Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Paragraf Argumentasi

4 min read

Paragraf Argumentasi

Hay sahabat Jev Edukasi Online, artikel kali ini merupakan lanjutan dari jenis paragraf yang berdasarkan pola pengembangan umumnya. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis paragraf berdasarkan pola umum pengembangannya bisa berupa paragraf narasi, deskripsi, eksposisi dan lain sebagainya. Nah, artikel kali ini membahas khusus tentang contoh paragraf argumentasi yang merupakan salah satu jenis paragraf berdasarkan pola umum pengembangannya.

Daftar MATERI  Jenis Paragraf

Paragraf Argumentasi

Pengertian Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi adalah salah satu jenis paragraf dengan pola pengembangannya menyajikan suatu alasan, contoh maupun ulasan yang bisa menyakinkan pembaca. Tujuan penulisan paragraf argumentasi ialah agar pembaca bisa teryakinkan dengan tulisan yang ditulus oleh penulis. Sedangkan konten atau isi dari jenis paragraf ini bisa berupa penjelasan, ulasan, pembuktian maupun contoh dengan cara menjabarkannya hingga tersusun menjadi paragraf yang baik dan benar.

Unsur Paragraf Argumentasi

Dalam menulis suatu paragraf argumentasi terdapat 3 unsur yang harus Anda perhatikan. Berikut ini 3 unsur dalam paragraf Argumentasi lengkap dengan pengertian dan penjelasannya.

Proposisi

Unsur proposisi dalam paragraf argumentasi yaitu suatu proses penalaran yang menghubungkan fakta yang diungkapkan yang bermuara pada suatu kesimpulan.

Inferensi dan Implikasi

Unsur inferensi yaitu suatu kesimpulan yang berasalkan dari fakta yang pendungkung. Sedangkan unsur implikasi merupakan sebuah rangkuman atau sesuatu yang dianggap ada dikarenakan sudah dirangkum dari fakta yang ada.

Evidensi 

Unsur evidensi menjadi salah satu unsur yang sangat penting terhadap penulisan paragraf argumentasi. Efidensi yaitu semua fakta, bukti, kesaksian yang dapat dihubungkan sehingga memmbuktikan kebenaran terhadap agumentasi Anda.

Pola Pengembangan Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi ini memiliki beberapa pola pengembangan yang bisa Anda jadikan rujukan dalam model penulisannya. Berikut ini 3 pola pengembangan dari paragraf Argumentasi lengkap dengan pengertian dan penjelasannya.

Analogi

Pola analogi merupakan pola pengembangan suatu paragraf induktif yang membandingkan dua hal atau lebih dari satu yang memiliki banyak persamaan. Kesimpulan dari pola pengembangan paragraf ini bisa Anda tarik dari persamaan beberapa hal tersebut.

Generalisasi

Pola generalisasi ialah pola pengembangan paragraf dengan penjabaran induktif yang menarik suatu kesimpulan umum dari kumpulan data yang disajikan. Sedangkan data yang disajikan atau diungkapkan setidaknya bisa mewakili dari isi paragraf tersebut.

Sebab Akibat

Pola sebab akibat yaitu suatu pola pengembangan paragraf yang mengungkapkan sebuah fakta khusus dan dapat disumpulkan berupa akhibat dari fakta tersebut.

Cara Menulis Paragraf Argumentasi

Setelah Anda mengetahui dan memahami materi paragraf argumentasi, kini Anda bisa mencoba mengarang atau menulisnya dengan mempraktikkan langkah-langkah berikut :

  1. Tentukan topik yang akan dibahas di paragraf yang akan ditulis
  2. Mengumpulkan bahan pendukung yang dibutuhkan dan sesuai dengan topik pembahasan
  3. Menentukan kerangka paragraf argumentasi agar pembahasannya terstruktur dengan baik
  4. Membuat dan mengembangkan pendahuluan dari kerangka paragraf yang sudah dibuat
  5. Menyusun isi dari bahan yang sudah dikumpulkan dan berpedoman dengan susuan kerangka paragraf
  6. Menulis penutup paragraf yang dapat membuat pembaca semakin percaya dengan isi yang sudah disusun.

Contoh Paragraf Argumentasi

Setelah Anda memahami dan mengetahui materi diatas, kami akan sajikan beberapa contoh paragraf argumentasi yang bisa memperkuat pemahaman Anda berikut ini.

Contoh Paragraf Argumentasi Analogi Singkat

Kebiasaan manusia yang terkadang buang air kecil sembarangan di pinggir jalan. Entah apa yang difikirkan kala itu bagi mereka yang buang air kecil sembarangan. Seharunya manusia apabila membuang air kecil itu di toilet atau ditempatnya. Hewan juga bisa melakukan hal serupa buang air kecil disembarang tempat. Lantas jika manusia buang air kecil sembarangan berarti tidak ada bedanya dengan hewan.

Contoh Paragraf Argumentasi Generalisasi Singkat

Ujian Bahasa Indonesia telah dilalui oleh kelas 8 dan jawabannya mereka sudah dikoreksi. Tanpa disadari Dani, Pras, dan Gilang memperoleh nilai 90. Hanya cahyo yang mendapatkan nilai 80 dan siswa lainnya 70. Namun hanya Diki yang mendapatkan nilai dibawah standart yaitu 55. Bisa kita tarik sebuah kesimpulan jika siswa kelas 2 cukup berhasil dalam menghadapi ujian pelajaran Bahasa Indonesia.

Contoh Paragraf Argumentasi Sebab Akibat Singkat

Wahyu siswa kelas 1 SMP dan telah melalui semester genap bulan lalu. Disaat siswa yang lain rajin untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar, beda cerita dengan wahyu yang lebih memilih tidak mengikuti pelajaran. Terhitung lebih dari 20 kali Wahyu absen tidak mengikuti pelajaran pada semester genap ini. Dan hasilnya pada rapotan kenaikan kelas kemarin, Wahyu diputuskan oleh wali kelas bahwa dia tidak naik kelas.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan

Siswa zaman sekarang nilai kreativitas naik dan hal tersebut  terbukti dengan banyaknya ide, gagasan, pemikiran baru yang bermunculan. Terbukanya banyak media yang memungkinkan mereka bisa mengakses berbagai informasi dengan lebih mudah. Sehingga ide dan gagasan Siswa zaman sekarang itu terbilang inovatif dan kreatif, namun terdapat masalah yaitu kurangnya sopan santun. Sopan santun kepada orang yang lebih tua, guru, maupun orang tua, jika ditarik sebuah garis besar kesimpulan. Siswa zaman sekarang nilai kreativitasnya meningkat lebih baik namun terdapat masalah yang berdampak pada menurunnya sopan santun.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan

Siapa sangka di negara kita dalam 10 tahun ini tanpa kita sadari sedang mengalami kekhawatiran di bidang kesehatan. Mengapa demikian ? dikarenakan pesatnya jumlah penderita obesitas atau yang sering disebut dengan kegemukan.

Apakah Anda mengtahui jika penyakit obesitas sendiri rentan dengan penyakit lainnya seperti jantung, stroke, diabetes hingga kangker. Lebih mengkhawatirkannya lagi dinegara kita banyak anak usia dini sudah mengalami kegemukan. Walapun mereka masih usia dini, tidak menutup kemungkinan dari mereka akan rentan dengan penyakit berbahaya akibat dari obesitas.

Maka dari itu agar pertumbuhan penyakit obesitas dinegara kita menurun terlebih bagi anak usia dini, perlu adanya perna orang tua dalam mendidik anaknya untuk mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sampah

Lingkungan tanpa kita sadari merupakan sebuah hal penting yang mempengaruhi kualitas hidup manusia. Dengan lingkungan yang baik seperti ketersediaan oksigen dan air berkualitas, tentunya akan berdampak pada kualitas hidup manusia yang di lingkungan tersebut.

Namun tanpa kita sadari ada beberapa kebiasaan manusia yang sering dilakuan dan dapat merusak lingkungan itu sendiri. Kegiatan tersebut antara lainnya ialah membuang sambah di pinggir jalan dan mungkin juga dilahan kosong sekitar kita.

Membuang sampah sembarangan akan mengkhawatirkan dan berbahaya buat diri kita sendiri. Bisa jadi tumpukan sampah yang ada disekitar kita berawal dari sampah-sampah kecil yang berkumpul menjadi satu dan bertahan lama. Hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kita seperti menghasilkan aroma yang tidak sedap dan banyak penyakit. Selain itu juga sampah yang menggunung apabila saat musim hujan telah tiba tidak menutup kemungkinan akan menyumbat saluran air sehingga terjadi banjir.

Sangat banyak hal yang diakibatkan oleh pembuangan sampah sembarangan yang tanpa ada tindak lanjutnya. Hal buruk yang diakibatkan oleh sampah yang menggunung bisa kita minimalisir dengan memulai dari diri kita sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan. Mari kita jaga lingkungan kita agar kualitas hidup lingkungan sekitar kita bagus dan sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Penutup

Itulah tadi kumpulan materi tentang contoh paragraf argumentasi lengkap dengan pengertian, unsur, pola pengembangan dan cara menulisnya. Kumpulan contoh paragraf argumentasi diatas semoga bisa membantu Anda untuk lebih memahami materi kali ini.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Konjungsi Temporal

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read

Contoh Paragraf Deduktif

Suci Zidni Suci Zidni
5 min read