Menu
Media Informasi Keuangan

Cara Mengatasi Fungal Acne Paling Mudah

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Mengutip stylo.grid.id, Cara Mengatasi Fungal Acne Paling Mudah ini tentu lebih lengkap dipadukan dengan rangkuman sumber lain. Sehingga pengetahuan pun bisa lebih luas.

Seperti yang kita ketahui, masalah kulit berjerawat memang menjadi pengganggu penampilan. Namun kenyataannya, jerawat merupakan kondisi kulit yang memang dialami hampir semua orang, hal tersebut disebabkan oleh hormon atau bakteri.

Akan tetapi, jika jerawat pada wajah tidak kunjung hilang. Mungkin saja jenis jerawat yang dialami bukanlah yang biasa. Melainkan fungal acne yang tidak banyak orang tahu.

Fungal acne disini, ialah kondisi kulit yang menyerupai jerawat yang ditimbulkan oleh jamur Malassezia. Jamur ini juga bisa menyebabkan escema, ketombe, hingga psoriasis.

Penyebab dari fungal acne juga bisa disebabkan udara yang panas dan lembab. Sehingga berkemungkinan besar kulit selalu berkeringat.

Penanganannya pun berbeda dengan jerawat biasa. Harus serba ekstra dan harus ditangani secara tepat. Tujuannya ialah supaya jerawat tersebut tidak semakin parah.

Cara Mengatasi Fungal Acne Paling Mudah

Berikut daftar perawatan kulit yang bisa diterapkan untuk mengatasi fungal acne pada wajah.

1. Menghindari Penggunaan Oil Based Cleanser

Pada kondisi kulit dengan jerawat fungal acne, upayakan untuk menghindari penggunaan oil based cleanser. Pasalnya bisa memproduksi minyak berlebih, tepatnya ketika menggunakan pembersih dengan kandungan minyak.

Akan lebih baik juga menggunakan cleansing water atau micellar water untuk membersihkan wajah secara maksimal.

2. Menghindari Penggunaan Produk Lengket

Pemakaian produk dengan bahan oklusif, lebih baik dihindari guna mencegah fungal acne semakin parah. Produk ini mempunyai peranan untuk mengunci kelembapan kulit serta membuat lapisannya mencegah water loss.

Selain itu, produk oklusif juga meninggalkan perasaan lengket pada kulit lantaran fungsinya ditujukan untuk jenis kulit kering.

Akan lebih baik untuk menggunakan produk skincare dengan kandungan yang lebih ringan serta tidak lengket.

3. Pakai Produk Berbahan Dasar Madu (Propolis)

Ada banyak pakar kecantikan yang memberikan rekomendasi dalam memilih produk skincare, khususnya untuk mengatasi fungal acne.

Produk yang direkomendaskan ialah dengan bahan dasar madu atau propolis. Sebab mempunyai fungsi sebagai hydrator.

Kandungan madu dan propolis, memang dikenal mempunyai kemampuan untuk mengatasi iritasi pada kulit, serta meredakan gejala pemicu fungal acne.

4. Gunakan Produk Skincare Berbahan Salicylic Acid (BHA) dan Sulfur

Terlepas dari madu ataupun propolis, kandungan skincare lain yang bisa dipakai ialah Salicylic Acid 9BHA) dan sulfur.

BHA mempunyai peranan penting sebagai exfoliator yang membantu dalam mengontrol minyak berlebih, serta membersihkan hingga pada pori-pori.

Sedangkan untuk sulfur sendiri, berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur yang mampu menghilangkan fungal acne.

5. Menggunakan Produk Ketoconazole

Bahan ini termasuk bahan aktif sebagai obat yang berfungsi untuk menyembuhkan kulit infeksi akibat jamur. Penggunaannya pun bisa dilakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam seminggu.

Caranya pun sederhana, yakni dipakai pada area yang mengalami fungal acne, didiamkan selama 10-15 menit, dan dibilas hingga bersih.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *