Menu
Media Informasi Keuangan

Cara Sederhana Mengatasi Disengat Lebah

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Dikutip dari hellosehat, ada 5 poin untuk Cara Sederhana Mengatasi Disengat Lebah. Kesemuanya pun bisa digunakan dalam penanganan pertama ketika sedang disengat lebah.

Seperti yang kita ketahui, sengatan lebah bisa menyababkan benjolan (bengkak) yang terasa begitu panas dan sakit. Akan tetapi, banyak sangat mudah untuk bisa mengobat sengatan lebah tersebut.

Namun sebelum menerapkan pengobatan, tentu ada hal awal yang perlu dilakukan. Sebab setelah menyengat korban, lebah umumnya meninggalkan sebagian patahan alat penyengatnya.

Atau bahkan masih dalam bentuk utuh yang menempel pada kulit. Sehingga perlu diperiksa lokasi sengatan, takutnya masih ada sisa sengat yang terselip.

Jika memang ada, maka lepaspakn terlebih dahulu sengatan yang menancap pada kulit tersebut. Untuk menariknya, bisa menggunakan pinset atau mengoreknya hingga hingga keluar. Intinya upayakan supaya sengat tersebut keluar.

Cara Sederhana Mengatasi Disengat Lebah

Setelah benar-benar yakin jika sengat sudah dikeluarkan, maka tahap selanjutnya ialah menuju pada langkah pengobatan.

1. Kompres Dengan Es

Setelah disengat lebah, maka segera bersihkan lokasi atau tempat kulit yang disengat dengan air mengalir untuk membasuh sisa racun yang menempel.

Selanjutnya, masukkan beberapa bongkahan es batu pada plastik yang kemudian dibalut dengan handuk tipis. Tempelkan (kompres) pada lokasi bengkaknya selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.

Tujuannya ialah untuk mengurangi rasa sakit serta menghilangkan bengkak yang ditimbulkan. Lakukan berulang hingga sakitnya benar-benar hilang.

Yang perlu diperhatikan ialah ketika menempelkan kompres es, yakni usahakan dilapisi atau dibungkus dengan kain. Hal ini supaya tidak bersentuhan langsung yang bisa saja merusak lapisan kulit.

2. Mengolesi Minyak Esensial

Meski baru ada sedikit bukti medis terkait penggunaan minyak esensial. Akan tetapi, selama ini minyak ini sudah sangat populer dan lazim digunakan untuk mengurangi rasa sakit sengatan lebah.

Minyak esensial ini bisa tea trea oil, minyak lavender, minyak rosemary, minyak thyme, ataupun witch hazel. Akan tetapi, sebelum dioleskan, campurkan terlebih dahulu dengan minyak zaitun.

3. Menggunakan Lidah Buaya

Getah atau gel dari lidah buaya, bisa membuat kulit lebih lembab serta meredakan peradangan secara alami. Selain itu, lidah buaya juga mempunyai sifat anti-bakteri, yang mampu mencegah adanya bekas tempat sengatan lebah.

4. Menerapkan Losion Calamine

Losion calamine memang sudah sangat sering dipakai untuk meredakan gatal kulit, namun juga dipercaya mampu mengurangi rasa sakit akibat sengatan lebah ataupun tawon.

Cobalah oleskan sedikit losion calamine pada tempat sengatan lebah, serta tunggu beberapa menit hingga gejalanya hilang. Jika perlu, bisa diulangi beberapa kali dalam sehari.

5. Memanfaatkan Madu

Madu merupakan bahan alami yang mempunyai kandungan senyawa anti peradangan dan pembengkakan. Terlepas dari itu, ada sifat anti-bakteri pada madu yang bisa membantu mencegah infeksi serta mempercepat penyembuhan kulit.

Oleskan madu pada sengatan lebah, lakukan secara rutin supaya bengkak dan gejala lain cepat reda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *