Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Paragraf Deskripsi

4 min read

Contoh Paragraf Deskripsi

Artikel ini merupakan lanjutan materi Bahasa Indonesia tentang jenis paragraf yang akan membahas berdasarkan pola umum pengembangannya. Salah satu jenis paragraf berdasarkan pola umum pengembangannya yaitu contoh paragraf deskripsi. Berikut ini pengertian, ciri ciri, jenis, pola hingga contoh lengkap dari materi jenis paragraf deskrisi.

Daftar MATERI  Jenis Paragraf

Paragraf Deskripsi

Pengertian Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah suatu paragraf yang bercerita seakan akan menggambarkan tentang suatu objek secara jelan dan rinci sehingga pembaca seolah olah melihatnya sendiri.

Tujuan Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi dibuat tentunya mempunyai sebuah tujuan tertentu, berikut ini tujuan paragraf deskripsi secara lengkap :

  1. Untuk memberikan perincian detail mengenai suatu objek atau benda kepada pembaca.
  2. Mengilustrasikan suatu objek sehingga pembaca seolah olah ikut melihat, mendengar atau merasakan suatu objek tersebut.

Unsur Paragraf Deskripsi

Dalam paragraf deskripsi juga memiliki beberapa unsur yang perlu diperhatikan, diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Isi
  2. Impresionisme
  3. Koheren dan Kohesi (Kepaduan Makna dan Bentuk)
  4. Diksi (Pilihan Kata)

Ciri Ciri Paragraf Deskripsi

Paragraf deskrisi juga bisa dilihat diditandai dengan ciri ciri yang terkandung didalamnya. Berikut ini 5 ciri ciri singkat dari jenis paragraf deskripsi yang bisa Anda lihat.

  1. Isi paragraf ini lebih mengungkapkan tentang detail atau perincian mengenai suatu objek tertentu.
  2. Jenis paragraf ini lebih memberikan pembaca sebuah pengaruh sentifikasi dan membuatnya berimajinasi.
  3. Penyampaian jenis paragraf ini dengan diksi yang memikat dan menggugah.
  4. Pembahasan dalam paragraf ini banyak mengungkapkan tentang sesuatu yang dapat di rasakan dengan panca indra manusia.
  5. Objek yang sering atau pada umumnya dibahas yaitu mengenai benda, warna, alam atau manusia.

Pola Pengembangan Paragraf Deskriptif

Dalam menulis atau mengembangkan jenis paragraf ini, ada dua pola yang bisa Anda bisa terapkan. Berikut ini pola pola pengembangan dalam menulis jenis paragraf deskripsi yang baik dan benar.

  1. Pola Tematis yang memiliki arti suatu paragraf tersebut disusun oleh beberapa tema kecil.
  2. Pola Keruangan atau mengembangkan suatu paragraf ini dengan mengaitkan letak ruang atau urutan atau urutan.

Macam Macam Paragraf Deskripsi

Jenis paragraf ini secara umum bisa dibedakan menjadi empat macam, yaitu :

Deskripsi Objektif

Pengertian dari paragraf deskripsi objektif adalah suatu paragraf yang menggambarkan suatu objek tanpa dicantumkan atau diungkapkannya opini penulisnya.

Deskripsi Subjektif

Arti dari paragraf deskripsi subjektif ini ialah suatu paragraf yang dalam proses penggambaran atau penulisannya dicantumkannya sebuah opini dari penulisnya.

Deskripsi Spasial

Paragraf Deskripsi spasial adalah suatu paragraf yang mengilustrasikan sebuah objek secara jelas dan detail terlebih mengenai benda, tempat atau ruang.

Deskripsi Waktu

Pengertian paragraf deskripsi waktu merupakan suatu paragraf yang cara mengembangkannya berdasarkan keterangan waktu suatu peristiwa yang terjadi.

Cara Menulis Paragraf Deskripsi

  1. Pertama tentukan tema dulu yang ingin dibahas
  2. Setelah itu tentukan tujuan penulisan dari paragraf yang akan Anda tulis
  3. Kumpulkan bahan dan data yang mendukung tema yang Anda angkat
  4. Buat kerangka karangan dari paragraf deskripsi yang akan Anda susun
  5. Kembangkan kerangka karangan sehingga membentuk suatu paragraf yang baik dan benar dengan memperhatikan unsurnya

Contoh Paragraf Deskripsi

Setelah Anda mengetahui materi bahasa Indonesia tentang jenis paragraf deskripsi diatas dan mengetahui cara menulisnya juga, berikut kumpulan contohnya.

Contoh Paragraf Deskripsi Objektif

Kumpulan contoh paragraf deskripsi objektif yang membahas mengenai tumbuhan dan hewan lengkap. Teks paragraf deksripsi objektif hewan dibawah ini menggambarkan harimau dan buaya, sedangkan yang tumbuhan tentang bunga kamboja dan teh.

Tentang Hewan

Harimau adalah jenis hewan pemakan daging atau sering disebut karnivora dan hidup di hutan. Ciri fisik harimau memiliki kaki yang berjumlah 4 dan kuku yang tajam untuk berburu. Selain kuku yang tajam, gigi yang dimiliki harimau juga tajam pula. Harimau juga memiliki motif kulit yang beragam tergantung jenis dan tempat tinggalnya.

Buaya merupakan jenis hewan yang bisa hidup di dua lingkungan baik darat maupun air. Kulit buaya juga sangat keras hal itu yang membuat dia bisa hidup lama dan mudah beradaptasi. Jenis hewan ini memiliki 4 kaki tetapi cara berjalannya merayap dan cukup pelan. Buaya bisa berjalan dengan cepat ketika dia sedang berburu mangsanya.

Tentang Tumbuhan

Bunga kamboja adalah salah satu jenis tumbuhan yang banyak orang menanamnya di depan halaman rumah. Kamboja memiliki warna bunga yang khas yaitu merah dan putih. Selain itu bunga kamboja juga memiliki getah yang pahit apabila terkena lidah manusia. Akar kamboja juga sangat elok, besar untuk ukuran bunga dan melilit.

Teh adalah jenis tumbuhan yang daunnya bisa diolah menjadi sebuah minuman yang memiliki khasiat tertentu. Biasanya jenis tumbuhan teh ditanam di daerah yang sejuk atau dataran tinggi. Daun teh yang masih muda berukuran sedang dan yang sudah tua akan layu dengan sendirinya.

Contoh Paragraf Deskripsi Subjektif

Berikut ini kami sajikan tentang kumpulan contoh paragraf deskripsi subjektif yang bertemakan tentang hewan dan tumbuhan. Teks paragraf dekripsi subjektif hewan dibawah ini membahas tentang harimau dan gajah, sedangkan yang tumbuhan membahas tentang bunga mawar dan padi.

Tentang Hewan

Harimau ialah salah satu jenis hewan langkah dan banyak diburu oleh banyak kolektor fashion di dunia. Motif kulit harimau yang cantik dan menawan menjadi daya tarik tersendiri bagi sang kolektor. Hal tersebut yang membuat jenis hewan ini menjadi langkah dan terhitung banyak jenis yang mulai punah. Sehingga hewan harimau sekrang sudah ditetapkan menjadi hewan langkah dan sangat penting untuk kita jaga kelangsungan hidupnya. Agar anak cucu kita kelak menikmati dan bisa melihat keindahan jenis hewan yang satu ini dan tidak punah di zaman kita.

Gajah merupakan salah satu jenis hewan langkah di Indonesia yang memili belalai panjang dan telinga yang lebar. Jenis hewan ini banyak diburu orang untuk diambil gadingnya karena memiliki nilau jual yang mahal. Di beberapa hutan di Indonesia terhitung sudah mulai tidak ada gajah yang hidup disana karena banyak faktor. Menurut saya perlu keberlangsungan hidup gajah perlu kita jaga dengan cara menjaga hutan agar tidak terancam setelah itu populasi gajah diperbanyak di suaka marga satwa. Ketika populasi hutan sudah membaik baru bisa kita lepaskan beberapa gajah untuk hidup di lingkungan asalnya yaitu hutan.

Tentang Tumbuhan

Bunga mawar merupakan bunga yang sangat digandrungi dan disukai oleh banyak orang dikarenakan warna dan baunya harum. Warna bunga mawar ada banyak, contohnya seperti merah, putih, pink dan lain lain. Jenis bunga ini biasanya tumbuh didaerah dataran tinggi yang suhunya tidak ekstrim. Pemanfaatan bunga anggrek banyak dimanfaatkan untuk dekorasi pernikahan, pesta hingga kado untuk wisuda. Tak jarang juga seseorang yang mau menyatakan cinta juga menggunakan tumbuhan jenis ini. Menurut saya memang tumbuhan ini sangat indah dan bagus dan tak heran banyak diburu oleh banyak orang untuk keperluan tertentu.

Tumbuhan padi merupakan sebuah tumbuhan yang tumbuh didaerah persawahan yang kontur tanahnya gambut dan bagus. Buah dari tumbuhan padi ini kecil kecil dan satu tangkai padi terdapat lebih dari 10 buah. Sedangkan pemanfaatan buah padi ini digunakan oleh manusia untuk makan sehari hari. Sudah selayaknya kita memperbanyak penanaman tumbuhan padi agar kebutuhan sehari hari masyarakat terpenuhi. Dan memperluas lahan sawah agar produksi tumbuhan padi semakin banyak, jangan malah sawah dibuat perumahan.

Penutup

Sudah fahamkan Anda tentang pengertian, ciri, pola, macam dan cara menulis contoh paragraf deskripsi ? Itulah tadi materi lengkap tentang bab jenis paragraf deskripsi, dan materi ini relefan untuk Anda yang duduk di bangku SMP maupun SMA. Contoh paragraf deskripsi diatas juga bisa Anda jadikan refrensi untuk Anda jika ingin mengarangnya.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Pantun Jenaka

Suci Zidni Suci Zidni
4 min read

Contoh Recount Text

Suci Zidni Suci Zidni
5 min read