Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Cermin Cembung

2 min read

cermin cembung

Jenis cermin berdasarkan bentuk permukaannya terbagi menjadi 3 salah satunya yaitu cermin cembung. Kali ini kami akan membahas tuntas tentang materi pelajaran IPA (Fisika) tentang cermin cembung.

Berikut ini pengertian, ruang, sinar istimewa, sifat bayangan,  manfaat, rumus hingga contoh soal dari cermin cembung.

Daftar Jenis Cermin Berdasarkan Bentuk Permukaannya !

Cermin Cembung

Pengertian Cermin Cembung

Cermin cembung adalah suatu cermin yang permukaan yang bisa memantulkan cahaya melengkung keluar dan bentuknya lengkung.

Cermin cembung memiliki bagian tengah yang jaraknya lebih dekat dari bagian tepinya. Pemantulan bayangan cermin cembung memiliki bersifat diverogen yang artinya menyebarkan cahaya atau berkas cahaya yang datang akan dipantulkan kembali dari satu titik dan menyebar.

Ruang Cermin Cembung

Salah satu yang menentukan banyak hal pada cermin cembung adalah ruang. Ruang pada cermin cembung terbagi menjadi beberapa ruangan atau segmen. Contoh pengaruh ruang terhadap cermin cembung seperti menentukan sifat dan posisi bayangan akan muncul.

Secara garis besar ruang pada cermin cembung sangat penting untuk Anda ketahui dimana letak depan, belakang dan posisi masing masing.

Sinar Istimewa Pada Cermin Cembung

Cermin cembung memiliki sinar istimewa yang berbeda dengan cermin cekung. Berikut ini 3 sinar istimewa yang terdapat pada cermin cembung, antara lain :

  1. Apabila sinar yang datang dan sejajar dengan sumbu utama akan dipantulkan seolah-olah dari fokus cemin
  2. Jika sinar datang menuju ke R maka akan dipantulkan kembali ke R
  3. Kalau sinar datang menuju ke titik fokus maka akan dipantulkan sejajar dengan sumbu utama

Sifat Bayangan Cermin Cembung

Cermin cembung membentuk sifat bayangannya adalah maya tegak dan diperkecil. Sifat bayangan pada cermin cembung ini banyak digunakan pada kaca spion kendaraan bermotor contohnya. Sering timbul pertanyaan mengapa kaca spion kendaraan bermotor dibuat dari cermin cembung, dikarenakan untuk sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin tersebut sehingga pengemudi bisa melihat bayangan belakang secara luas.

Manfaat Cermin Cembung

Cermin cembung juga memiliki banyak manfaat untuk diterapkan di kehidupan sehari hari. Berikut ini contoh pemanfaatan cermin cembung yang sering kita temui di kehidupan sehari hari.

Spion Mobil dan Motor

Pemanfaatan cermin cembung pada spion mobil dan motor dipilih agar pengendara bisa melihat area belakang dengan lebih luas. Sehingga pengendara bisa lebih berhati hati dan mengetahui sisi kanan, kiri, dan belakang dari kendaraannya.

Cermin di Pertigaan atau Perempatan Jalan

Penggunaan cermin cembung yang diletakkan di jalan pertigaan maupun perempatan ini berfungsi agar pengendara kendaraan bermotor bisa mengetahui kendaraan yang berlawanan arah. Sehingga di area pertigaan atau perempatan jalan yang ditaruh cermin cembung tersebut diharapkan bisa terhindar dari kecelakaan.

Rumus Cermin Cembung

Terdapat dua rumus pada cermin cekung yang bisa dijadikan pedoman yaitu mencari nilai fokus dan perbesaran bayangan.

Rumus yang digunakan cermin cembung sama dengan cerming cekung namun nilai F atau fokusnya negatif karena letak ruang benda yang berbeda.

Sedangkan untuk mencari nilai perbesaran cermin cembung menggunakan rumus berikut.

Soal Cermin Cembung

Jev Edukasi Online juga menyediakan kumpulan contoh soal cermin cembung yang bisa Anda jawab dan kerjakan. Berikut ini contoh soal pilihan ganda beserta jawabannya yang bisa Anda buat latihan atau kerjakan.

  1. Diketahui suatu benda yang memiliki tinggi 3 Cm dan berjarak 4 Cm dari cermin cembung yang memiliki jari-jari 8 Cm. Berapakah perbesaran yang terjadi pada benda tersebut yang ditaruh di depan cermin cembung ?
    A0,25 Kali
    B0,50 Kali
    C0,75 Kali
    D0,80 Kali
    E1 Kali
  1. Diketahui sebuah bayangan benda yang diletakkan didepan cermin cembung yang berjari jari 18 Cm adalah 3 Cm. Tentukan jarak benda tersebut terhadap cermin cembung !
    A3 Cm
    B3,5 Cm
    C4 Cm
    D4,5 Cm
    E5 Cm
  1. Sebuah benda diletakkan didepan sebuah cermin yang memiliki tinggi 3 Cm. Sedangkan jarak benda dengan depan cermin cembung diketahui sejauh 5 Cm dan nilai fokusnya 5 Cm, tentukan jarak bayangannya !
    A-2,5 Cm
    B-3 Cm
    C3,5 Cm
    D4 Cm
    E4,5 Cm
  2. Diketahui sebuah benda yang memiliki jarak 60 Cm depan cermin cembung yang memiliki jari jari 80 Cm. Semisal tinggi benda tersebut adalah 10 Cm, berapa tingi bayangan benda tersebut ?
    A8 Cm
    B7 Cm
    C6 Cm
    D5 Cm
    E4 Cm
  3. Sebuah benda memiliki fokus cemin sebesar 12 Cm dan benda tersebut diletakkan berjarak 4 Cm dari depan cermin. Tentukan perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh benda tersebut terhadap cermin cembung !
    A1 Kali
    B0,80 Kali
    C0,75 Kali
    D0,50 Kali
    E0,25 Kali

Penutup

Sekarang sahabat Jev Edukasi Online sudah mengerti semua kan tentang materi IPA (Fisika) bab cermin cembung ini. Materi diatas tadi sudang lengkap membahas tentang pengertian, ruang, sinar istimewa, sifat bayangan, manfaat, dan rumus dari cermin cembung. Latihan contoh soal pilihan ganda diatas juga bisa Anda jadikan bahan latihan untuk menguji kemampuan pemahaman Anda tentang materi cermin cembung.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Listrik Statis

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Stoikiometri

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Cermin Datar

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read