperti paragraf generalisasi, analogi, klasifikasi, perbandingan, dan sebab akibat.

Ciri Ciri Paragraf Induktif

Paragraf induktif terdapat tanda dan ciri ciri yang bisa dilihat sebagai berikut:

  1. Paragraf menceritakan berbagai peristiwa khusus terlebih dahulu.
  2. Gagasan utama berupa kesimpulan di akhir paragraf dari peristiwa khusus yang diungkapkan diawal.

Jenis Paragraf Induktif

Paragraf induktif berdasarkan pola pengembangannya dapat dibagi menjadi 5 jenis, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Paragraf Generalisasi

Pengertian paragraf generalisasi yaitu pengembangan dari jenis paragraf induktif yang menarik kesimpulan secara umum yang berlandaskan data. Data atau peristiwa yang digunakan harus cukup setidaknya dapat mewakili dari kesimpulan yang diungkapkan.

Paragraf Analogi

Penjelasan paragraf analogi ialah suatu pengembangan dari paragraf induktif yang membandingkan dua hal yang memiliki banyak persamaan. Kesimpulan atau gagasan utamanya bisa kita tarik garis besarnya dari membandingkan persamaan kedua hal tersebut.

Paragraf Klasifikasi

Pengertian dari paragraf klasifikasi adalah pengembangan dari paragraf induktif yang mengelompokkan berdasarkan beberapa ciri atau sifat tertuntu sehingga dapat memberikan informasi yang detail dan jelas.

Paragraf Perbandingan

Penjelasan tentang paragraf perbandingan yaitu suatu jenis pengembangan dari paragraf induktif yang membandingkan dua hal atau lebih dimana berisikan persamaan maupun perbedaan sehingga bisa ditarik suatu kesimpulan.

Paragraf Sebab Akibat

Pengertian dari paragraf sebab akibat ialah suatu pola pengembangan dari paragraf induktif dimana dimulai dengan fakta khusus yang menjadikan akibat setelah itu dianalisa sebagai kesimpulan paragraf tersebut.

Contoh Paragraf Induktif

Sehabis Anda membaca dan mengetahui pengertian dan ciri tentang paragraf induktif diatas, berikut ini ada beberapa contoh yang bisa Anda jadikan refrensi.

Contoh Paragraf Induktif Generalisasi

Setelah hasil ujian tengah semester anak kelas 2 dikoreksi, ternyata Rully, Dani, dan Kiki berhasil memperoleh nilai 9. Sedangkan 10 siswa lainnya mendapatkan nilai 8 dan hanya Suci yang mendapatkan nilai 7. Dapat disimpulkan jika anak kelas 2 terbilang pandai dan berhasil melewati ujian tengah semester dengan memuaskan.

Contoh Paragraf Induktif Analogi

Serangga selalu senang memakan padi ketika musim panen telah tiba. Para petani mengantisipasinya dengan cara memberikan obat anti serangga ke padinya. Tujuannya agar padi yang mau panen agar tidak dimakan oleh serangga sehingga bisa memanennya dengan bagus. Apabila petani mengalami gagal panen bisa jadi dikarenakan tidak menyiram obat serangga kepada padi miliknya.

Contoh Paragraf Induktif Klasifikasi

Jenis hewan berdasarkan tempat tinggalnya dan cara bernafas bisa terbadi menjadi 3 golongan yaitu darat, udara dan air. Hewan yang hidup diair cara bernafasnya menggunakan insan untuk menghirup oksigen dalam air. Kebanyakan yang menggunakan insan untuk bernafas yaitu jenis ikan, udang, gurita, ubur-ubur, lobster dan lain sebagainya. Maka dari itu jenis hewan yang hidup di air yaitu ikan, udang dan lain sebagainya yang bernafas menggunakan insan.

Contoh Paragraf Induktif Perbandingan

Suci merupakan perempuan yang romantis dan suka bercanda. Selain itu parasnya cantik dan mempeseno banyak pria yang mengenalnya. Hal itu beda dengan Luluk yang suka serius dan cuek tetapi parasnya mirip dengan suci. Paras cantik keduanya telah berhasil meluluhkan hati para laki laki dan menjadi idola saat SMA.

Contoh Paragraf Induktif Sebab Akibat

Masyarakat di desa Gebangmalang Kab Mojokerto sering membuang sampah di sungai desa. Sampah yang dibuangpun cukup beragam ada yang susah dan mudah terurai. Yang mengakibatkatkan ketika musim hujan datang di desa Gebangmalang Kab Mojokerto terjadi Banjir yang sangat lama surut.

Contoh Paragraf Induktif Tentang Pendidikan

Seorang siswa pada umumnya menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 7 jam untuk belajar di Sekolah. Namun dalam sehari ada 24 jam, sisanya siswa berada dimana dan dengan siapa? Seorang siswa lebih banyak berada di rumah bersama dengan orang tua dan lingkungan sekitarnya. Jadi esensi pendidikan tidak hanya semua dibebankan kepada pihak sekolah dan guru, namun perlu juga peran keluarga dan lingkungan masyarakat.

Contoh Paragraf Induktif Tentang Lingkungan

Jenis tumbuhan di Indonesia sangatlah banyak, selain itu juga populasi penduduk juga banyak. Semakin banyaknya populasi penduduk di Indonesia membuat lahan hijau menjadi berkurang. Sehingga kebutuhan oksigen atau udara yang bersih semakin menipis karena banyak lahan hijau yang dialihfungsikan menjadi pemukiman. Sehingga sangat penting bagi kita untuk menjaga tersedianya oksigen dan udara yang bersih dengan memanfaatkan lahan yang ada dan setiap orang bisa menanam satu pohon.

Contoh Paragraf Induktif Tentang Kesehatan

Menyempatkan olahraga sehari minimal 5 menit untuk gerak dan berjemur diterik matahari. Mengatur dan menjaga pola makan baik secara kuantitas maupun kualitas.  Kuantitas makan ini harus dijaga agar tubuh kita tidak mengalami obesitas kalau berlebihan. Menjaga kualitas makanan juga sangat penting agar kebutuhan dalam tubuh tercukupi dengan baik. Semua itu merupakan cara yang dapat Anda lakukan agar tubuh kita selalu sehat dan fit.

Latihan Soal Paragraf Induktif

Setelah Anda membaca dan memahi dengan seksama materi paragraf induktif diatas, berikut ini ada latihan soal yang bisa Anda coba.

  1. Roni suka menabung dan setiap uang sakunya selalu disisihkan Rp 2.000,00 untuk ditaruh di celengan miliknya. Setelah satu tahun dia menabung akhirnya dia buka celengan tersebut dan berhasil terkumpul banyak. Kegemaran roni dalam menabung akhirnya membuahkan hasil dan uang yang terkumpul tersebut dibelikan sepatu dan tas baru.

Cuplikan contoh paragraf diatas bisa digolongkan dalam jenis paragraf …

AGeneralisasi
BSebab Akibat
CAnalogi
DKlasifikasi
  1. Yuli telah melakukan program diet dengan cara melakukan defisit kalori dan terbukti diminggu pertama dia turun 2 Kg. Diminggu kedua berat badan Yuli sempat naik dan akhirnya diturunkanlagi dan mencapai 1 Kg. Sedangkan minggu selanjutnya dia mengalami berat badan yang tetap dikarenakan banyak kesibukan. Dan diminggu terakhir di kerja keras untuk menurunkan berat badannya lagi dan berhasil 3 Kg telah turun. Dapat kita simpulkan selama 4 minggu Yuli melakukan program diet bisa turun 6 Kg dari berat badan awal.

Gagasan utama dari contoh paragraf singkat diatas terdapat padi …

AAwal Dan Tengan
BAwal
CTengah
DAkhir

Penutup

Itulah tadi pengertian, ciri, jenis hingga contoh paragraf induktif yang bisa Anda pelajari. Latihan soal paragraf induktif diatas bisa Anda jadikan bahan latihan untuk persiapan UTS maupun UAS baik di SMP maupun SMA.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Teks Cerita Sejarah

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Contoh Paragraf Campuran

Suci Zidni Suci Zidni
6 min read

Konjungsi Temporal

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read