Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Laporan

3 min read

Contoh Laporan

Anda sedang ingin membuat ataupun mencari sebuah refrensi materi contoh laporan ? Artikel ini sangat cocok untuk Anda dan akan menjawab pertanyaan maupun keraguan Anda dalam membuat contoh laporan. Berikut ini contoh laporan lengkap dengan pengertian, unsur, struktur, jenis hingga format susunan yang baik dan benar.

Laporan

Pengertian Laporan

Laporan adalah sebuah karya tulis yang memaparkan mengenai suatu kegiatan, peristiwa, atau hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh penulis.

Tujuan dari penulisan laporan adalah sebagai bukti pertanggung jawaban ataupun untuk memberikan suatu informasi terhadap sesuatu yang sudah penulis lakukan. Dalam membuat ataupun menyusun suatu laporan terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti ciri, unsur, hingga susunan laporan itu sendiri.

Unsur Laporan

Dalam menulis laporan yang baik dan benar terdapat beberapa unsur yang perlu diperhatikan. Berikut ini 5 unsur laporan yang sangat penting untuk diperhatikan saat menulisnya.

  1. Kelengkapan data dan fakta dalam menulis laporan.
  2. Ujaian laporan harus jelas sehingga tidak memberikan peluang pembaca dalam penafsirannya.
  3. Keakuratan data dan fakta yang disampaikan dalam laporan.
  4. Penyusunan laporan harus sistematis sehingga pembaca dapat dengan mudah mengerti dan memahaminya.
  5. Penulisan laporan harus objektif tidak memasukkan suatu unsur keterpihakan atau opini pribadi.

Struktur Laporan

Dalam menyusun laporan, secara umum terbagi menjadi 2 bagian. Berikut ini struktur bagian yang terdapat pada laporan lengkap dengan penjelasannya.

Klasifikasi (Penyataan Umum)

Struktur klasifikasi pada laporan berupa pernyataan umum yang diungkapkan penulis untuk mengarahkan pembaca sebelum memasuki pembahasan atau isi laporan.

Aspek Laporan

Bagian aspek laporan berupa poin penting laporan yang disusun berdasarkan penggolongannya.

Format Laporan

Sebelum menyusun format laporan yang baik dan benar, perhatikan pula proposal yang sudah Anda ajukan. Pentingnya mengetahui format laporan sebelum memulai menulis atau membuat laporan karena format tersebut yang akan Anda jadikan acuannya. Berikut ini format penulisan laporan yang baik dan benar beserta penjelasannya.

Cover

Salah satu yang menjadi pembuka dan tanda jika suatu karya tulis tersebut merupakan jenis laporan yaitu cover. Cover menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh penulis laporan, biasanya mengandung judul, tema, logo instansi, nama penulis, dan nama instansi tersebut.

Kata Pengantar

Bagian kata pengantar ini dibuat dengan tujuan agar pembaca mengetahui proses pembuatan laporan ini secara umum sebelum masuk ke inti pembahasan. Kata pengantar biasanya berisikan sebuah paragraf yang mengungkapkan ucapan terimakasih kemudian tujuan singkat dan yang terakhir permintaan kritik dan saran pembaca.

Daftar Isi

Pada bagian daftar ini sebagai petunjuk dan info kepada pembaca tentang isi dan letak halaman laporan. Sangat penting bagi penulis laporan memperhatikan tiap bagian dan halamannya agar tidak salah.

Pendahuluan

Bagian pendahuluan pada penulisan laporan bertujuan untuk memberikan beberapa dasar teori kepada pembaca sebelum memasuki pembahasan hasil laporan. Biasanya pendahuluan berisikan mengenai dasar teori, tujuan, dan rumusan masalah tentang laporan yang dibuat.

Pembahasan

Bagian terpenting dan yang menjadi inti dari suatu laporan yaitu Pembahasan. Pada bagian pembahasan berisikan tentang hasil atau inti laporan yang disampaikan penulis. Isi pembahasan merujuk dari tujuan dan rumusan masalah yang telah dibuat penulis pada bagian pembuka.

Penutup

Pada bagian penutup laporan ini bertujuan untuk memberikan suatu kesimpulan terhadap hasil yang sudah dituliskan pada bab pendahuluan. Isi kesimpulan pada bab penutup biasanya berkorelasi terhadap rumusan masalah beserta jawabannya.

Lampiran

Bagian terakhir pada laporan yaitu lampiran yang bertujuan sebagai data pendukung terhadap bab pendahuluan dan pembahasan. Isi lampiran biasanya berupa gambar, grafik, ataupun tabel pendukung dari bab tersebut.

Jenis Laporan

Laporan dapat kita kategorikan menjadi 5 paramter sebagai penggolongan setiap jenisnya. Parameter sebagai pembagi jenis laporan seperti berdasarkan isi, waktu, bentuk, sifat dan cara penyampaiannya. Berikut ini jenis beserta contoh laporan berdasarkan 5 parameter penggolongannya.

Jenis Laporan Berdasarkan Isinya

Laporan Pertanggungjawaban

Pengertian dari laporan pertanggungjawaban adalah suatu karya tulis yang dibuat oleh seseorang ataupun kelompok yang ditujukan kepada orang/instansi yang telah memberikan tugas.

Contoh Laporan Pertanggungjawaban

  1. Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Perusahaan
  2. Laporan Pertanggungjawaban Organisasi
  3. Laporan Pertanggungjawaban Bumdes
  4. Laporan Pertanggungjawaban Karang Taruna
  5. Laporan Pertanggungjawaban Kepala Desa
  6. Laporan Pertanggungjawaban KKN
  7. Laporan Pertanggungjawaban PKL
  8. Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Pramuka
  9. Laporan Pertanggungjawaban Himpunan Mahasiswa (Hima)
  10. Laporan Pertanggungjawaban OSIS

Laporan Analisa

Pengertian laporan analisa ialah suatu karya tulis yang berisi hasil pengamatan atau observasi secara mendalam. Contoh laporan analisa dapat kita temui di laporan hasil observasi atau sejenisnya.

Laporan Kelayakan

Pengertian laporan kelayakan adalah suatu karya tulis yang dibuat oleh penulis dan berisikan tentang hasil penentuan kelayakan maupun pemilihan yang terbaik terhadap banyak opsi yang ada.

Cara menulis atau menyusun laporan kelayakan tentunya melalui analisa berbagai opsi atau pilih yang Ada.

Contoh Laporan Kelayakan

  1. Laporan Kelayakan Usahatani
  2. Laporan kelayakan Proyek
  3. Laporan Kelayakan Bisnis
  4. Laporan Kelayakan Pinjaman Perumahan
  5. Laporan Kelayakan Tambang

Laporan Informatif

Pengertian laporan informatif adalah suatu karya tulis yang ditulis berisikan informasi dengan tujuan memberikan suatu info saja bukan untuk memberikan informasi maupun rekomendasi.

Laporan Rekomendasi

Pengertian laporan rekomendasi yaitu karya tulis yang bersikan suatu informasi beserta penilaian sekilas dari penulis dengan tujuan untuk memberikan suatu rekomendasi kepada pembaca.

 Jenis Laporan Berdasarkan waktu

 Laporan Berkala

Pengertian dari laporan berkala adalah sebuah karya tulis sebagai pertanggungjawaban penulis yang dibuat secara rutin dan berkala atau periodik dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Contoh Laporan Berkala

  1. Laporan harian
  2. Laporan Mingguan
  3. Laporan Bulanan
  4. Laporan Triwulan
  5. Laporan Caturwulan
  6. Laporan Semester
  7. Laporan Tahunan

Laporan Insidental

Pengertian laporan insidental yaitu suatu karya tulis yang dibuat jika diperlukan. Sifat laporan insidental ini biasanya dibuat rutin untuk suatu kegiatan yang tidak terjadwal.

Jenis Laporan Berdasarkan Bentuk

Surat

Laporan berbentuk surat biasanya dibuat dengan isi sampai dengan 4 halaman biasanya untuk laporan diluar organisasi

Memo

Laporan berbentuk memo adalah laporan yang dijasikan dalam bentuk memo dan berisikan hal hal pokok saja, biasanya digunakan untuk internal organisasi.

Naskah

Laporan berbentuk naskah ialah suatu laporan yang disajikan bisa pendek maupun panjang tergantung kebutuhan dan disajikan dalam bentuk naskah.

Jenis Laporan Berdasarkan Sifat

Laporan Biasa

Pengertian laporan biasa adalah suatu laporan apabila dibasa oleh orang lain atau publik tidak menjadi masalah dan sifatnya biasa atau tidak rahasia.

Contoh Laporan Yang Bersifat Biasa

  1. Laporan Dana Desa
  2. Laporan Himpunan
  3. Laporan Dana Hibah

Laporan Penting

Penjelasan laporan penting ialah laporan yang disusun untuk orang tertentu saja dan bisa dibilang sifatnya rahasia.

Contoh Laporan Yang Bersifat Penting

  1. Laporan Tilang
  2. Laporan Keuangan Perusahaan
  3. Laporan Perubahan Modal

Jenis Laporan Berdasarkan Penyampaian

Tertulis

Penjelasan laporan tertulis ialah suatu laporan yang disajikan atau disampaikan dalam bentuk tulisan berupa rangkaian kalimat, angka, grafik dll.

Lisan

Pengertian laporan lisan adalah suatu laporan yang cara penyampaiannya secara langsung atau melalui lisan.

Visual

Pengertial laporan visual adalah suatu laporan yang disajikan melalui panca indra penglihatan atau dengan media seperti presentasi.

Penutup

Sekarang Anda sudah memahami materi tentang contoh laporan kan ? Materi diatas sudah lengkap semua dari pengertian, unsur, struktur, format, jenis hingga contoh laporan. Semoga artikel materi contoh laporan ini bermanfaat untuk pembaca setia portal pendidikan Jev Edukasi Online.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Contoh Recount Text

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read

Contoh Resensi Buku

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read