Categories: Saham

Cara Mudah Untuk Mendapat Saham Terbaik

Memilih saham bermutu memerlukan kemampuan analisis, baik analisis mendasar maupun teknikal. Banyak penanam modal pemula yang terjebak transaksi saham cuma menurut analisis teknikal dan mengabaikan analisis fundamental.

Berinvestasi cuma dengan menyaksikan naik turunnya harga saham dalam dashboard bursa imbas sungguh berisiko. Untuk menolong Anda mendapat hasil yang terbaik dalam investasi saham, berikut ini beberapa cara dalam menegaskan saham terbaik.

Apa Itu Saham Lapis Satu, Dua, dan Tiga di Bursa Efek? Ini Penjelasannya

1. Bagaimana Kapitalisasi Pasarnya? Apakah Masuk Saham Likuid?

Tempat Pinjam Uang

Pilih Saham dengan Kapitalisasi Pasar Besar dan Bersifat Likuid via shutterstock.com

 

Langkah pertama menegaskan saham yang bagus merupakan memerhatikan kapitalisasi pasar. Sebagai informasi, kapitalisasi pasar merupakan harga saham dikalikan dengan total jumlah saham yang diterbitkan emiten dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kapitalisasi pasar penting untuk dilihat karena:

  • Bisa menyediakan keterangan terkait seberapa tinggi volatilitas harga saham.
  • Mengetahui seberapa besar kepemilikan publik di emiten tersebut.
  • Melihat potensi perusahaan ke depan.

Tempat Pinjam Uang

Selain itu, perlu juga dicari tahu sifat dari saham itu sendiri. Apakah terbilang likuid, cukup likuid, atau kurang likuid? Saham yang bagus merupakan saham yang sifatnya likuid. Kenapa? Sebab saham tersebut diperdagangkan dengan frekuensi lebih tinggi atau di atas batas-batas minimal frekuensi yang sudah ditentukan.

Percuma nilai kapitalisasinya besar, tetapi kurang likuid. Jadi, carilah saham yang kapitalisasinya besar dan sifatnya terbilang likuid.

2. Amati Pendapatan, Profit, dan Marginnya

Bagaimana pembukuan keuangan perusahaan yang terdapat pada dashboard pasar modal? Untuk menegaskan saham berkualitas, perlu ditangani penelitian kepada pendapatan, profit, dan margin. Caranya:

  • Cek pemasukan (revenue) dan net income selama dua tahun terakhir.
  • Cek perbandingan pemasukan dalam laporan kuartal (kuartal I dengan kuartal II) dan laporan tahunan (tiga tahun terakhir).
  • Perhatikan rasio price to sales (P/S) dan rasio price to earnings (P/E).
  • Perhatikan tren modern apakah pertumbuhannya fluktuatif atau konsisten. Atau apakah terjadi pergeseran besar (lebih dari 50% dalam setahun) ke arah atas maupun bawah.
  • Cek juga margin perusahaan apakah trennya secara biasa naik, turun, atau tetap sama saja.

Tempat Pinjam Uang

3. Tingkat Persaingan dan Prospek Industri ke Depan

Tempat Pinjam Uang

Ilustrasi Industri via shutterstock.com

Tempat Pinjam Uang

 

Perkembangan teknologi yang cepat sering kali “membunuh” perusahaan yang tidak siap. Jangan hingga Anda terjebak berbelanja saham perusahaan yang tidak peka dengan perubahan.

Anda bisa membandingkan satu perusahaan dengan perusahaan pesaingnya untuk mengukur seberapa besar pangsa pasar keseluruhan bagi produk-produk yang dihasilkan perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk menjalankan proyeksi masa depan industri tersebut. Apakah masih bisa bertahan atau condong menurun.

4. Buat Analisis Beberapa Rasio Berikut Ini

Dalam menegaskan saham yang baik, ada beberapa rasio yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Price-earnings ratio (P/E ratio) dijumlah dengan membagi harga saham dengan earning per share/EPS (laba setiap saham) suatu perusahaan. Pastikan angka net earnings selama bertahun-tahun untuk menegaskan angkanya wajar dan tidak melejit sebab mengalami pergeseran drastis.
  • Price-to-book-ratio (P/B ratio) untuk mengenali nilai masuk akal saham. Indikator ini didapat dengan membagi harga saham yang ada di pasar saham dengan nilai book value dari saham tersebut.
  • Price/earnings to growth ratio (PEG ratio) untuk memperhitungkan ekspektasi perkembangan earnings pada masa depan dan membandingkannya dengan keadaan earnings ketika ini. Saham dengan PEG ratio mendekati 1 umumnya dinilai cukup bernilai dalam keadaan pasar normal.

Tempat Pinjam Uang

5. Reputasi Manajemen dan Komposisi Kepemilikan Saham

Tempat Pinjam Uang

Berkembang atau Tidaknya Perusahaan Tergantung Manajemennya via shutterstock.com

 

Hal yang perlu diamati merupakan apakah perusahaan yang Anda incar masih dijalankan para pendirinya ataukah administrasi perusahaan sudah digerakkan orang-orang baru. Perhatikan reputasi dan cari keterangan terkait biodata tokoh-tokoh kunci perusahaan untuk menyaksikan seberapa luas pengalaman mereka.

6. Perhatikan Laporan Keuangan

Melihat pembukuan keuangan tidak perlu hingga rincian yang dapat menghasilkan kita jadi pusing. Cukup amati hal penting berikut ini:

  • Laporan Keuangan Konsolidasi untuk menyaksikan aset dan liabilitas secara keseluruhan
  • Cek kesanggupan perusahaan untuk mengeluarkan duit kewajiban-kewajiban jangka pendek dan jumlah utang jangka panjang yang ditanggung perusahaan.
  • Cek debt-to-equity ratio untuk menyaksikan seberapa banyak ekuitas kasatmata yang dimiliki perusahaan dan bandingkan dengan data pesaing untuk mendapat perspektif yang lebih baik.

Ada baiknya juga memerhatikan setiap catatan kaki yang menyertai pembukuan keuangan dan laporan tahunan/kuartal. Laporan keuangan bisa didapat dengan mudah pada dashboard pasar modal.

Tempat Pinjam Uang Tempat Pinjam Uang

7. Riwayat Harga Saham Setidaknya dalam 3 (Tiga) Tahun Terakhir

Tempat Pinjam Uang

Ilustrasi Riwayat Saham via shutterstock.com

 

Melihat riwayat harga saham penting untuk ditangani biar Anda bisa mendapat harga yang wajar saat berbelanja saham tersebut. Selain itu, riwayat harga saham juga bisa memberi Anda isyarat wacana bagaimana proyeksi profit yang dapat didapat ke depannya.

8. Cari Tahu Kemungkinan Adanya Options dan Dilusi

Aksi korporasi seumpama mempublikasikan options, menjalankan dilusi, atau agresi yang lain penting untuk dikenali sebab bisa merubah komposisi kepemilikan saham di perusahaan tersebut. Perlu dikenang bahwa penerbitan options atau dilusi bisa berpengaruh besar pada harga saham jikalau Anda sudah telanjur memilikinya. Karena itu, perlu diantisipasi dengan baik.

9. Cari Tahu Informasi Tambahan terkait Rencana Aksi Korporasi

Tempat Pinjam Uang

Selalu Update Informasi terkait Aksi Korporasi via shutterstock.com

 

Sebagai investor, Anda perlu menggali lebih jauh lagi beberapa hal berikut ini.

  • Estimasi revenue dan profit hingga dua hingga tiga tahun ke depan.
  • Tren jangka panjang yang tengah dialami industri di mana perusahaan itu beroperasi.
  • Informasi tentang kerja sama, joint venture, dan sejenisnya.

Tempat Pinjam Uang

Informasi di atas yang beredar kerap kali masih sebatas isu. Oleh sebab itu, langkah terbaik merupakan cek eksklusif atau monitor keterangan resmi dari website perusahaan sehingga tidak keliru dalam menegaskan saham yang tepat.

10. Pahami Risiko dari Perusahaan yang Sahamnya Ingin Dibeli

Setiap industri mempunyai tren dan risiko yang berbeda. Jika berinvestasi di pasar modal, Anda pastinya mengenali bahwa ada potensi profit dan ada potensi risiko. Anda mesti mengetahui kedua segi tersebut dengan baik.

Investasi Saham: Hal-Hal Dasar yang Mesti Anda Ketahui

Memilih Saham yang Tepat mesti Diawali Pengetahuan yang Cukup

Memilih saham tidak dapat dilihat sekilas dari tren pergerakan harga saham suatu perusahaan di pasar modal. Ada beberapa aspek yang perlu diamati seumpama yang sudah disampaikan dalam ulasan diatas.

Apa yang dipaparkan di atas lebih bisa menyediakan potensi hasil optimal dalam jangka panjang. Lebih baik ketimbang ikut-ikutan tren yang justru bisa menjebak Anda menjalankan agresi perdagangan cuma berdasar insting semata.

Tertarik Berinvestasi Saham? Ini Tips dan Cara Aman Investasinya

Tempat Pinjam Uang  

Tags: Saham
rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago