Menu
Media Informasi Keuangan

Cara Mengatasi Gak Bisa Kentut

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Jika melansir dari berbagai sumber, ada begitu banyak Cara Mengatasi Gak Bisa Kentut. Namun kesemuanya memberikan hasil yang berbeda.

Oleh karena itu, sebagai slaah satu tambahan referensi, maka disini kami juga akan berbagi mengenai hal tersebut. Tentunya dengan rangkuman yang lebih lengkap dan mudah dipahami.

Nah, seperti yang kita ketahui. Buang angin atau kentut memang sangat melegakan, meski teradang bau yang ditimbulkan sangat tidak enak untuk dihirup.

Namun dalam hal ini, bagaimana jika kondisi perut dalam keadaan begah dan tidak bisa kentut. Tentu menimbulkan kebingungan juga lantaran perut merasa tidak enak.

Adanya kemampuan manusia untuk kentut merupakan suatu anugerah tersendiri sehingga tubuh bisa tetap sehat. Akan tetapi, adapula saat kondisi kesehatan bermasalah.

Sehingga hal yang paling umum dirasakan ialah tidak bisa buang gas yang menjadikan perut kembung, mules, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Gak Bisa Kentut

Pertanyaannya, bagaimana sih cara mengatasi perut kembung, begah, dan tidak bisa kentut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut beberapa tips yang sudah kami himpun dari berbagai sumber.

1. Melakukan Pemijatan Pada Perut

Menurut yang dilansir dari MedicalNewsToday, kentut akan cepat keluar jika kita melakukan pemijatan pada area prut. Tentu mijat ini juga menggunakan pola searah dengan jarum jam.

Tujuan dari pemijatan ini ialah supaya bisa mengurangi gas yang terjebak, dan juga mengurangi kram ataupun kembung. Pada kondisi ini, otot abdomen yang terlalu ketat, bisa menjadi penyebab dari kentut yang tidak bisa keluar.

2. Melakukan Senam Yoga

Dalam hal ini, beberapa gerakan yoga bisa membantu untuk mempercepat keluarnya kentut. Dilansir dari Healthline, gerakan ini juga harus dilakukan dengan rileks.

Teknik pernapasan yang baik, mempunyai peran untuk memberi pengaruh yang baik. Sebagai contoh, berbaring telentang yang kemudian menekuk kaki, tarik dengan kedua tangan, seperti halnya gerakan mencium lutut (Pawanmuktasana). Selanjutnya tahan selama 20 detik hingga 1 menit.

Sedangkan untuk gerakan lainnya, ialah dengan berlutut seperti posisi kuda, tarik badan hingga tangan menjadi lurus (Balasana). Lakukan paling tidak selama 5 menit.

Dan untuk menambah tekanan pada otot abdomen, anda juga bisa mengepalkan tangan dan kemudian menaruhkan di atas perut sebelum membungkuk.

3. Menggosokkan Balsem Atau Minyak Angin

Pada saat perut kembung, tentu otot pada bagian perut akan tegang dan menimbulkan sakit dan susah kentut. Sehingga dengan pemberian balsem atau minyak angin, mampu membuat otot perut lebih lentur dan rileks.

Dengan kata lain, sakit perut akan berangsur hilang serta angin yang terjebak pun akan lebih cepat keluar.

4. Konsumsi Makanan Yang Bikin Cepat Keluarkan Gas

Ada begitu banyak jenis makanan yang bisa memicu keluarnya gas dari dalam perut. Seperti halnya minuman bersoda, pemanis buatan, ataupun permen karet.

Namun jika masih belum bisa kentut, bisa pula mencoba makan kacang-kacangan, produk susu, makanan berlemak, makanan kaya akan serat, buah segar, buah kering, dan juga daging.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *