Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Paragraf Deduktif

4 min read

Contoh Paragraf Deduktif

Materi soal Bab Paragraf dalam bahasa Indonesia ini sangat sering keluar di Ujian Tengah Semester maupun Ujian Akhir Sekolah, sehingga materi ini sangatlah penting. Seperti yang kita ketahui pengertian paragraf secara garis besar yaitu kumpulan kalimat yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu pokok pembahasan.  Kali ini Jev Edukasi Online akan membahas Sub Bab dari jenis paragraf Bahasa Indonesia berdasarkan letak gagasan utamanya yang terbagi menjadi 3 yaitu Deduktif, Induktif dan Campuran. Berikut ini pengertian, ciri dan contoh dari paragraf deduktif berdasarkan letak gagasan utamanya.

Daftar MATERI  Jenis Paragraf

Paragraf Deduktif

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah suatu jenis paragraf atau yang dikembangkan dengan memaparkan hal umum kemudian baru khusus dalam artian gagasan utamanya terdapat di awal paragraf.

Pola pengembangan jenis paragraf deduktif yaitu dengan menulis pokok permasalahan diawal kemudia memberikan penjelasan berupa kalimat pendukung. Kalimat pendukung dalam paragraf ini bisa berupa keterangan, deskripsi, ilustrasi, rincian khusus dll.

Ciri Ciri Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif ini memiliki banyak ciri ciri atau tanda sebagai berikut ini:

  1. Kesimpulan atau kalimat utamanya terdapat diawal suatu paragraf.
  2. Penyusunannya dimulai dengan kalimat umum setelah itu dijabarkan dengan berbagai kalimat pendukung.

Contoh Paragraf Deduktif

Setelah Anda memahami pengertian dan ciri ciri dari paragraf deduktif, ada 13 contoh berikut ini agar menambah pemahaman Anda.

Contoh Paragraf Deduktif Singkat

Pak Ahmad hobi memelihara burung murai batu dari sejak berusia 10 tahun. Beliau memelihara banyak burung murai batu terhitung lebih dari 50 ekor. Lahan kosong dibelakang rumah dimanfaatkan beliau untuk memelihara murai batu ini. Saking gemarnya memelihara murai batu Pak Ahmad sering didatangi banyak orang yang ingin menikmati suara murai batu yang merdu.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan Sekolah

Lingkungan Sekolah yang nyaman dan bersih membantu efektifitas kegiatan belajar mengajar. Setiap hari para siswa dididik untuk membersihkan kelas dan sebulan sekali mengadakan kerja bakti. Selain itu para siswa juga dibiasakan untuk membuang sampah di tempatnya dengan menyediakan tong sampah di masing masing kelas. Dengan adanya tong sampah dimasing masing kelas diharapkan para siswa mempunyai kesadaran untuk membuang sampah di tempatnya.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan Hidup

Hutan adalah paru paru dunia yang harus kita jaga keberadaannya dan kelestariannya dikarenakan banyak menyumbang oksigen untuk keberlangsungan kehidupan manusia. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan seperti penanaman tumbahan baru hingga menjaganya dari penebangan dan pembakaran liar. Kedua cara tersebut bisa Anda lakukan untuk menjaga keberadaan kelestarian hutan. Dengan kondisi hutan yang baik tentunya kualitas oksigen yang dihirup oleh manusia juga baik.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan

Siswa harus tidak begantung dengan ada atau tidaknya Ujian Nasional dikarenakan masa depan mereka ada ditangannya masing masing. Kabar tentang penghapusan Ujian Nasional sudah tidak menjadi asing, dulu UN menjadi hal yang sangat ditakuti dan dipersiapkan dengan baik. Penghapusan UN selayaknya tidak berpengaruh besar terhadap semangat dan etos belajar masing masing siswa. Masa depan yang cerah ada ditangan tiap siswa dan sudah seharunya semangat belajar tidak berpengaruh terhadap dihapus atau tidaknya Ujian Nasional.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kesehatan

Wabah virus korona atau covid 19 telah menggemparkan seleruh dunia pasalnya musibah ini menghambat banyak sektor tidak hanya tentang kesehatan manusia.  Pencegahan terhadap virus covid 19 ini sudah dilakukan dengan maksimal tetapi yang membuat dilema hingga saat ini belum ditemukannya vaksin yang benar benar berhasil. Sehingga seluruh dunia pun khawatir terhadap wabah virus ini dapat mengancam perekonomian dan keberlangsungan hidup manusia diseluruh dunia.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Libur Sekolah

Libur sekolah telah tiba, saya dan sekeluarga berpergian ke rumah nenek untuk menghabiskan masa liburan. Pergi kerumah nenek menjadikan sebuah opsi libur sekolah kali ini karena kita sudah lama tidak bermain kesana. Dirumah nenek saya banyak bermain dengan tetangga saya dan permainan yang kami mainkan yaitu kelereng. Bermain kelereng adalah permainan kesukaan saya dikarenakan menguji ketangkasan saat memainkannya.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Perlombaan/Prestasi

Hafis berhasil memenangkan kompetisi lomba membaca puisi yang diadakan oleh Kecamatan Bangsal. Perlombaan membaca puisi sudah menjadi acara tahunan di kecamatan Bangsal untuk menemukan bibit baru siswa yang pandai membaca puisi. Tahun ini hafiz menjadi juaranya setelah berhasil mengalahkan 20 siswa lainnya yang berasal dari sekolahan di Kecamatan Bangsal.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Membantu Orang Tua

Luluk adalah anak yang berbakti dengan orang tuanya terbukti dengan tiap dirumah dia membantu ibunya membersihkan rumah hingga memasak. Tiap pagi luluk menyapu rumahnya tanpa perlu disuruh dan tiap pulang sekolah dia menyirami halaman rumahnya. Tak jarang juga dia ikut membantu ibunya memasak dengan menyiapkan makan malam keluarga.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Wirausaha

Joko sejak duduik di bangsu SD dia sudah memiliki kemampuan dalam berdagang terbuti dengan tiap berangkat sekolah dia membawa gorengan untuk ditaruh dikantin. Dia melakukan hal tersebut dikarenakan memang dididik oleh orang tua nya untuk hidup mandiri dan hemat. Dari bakat dia dagang sejak Sekolah Dasar kini joko sudah memiliki banyak gerai cabang yang menjual gorengan di 5 kota di Jawa Timur.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Menggapai Cita Cita

Anwar sejak kecil memiliki cita cita untuk menjadi pengusaha yang besar seperti tokoh idolanya kala itu Bob Sadino. Tiap hari dia memutar video di Youtube tentang wawancara Bob Sadino hingga dia memajang foto idolanya itu di rumahnya. Anwar menyadari cita citanya ingin menjadi seorang pengusaha besar dia tularkan dengan semangat belajarnya di mata pelajaran matematika tidak boleh mendapatkan nilai yang jelek. Selain itu Anwar terinspirasi oleh seorang Bob Sadino dia disekolahnya juga melatih kemampuannya menawarkan produk dengan menjual pulsa kepada teman sekelasnya.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Olahraga

Olahraga bersepeda menjadi sebuah olahraga yang akhir-akhir ini memiliki penggemar yang banyak. Terbukti mulai banyak komunitas bersepeda dari berbagai kalangan baik muda hingga tua. Komunitas sepeda pun datang dari berbagai jenis sepeda dari yang jadul hingga gunung. Selain itu juga setiap minggu pagi banyak ditemui orang bersepeda di alun-alun kota hingga di acara Car Free Day.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Banjir

Penyebab banjir yang disoroti oleh pemerintah Kabupaten Mojokerto yaitu kegiatan pembuangan sampah disungai oleh masyarakat setempat. Di Kabupaten Mojokerto terdapat beberapa titik yang menjadi langganan banjir salah satunya yaitu daerah pinggi sungai. Hampir setiap musim hujan telah tiba akan terjadi banjir. Setelah dianalisa dikarenakan penyumbatan aliran sungai dan meningginya dasar sungai karena tumpukan sampah. Hal tersebut mengakibatkan aliran air menjadi lambat dan daya tampung sungai semakin mengecil.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Teknologi

Perkembangan teknologi tiap tahunnya akan selalu update dengan begitu cepat. Tahun 2015 sedang boomingnya mengenai sosial media yang namanya Instagram, padahal beberapa tahun lalu ada FB. Selang beberapa tahun berikutnya muncul aplikasi yang sedang trending yang namanya Youtube dan kemudian disusul Tik Tok. Google dulu ruanglingkupnya hanya sebatas email dan mesin pencarian, sekarang sudah sangat banyak dari Google Maps, Bisnis dan lain sebagainya.

NOTE

Gagasan utama pada contoh paragraf deduktif ini yang ditandai dengan font miring, yang tidak berarti merupakan kalimat penjelas.

Latihan Contoh Soal Paragraf Deduktif

Anda suduh belajar materi diatas, berikut ini ada contoh soal yang bisa Anda jadikan bekal persiapan untuk menghadapi Ujian Sekolah baik SMP maupun SMA.

  1. Pak Tarno adalah pesulap handal yang suka humor dan memiliki trik konfensional. Pertunjukan sulap pak tarno selalu diwarnai dengan humur dan canda karena itu merupakan ciri khas beliau. Trik yang digunakannya pun tergolong simple tetapi bisa membius penonton yang menyaksikannya.

Dari contoh paragraf diatas dapat kita ambil bahwasannya letak gagasan utamanya terletak pada …

AAkhir Paragraf
BTengah Paragraf
CAwal Paragraf
DAkhir Dan Tengah Paragraf
  1. Munaroh adalah seorang yang pandai dalam menyanyikan lagu daerah hingga sering mendapatkan panggilan manggung diluar kota. Lagu daerah yang sering dinyanyikan oleh Munaroh seperti gundul pacul, cublak cublak suweng, dan lain sebagainya. Yang menjadi ciri khas munaroh dalam menyanyikan lagu daerah adalah suara empuk dan falsettonya yang indah dan khas. Sehingga munaroh bisa dikenal banyak orang dalam kemampuannya menyanyikan berbagai lagu daerah tanah air.

Paragraf diatas yang menceritakan tentang Munaroh, menurut letak gagasan uatamanya bisa disebut jenis paragraf …

AInduktif
BDeduktif
CCampuran
DDeskriptif

Penutup

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang paragraf induktif yang bisa Anda jadikan refrensi agar bisa lebih jelas. Semoga artikel parafgraf deduktif ini bisa bermanfaat untuk pembaca setia sahabat Jev Edukasi Online.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Teks Diskusi

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Contoh Teks Prosedur

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Pembuka Pidato

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read