Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Cermin Cekung

2 min read

cermin cekung

Hay sahabat Jev Edukasi Online, pada kesempatan ini kami akan membahas tentang materi cermin cekung. Jenis cermin menurut bentuk permukaannya terbagi menjadi 3 yaitu datar, cembung dan cekung. Nah, kali ini sangat spesifik mengupas materi tentang cermin cekung baik pengertian, manfaat, ciri ciri, ruang, sifat bayangan, rumus hingga contoh soal.

Daftar Jenis Cermin Berdasarkan Bentuk Permukaannya !

Pengertian Cermin Cekung

Cermin cekung adalah suatu cermin yang permukaannya berbentuk cekung berupa irisan dari sebuah bola. Permukaan yang dapat memantulkan cahaya pada cermin cekung terdapat pada bagian dalam.

Pada bagian belakang cermin cekung ditandai dengan adanya garis kecil kecil atau seperti bulu, sedangkan bagian depan cermin tanpa adanya garis garis kecil.

Manfaat Cermin Cekung

Terdapat beberapa manfaat cermin cekung yang sering kita temui dalam kehidupan sehari hari, seperti :

  1. Penggunaan reflektor pada lampu senter atau mobil
  2. Teleskop Bintang
  3. Pebagai penampung sinar matahari pada Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)
  4. Cermin Kosmetik

Ciri Ciri Cermin Cekung

Adapun ciri ciri cermin cekung yang bisa kita jadikan tanda. Berikut ini 4 ciri ciri pada cermin cekung yang bisa kita analisa.

  1. Permukaan cermin melengkung ke dalam
  2. Pada bagian pinggir cermin tebal, namun bagian tengahnya tipis
  3. Dapat berfungsi untuk mengumpulkan berkas sinar
  4. Titik kumpul atau yang disebut titik focus bernilai positif

Ruang Cermin Cekung

Terdapat beberapa ruang atau segmen pada cermin cekung yang perlu Anda ketahui. Karena ruang ini yang akan menentukan banyak hal tentang cermin cekung seperti letak bayangan akan muncul dan lain sebagainya.  Maka dari itu perlu kita ketahui baberapa bagian pada cermin seperti depan, belakang baru bisa tau posisi masing masing ruang.

Sifat Bayangan Cermin Cekung

Pemantulan cahaya pada cermin cekung terdapat beberapa sifat yang bisa kita tandai, sebagai berikut ini :

  1. Jika ruang benda ditambahkan dengan bayangan maka hasilnya adalah 5.
  2. Untuk menentukan sifat nyata atau maya pada cermin cekung, semua yang didepan cermin itu nyata (Positif), sedangkan yang dibelakang itu maya (Negatif).
  3. Menentukan tegak dan terbaik pada cermin cekung bisa dilihat dari posisi ruang benda dan bayangan, jika pasangannya 1 dan 4 itu tegak sedangkan 2 dan 3 terbalik.
  4. Mengetahui diperbesar atau diperkecil sifat bayangan pada cermin cekung bisa dilihat dari ruang bayangan dan benda, jika ruang bayangan lebih besar dari benda maka sifat bayangan diperbesar dan jika ruang bayangan lebih kecil dari benda maka sifat bayangannya diperkecil.

Rumus Cermin Cekung

Jika Anda ingin mengetahui atau mencari jarak bayangan bisa menggunakan rumus cermin cekung berikut ini :

Sedangkan jika Anda ingin mengetahui atau mencari perbesaran atau perkecilan bayangannya bisa menggunakan rumus cermin cekung berikut :

Soal Cermin Cekung

Setelah Anda mengetahui materi diatas, kini saatnya Anda berlatih latihan contoh soal cermin cekung beserta jawaban pilihan gandanya.

  1. Diketahui sebuah jari jari pada cermin cekung yaitu 6 cm. Terdapat suatu benda di depan cermin sejauh 6 cm dan memiliki tinggi 2 cm. Tentukan letah bayangan benda pada cermin cekung tersebut !
    A5,2 Cm
    B5 Cm
    C4,8 Cm
    D4,6 Cm
    E4,4 Cm
  1. Terdapat sebuah benda yang diletakkan didepan cermin cekung sejauh 2 Cm dengan jarak fokus 3 Cm. Sedangkan tinggi benda tersebut diketahui setinggi 2,5 Cm. Berapakah perbesaran benda pada cermin cekung tersebut ?
    A2x
    B3x
    C4x
    D5x
    E6x
  1. Fajri sedang berkaca pada cermin rias untuk melihat wajahnya sebelum berangkat kondangan. Dia meletakkan wajahnya di depan cermin rias sejauh 4 Cm dan bayangan wajahnya yang dihasilkan 4x lebih besar. Tentukan jari jari pada cermin rias yang sedang digunakan oleh Fajri !
    A10,66 Cm
    B9,66 Cm
    C8,66 Cm
    D7,66 Cm
    E6,66 Cm

Penutup

Itulah tadi materi IPA Fisika tentang cermin cekung lengkap dengan pengertian, manfaat, ciri-ciri, ruang, sifat bayangan hingga rumus. Latihan contoh soal cermin cekung diatas juga bisa sebagai Anda untuk melatih kemampuan dan pengetahuan Anda tentang Bab ini. Sekarang sahabat Jev Edukasi Online sudah memahami betulkan tentang materi cermin cekung ini ?

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Listrik Statis

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Stoikiometri

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read

Cermin Datar

Suci Zidni Suci Zidni
2 min read